Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbukti...! #5 Cara Ini Dapat Menghemat Baterai HP Androidmu

Banyak cara menghemat baterai HP – Jika anda pengguna HP alias smartphone tentunya anda tidak ingin sering-sering mengecas apalagi bila sedang asik online tentunya sangat mengganggu lagi asiknya beronline ria.

Ada beberapa tips dari massiswo.com yang mungkin berguna bagi anda agar baterai HP anda tetap awet dan tahan lama. Rata-rata model HP sekarang kalau dibuat online terus menerus baterai akan habis dalam waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam.

Cara menghemat baterai hp android
Cara menghemat baterai hp android

Mungkin kalau HP anda masih baru bisa mencapai 2 jam lebih namun jika HP anda sudah berumur 1 tahunan baterai akan habis kurang lebih sekitar 1 jam. Tergantung kondisi HP juga apakah masih bagus atau tidak.

Waktu yang saya uraikan diatas adalah waktu jika HP atau smart phone tersebut dipakai untuk online standart dalam arti bukan untuk nonton youtube atau game online. Jika Smartphone anda digunakan untuk menonton youtube atau bermain game online mungkin tidak sampai 1 jam jika smartphone anda sudah berumur.

Dan penghematan baterai ini sangat dibutuhkan jika anda bepergian jauh yang jauh dari colokan listrik sehingga dibutuhkan baterai yang awet untuk digunakan nanti ketika sudah sampai tujuan. Entah itu untuk menghubungi teman, saudara ataupun keluarga.

Namun begitu ada beberapa cara untuk menghemat baterai handphone agar awet antara lain adalah sebagai berikut :

#1. Kurangi Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai hp android
Mengurangi kecerahan layar

Faktor yang pertama adalah pencahayaan, semakin terang anda menggunakan handphone terutama di siang hari secara terus menerus maka konsumsi baterai juga semakin banyak.

Mungkin memang dibutuhkan cahaya yang cukup disiang hari, maka bolehlah menambah kecerahan cahaya disiang hari untuk kebutuhan sesaat atau tertentu saja namun jika sudah selesai kembalikan pengaturan pencahayaan seperti semula.

#2.  Mematikan Sinyal atau Menonaktifkan Sementara Kartu

Cara menghemat baterai hp android
Mematikan pencarian sinyal

Jika anda kebutulan orang yang sering bepergian diluar daerah tentu pengalaman seperti gangguan sinyal atau ketiadaan sinyal kartu telepon merupakan hal yang sudah sering terjadi. Biasanya hal itu terjadi di beberapa tempat terpelosok jauh dari keramaian sehingga handphone sulit mendapat sinyal.

Tanda bahwa handphone kita mencari sinyal adalah handphone teras panas dipegang dan dilayar tanda sinyal hilang atau tanda berputar putar mencari sinyal diatas. Kejadian ini juga menjadi faktor pemborosan penggunaan baterai.

Jika anda sedang bepergian jauh lebih baik aktifkan mode terbang atau matikan sementara handphone anda agar baterai handphone anda awet.

#3. Matikan fitur getar pada smartphone

Cara menghemat baterai hp android
Mematikan fitur getar

Faktor yang selanjutnya yang dapat membuat boros baterai handphone adalah aktifnya fitur getar. Bisa anda bayangkan ketika fitur getar anda aktifkan jika beberapa aplikasi seperti whatsapp, line, BBM, Facebook dan lain sebagainya itu aktif semua.

Maka hampir dipastikan baterai anda akan segera habis. Lebih baik nonaktifkan fungsi getar ini bila memang benar-benar tidak terlalu dibutuhkan.

Kalau memang tidak dibutuhkan lebih fungsi ini di nonaktifkan kecuali dalam keadaan rapat atau hal-hal penting lainnya yang mengharuskan tidak boleh ada suara apapun untuk di bunyikan.

#4. Mematikan Update Otomatis pada Aplikasi

Cara menghemat baterai hp android
Mematikan fitur update otomatis

Secara default aplikasi yang ada di handphone atau smartphone android akan terus memperbaharui secara otomatis melalui google play. Dan pengaturan umumnya akan secara otomatis diperbaharuai jika handphone terhubung dengan wifi.

Jika anda tidak memerlukan perbaharuan secara otomatis anda bisa mematikannya lewat pengaturan google play. Anda bisa membaca pada artikel cara menonaktifkan update otomatis pada google play.

Jika anda jarang terkoneksi dengan wifi entah di hotel atau warung kopi, maka secara otomatis semua aplikasi akan update secara otomatis, namun jika aplikasinya banyak maka dibutuhkan daya yang cukup untuk mendowload dan memperbaharuinya secara otomatis.


#5. Menonaktifkan Fitur GPS

Cara menghemat baterai hp android
Mematikan fitur GPS

GPS memang dibutuhkan ketika kita berada di daerah yang kurang tahu lokasinya. Namun jika anda sudah tidak membutuhkannya lebih baik fitur ini anda matikan.

Karena GPS secara otomatis akan mencari dan menentukan lokasi dimana anda berada. Jika sudah begini maka dibutuhkan kuota dan daya untuk menentukan lokasi anda berada. Gunakan fitur ini jika memang benar-benar dibutuhkan.

Kesimpulan.


Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk menghemat baterai handphone maka gunakan fitur yang sederhana agar baterai HP tidak cepat habis. Selain menghemat baterai dengan penggunaan tidak berlebihan maka juga akan menambah umur baterai agar tetap awet dan tidak cepat drop.

Posting Komentar untuk "Terbukti...! #5 Cara Ini Dapat Menghemat Baterai HP Androidmu"