Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Akte Kelahiran Orang Dewasa Terbaru

Permohonan akte kelahiran orang dewasa – Sudah menjadi suatu kewajiban bagi orang tua untuk membuatkan akte kelahiran bagi buah hatinya. Karena akte kelahiran sangat dibutuhkan kelak ketika anak tersebut dewasa.

cara membuat akte orang dewasa
Cara membuat akte orang dewasa

Banyak orang tua yang menunda atau tidak menghiraukan akte kelahiran putra putrinya. Banyak sebab yang jadi kendala bagi orang tua untuk mengurus pembutan akte kelahiran seperti ketidaktahuan dari mereka atau kurangnya pengalaman yang dimiliki.

Sehingga ketika dewasa anaknya baru menyadari bahwa mereka belum mempunyai akte kelahiran. Akte kelahiran dibuat untuk keperluan sebagai syarat pembuatan dokumen misalnya paspor yang digunakan untuk bepergian keluar negeri untuk wisata atau bekerja .

Lantas syarat apa yang digunakan untuk membuat akte kelahiran orang dewasa. Jika ada surat keterangan lahir dari rumah sakit atau tempat bersalin dulu maka itu bisa menjadi acuan salah satu syarat pembuatan akte kelahiran.

Namun jika ada surat lain seperti Ijasah, atau surat nikah maka dokumen tersebut juga bisa menjadi salah satu syarat untuk membuat akte kelahiran.

Lantas bagaimana jika data-data diatas tidak ada satu pun tersisa. Anda tidak harus berkecil hati jika dokumen-dokumen diatas hilang atau tidak ada. Berikut yang harus anda siapkan selain data diatas untuk membuat akte kelahiran bagi orang dewasa.

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengurus dan membuat akte kelahiran orang dewasa :


  1. Surat pengantar dari RT dan RW tempat domisili pemohon
  2. Foto kopi Kartu Keluarga (KK) pemohon akte
  3. Foto kopi KTP yang bersangkutan (Jika belum jadi E-KTPnya bisa juga surat keterangan sementara)
  4. Foto kopi Saksi I (Satu)
  5. Foto kopi saksi II (Dua) 

Jika kelengkapan dokumen diatas sudah ada maka anda tinggal pergi ke kantor catatan sipil setempat untuk mengikuti prosedur yang harus anda lakukan untuk pengajuan akte kelahiran.

Prosedur Permohonan Pembuatan Akte Kelahiran Orang Dewasa


  1. Bawa dokumen diatas ke loket khusus pelayanan pembuatan akte kelahiran, jangan lupa masukkan dokumen tersebut dalam satu map.
  2. Kemudian tanyakan maksud anda kepada penjaga loket pembuatan akte kelahiran bahwa anda akan mengurus pembuatan akte kelahiran orang dewasa.
  3. Nanti anda akan diberi formulir yang harus anda isi dengan data dari orang yang anda buatkan akte kelahiran.
  4. Dalam pengisian formulir biasanya terdapat tanda tangan kedua saksi sesuai dengan KTP yang anda ajukan.
  5. Setelah mengisi formulir permohonan akte kelahiran sebelum dikembalikan lengkapi dokumen yang sebelumnya anda persiapkan.
  6. Petugas akan milihat dan memverifikasi lampiran dokumen yang telah anda siapkan tadi dan jika semuanya sudah benar anda akan dibuatkan surat untuk mengambil Surat Pernyataan Lahir (SPL)
  7. Jika anda sudah menerima Surat Pernyataan Lahir anda tinggal menunggu proses pencetakan akte lahir biasanya akan diberi waktu 1 minggu sudah jadi. Bisa jadi tergantung dari kantor catatan sipil tempat anda mengurus akte lahir tersebut.


Biaya Pembuatan Akte Kelahiran


Saat ini jasa pembuatan akte kelahiran tidak dipungut biaya. Bisa juga beda tempat lain jika terjadi adanya pungutan anda bisa melaporkan tindakan tersebut atau protes ke petugas yang bersangkutan.

Demkian cara membuat akte kelahiran orang dewasa yang belum mempunyai akte. Jadi jika anda mempunyai kebutuhan dalam pembuatan akte orang dewasa anda bisa melampirkan dokumen diatas.
Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi orang yang mencari informasi tentang cara pembuatan akte orang dewasa. Jadi tanpa surat nikah atau surat lahir bisa membuat akte lahirnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Akte Kelahiran Orang Dewasa Terbaru"