Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbukti… Tips Ampuh Menghemat Kuota Internet Smartphone

Cara Menghemat Kuota Internet – Semakin ketat persaingan penjualan paket internet saat ini, maka banyak provider kartu seluler yang menawarkan paket internet dengan harga murah.

Ibarat makanan internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari para netter. Sehingga jika tidak mengakses internet sehari saja sudah ada yang kurang rasanya.

Menghemat Kuota Internet Smartphone
Menghemat Kuota Internet Smartphone


Jika anda suka dengan bermain di dunia maya tentu anda akan membuka beberapa aplikasi misalnya youtube, browser atau media sosial yang lagi populer seperti facebook, whatsapp maupun bbm.

Jika anda penggila youtube mungkin harus punya stok kuota unlimited.

Karena menonton video secara online akan menyedot kuota internet lebih cepat. Selain itu ada beberapa hal yang dapat menyedot kuota internet.

Maka dari itu massiswo.com akan mengulas satu persatu hal-hal apa saja yang dapat menghemat kuota internet. Selain yang disebutkan diatas.

Cara menghemat kuota internet :


1. Nonaktifkan auto update aplikasi android


Pada OS android secara default pengaturan update aplikasi akan secara otoamtis jika data pada handphone dinyalakan. Jadi jika anda memiliki kuota internet maka aplikasi yang ada akan update dengan sendirinya.

Ini adalah salah satu penyebab berkurangnya kuota internet anda. Mungkin hal tersebut tanpa kita sadari.

Selain menghabiskan kuota hal ini juga akan memakan tempat memori, aplikasi yang selalu diupdate berarrti ukuran yang dipakai juga akan semakin besar.

Lebih baik ganti setingan otomatisnya hanya jika terhubung dengan wifi saja.

Untuk mengnonaktikan update otomatis silahkan masuk ke play store kemudian klik pengaturan dan pilih otomatis update ke jaringan wifi saja.

2. Kurangi menonton video secara online


Seperti yang telah kita bahas pada awal-awal tadi bahwa menonton video secara online atau streaming akan menguras kuota internet anda.

Agar kuota anda awet maka mulai saat ini kurangi menonton video secara online entah itu youtube atau download video yang lain.

3. Gunakan Browser Yang Hemat Data


Ada beberapa browser yang memang boros kuota. Dan ada kalanya ketika membuka browser ada iklan yang muncul berupa video atau iklan bergerak sehingga itu juga menjadi salah satu hal yang dapat menguras kuota internet anda.

Jadi sebelum menggunakan atau menginstal browser silahkan pilih-pilih browser mana yang dapat menghemat kuota internet.

4. Matikan unduh otomatis Media yang dikirimkan melalui Whatsapp


Pernah atau tidak dalam suatu group whatsapp perang gambar atau saling kirim video lucu-lucu. Secara otomatis aplikasi whatsapp akan mengunduh media gambar atau video kiriman dari group tadi.

Mungkin kalau satu atau dua yang terunduh tidak akan terasa kuotanya. Namun jika sudah berhari-hari baru akan terasa.

5. Kurangi aplikasi yang berjalan


Pada smartphone ada beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet oleh sebab itu ketika ada kuota internet dalam smartphone maka secara otomatis akan menjalankan aplikasi tersebut.

Sebagai contoh kalau dulu BBM Booming tapi sekarang masih kalah dengan whatsapp, maka matikanlah fungsi salah satunya jika tidak terpakai.

6. Gunakan aplikasi penghemat kuota internet


Banyak di play store bertebaran aplikasi penghemat kuota internet. Anda bisa memilih yang cocok untuk anda gunakan.

Sebagai contoh yang irit kuota. Bila anda seorang yang suka menonton video melalui youtube coba aplikasi youtube go yang bisa dibilang irit kuota.

Satu contoh lagi adalah aplikasi android yang dapat menghemat kuota internet besutan eyang google adalah Dataly yang bisa membantu pengguna ponsel mengontrol dan menghemat kuota internet.

Banyak cara yang dilakukan untuk menghemat kuota internet bagi pengguna ponsel. Selain hal-hal diatas pemakai juga berpengaruh dalam hal penghematan kuota internet.

Semoga artikel diatas dapat membantu atau menjadi solusi bagi yang boros internet.

Posting Komentar untuk "Terbukti… Tips Ampuh Menghemat Kuota Internet Smartphone"