Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Cek RAM Laptop Terbaru Tanpa Aplikasi

Salah satu pertimbangan dalam membeli laptop bagi orang yang tahu sedikit tentang laptop adalah pertimbangan melilih RAM. Semakin banyak RAM yang terpasang juga akan semakin ringan laptop memproses data.

Cara Cek RAM Laptop Terbaru Tanpa Aplikasi

Biasanya ketika membeli laptop penjual juga menawarkan laptopnya dengan iming-iming berbagai ukuran RAM ada yang kecil dan besar.

Untuk mengecek apakah RAM yang ada pada laptop itu sama dengan yang ditawarkan ada beberapa cara yang bisa anda gunakan. Berikut ini beberapa cara cek RAM laptop tanpa harus menggunakan aplikasi.

3 Cara untuk cek RAM Laptop Tanpa Aplikasi


Tiga cara ini kami uraikan dengan ringkas dan merupakan cara yang paling mudah untuk mengecek RAM laptop tanpa harus menginstal aplikasi tambahan lain.

Sehingga memudahkan pengguna untuk mengecek RAM laptop apakah sama sesuai yang tertera di luar.

1. Menggunakan menu System Information


Cara yang pertama yang mudah adalah dengan menggunakan menu system information. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti panduannya berikut ini.

1) Pertama klik pada menu pencarian.
2) Lalu silahkan ketik “System Information” tanpa tanda petik ya. Lalu klik satu kali pada ikon System Information tersebut.

System Information

3) Maka akan muncul jendela baru System Information seperti dibawah ini. 

System Information RAM Laptop

Pada keterangan di jendela System Information muncul keterangan berbagai data yang ada pada laptop anda. Silahkan cek pada item Installed Physical Memory (RAM) berapa ukuran RAM yang ditampilkan di situ.


2. Menggunakan menu Task Manager


Cara yang kedua adalah dengan cara menggunakan menu Task Manager. Caranya hampir sama dengan cara pertama.

1) Pertama silahkan klik pada menu pencarian lalu ketikan Task Manager.


2) Setelah itu klik ikon Task Manager yang telah ada. Maka akan tampil jendela baru Task manager.
3) Pada ikon sebelah kiri di jendela Task Manager carilah ikon Performance arahkan kursor pada ikon seperti pada gambar dibawah ini. Lalu klik satu kali. Maka akan tampil keterangan CPU, Memory hingga GPU.


4) Untuk melihat ukuran RAM yang terpasang klik pada ikon Memory disitulah akan ditampilkan ukuran RAM yang terpasang pada laptop anda. Contohnya seperti gambar dibawah ini.



3. Menggunakan fitur Dxdiag melalui CMD

Berikutnya adalah menggunakan fitur Dxdiag. Fitur ini juga merupakan bawaan dari windows. Silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

1) Tekan pada keyboard logo Windows + R
2) Kemudian ketik “dxdiag” tanpa tanda petik pada kotak jendela Run dan klik tombol OK atau Enter


3) Lalu akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool.
4) Pada tab System ada keterangan “Memory” disitulah terdapat keterangan jumlah total keseluruhan memori atau RAM yang terpasang pada laptop anda. Dengan satuan MB tiap nilai 1000 MB = 1 GB.



4. Menggunakan Fitur Setting pada menu Windows

Yang berikutnya menggunakan menu Setting. Jika laptop anda sudah menggunakan windows 10 atau 11 cara ini sangat dianjurkan dan lebih cepat.

1) Klik pada menu Start atau logo windows
2) Lalu klik pada ikon Setting yang berbentuk gear seperti pada gambar dibawah ini



3) Setelah jendela Setting tampil selanjutnya klik pada menu System
4) Setalah itu klik pada menu About maka akan tampil data system pada komputer mulai dari nama laptop, Prosesor laptop, RAM laptop dan bit laptop. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Cek RAM Laptop Terbaru Tanpa Aplikasi


5) Setelah menu About diklik akan tampil rincian nama laptop, prosesor dan RAM laptop seperti gambar berikut.



5. Cara yang terakhir menggunakan CMD

Cara cek RAM laptop yang terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunan fitur CMD. Berikut ini caranya.

1. Tekan tombol pada keyboard "Windows + R" untuk membuka jendela "Run".
2. Lalu ketik "cmd" pada kotak yang disediakan setelah itu tekan tombol"Enter" untuk membuka Command Prompt atau jendela CMD.


3. Di dalam Command Prompt, ketik atau copy saja perintah: "wmic memorychip get capacity" (tanpa tanda kutip). Lalu tekan Enter maka akan muncul jumlah RAM yang terpasang di laptop anda. seperti contoh gambar dibawah ini.



Dari uraian cara cek RAM laptop diatas bisa digunakan untuk mengecek semua merk atau jenis laptop yang menggunakan sistem operasi windows. Dan juga cara-cara diatas juga bisa diterapkan pada PC atau komputer anda.

Sebenarnya selain cara diatas banyak sekali cara mengecek sistem yang terpasang di laptop salah satunya adalah menggunakan software atau aplikasi dari pihak ke tiga.

Anda bisa membaca artikelnya melalui cara cek spesifikasi komputer menggunakan CPU-Z

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek spesifikasi laptop anda. Silahkan pilih cara yang mudah menurut anda dari uraian cara diatas.

Sehingga ketika anda memasang atau menginstal aplikasi pada komputer anda bisa mempertimbangkan dengan RAM yang terpasang di laptop anda. Karena setiap software memiliki spesifikasi minimal yang harus dipenuhi agar sebuah software berjalan dengan baik di laptop anda.

Semakin banyak anda menjalakan program di laptop juga akan memakan kapasitas RAM yang terpasang. Agar laptop bisa bekerja dengan maksimal silahkan kurangi program yang berjalan dengan menutup program yang tidak terpakai. Dengan begitu laptop akan berjalan dengan baik tanpa error atau terkendala.

Posting Komentar untuk "5 Cara Cek RAM Laptop Terbaru Tanpa Aplikasi"