Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat Tahajud Lengkap Dengan Tuntunan dan Doanya serta Keutamaannya

Sholat Tahajud Tuntunan, Tata Cara dan Doanya Sangat Lengkap – Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari atau sepertiga malam setalah terjaga dari tidur. Sholat Sunnah tahajud merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW selain sholat fardhu. Sholat tahajud termasuk sholat sunnah mu’akad (sholat yang dikuatkan oleh syara’).

Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap
Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap

#Dalil Tentang Sholat Tahajud

Banyak dalil tentang sholat tahajud termasuk dalam kitab suci al qur’an banyak disebutkan tentang sholat tahajud ini dan keutamaan-keutamaanya.

Berikut dalil diantaranya dalil-dalil yang menguatkan tentang sholat sunnat tahajud :

1) Surat Ali ‘Imraan ayat 113
لَيْسُوا سَوَاءً ۗ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ
Artinya : “Mereka itu tidak sama, di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (shalat).

2) Surat Al Isra Ayat 79
وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدَبِهِ نَا فِلَةً لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَسَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا.
Artinya : “Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji

3) Surat Al Furqan Ayat 64
وَالَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَامًا
Artinya : “Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka.”

4) Surat Az-Zumar ayat 9
أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ
Artinya : “Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya?…”.


5) Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ, صَلاَةُ اللَّيْلِ.
Artinya : “Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari.

6) Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ: عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيْلٌ فَارْقُدْ! فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللهَ اِنْحَلَّتْ عُقْدَةٌ, فَإِنْ تَوَضَّأَ اِنْحَلَّتْ عُقْدَةٌ, فَإِنْ صَلَّى اِنْحَلَّتْ عُقْدَةٌ, فَأَصْبَحَ نَشِيْطًا طَيِّبَ النَّفْسِ, وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيْثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ.
Artinya “Syaitan mengikat di pangkal kepala seseorang darimu saat ia tidur dengan tiga ikatan yang pada masing-masingnya tertulis, ‘Malammu sangat panjang, maka tidurlah!’ Bila ia bangun lalu berdzikir kepada Allah, maka satu ikatan lepas, bila ia berwudhu’ satu ikatan lagi lepas dan bila ia shalat satu ikatan lagi lepas. Maka di pagi hari ia dalam keadaan semangat dengan jiwa yang baik. Namun jika ia tidak melakukan hal itu, maka di pagi hari jiwanya kotor dan ia menjadi malas.

Dan masih banyak dalil-dalil yang lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

#Waktu Sholat Tahajud

Perlu diketahui bahwa syarat untuk melaksanakan sholat tahajud adalah didahului dengan tidur dahulu meskipun itu hanya tidur sebentar. Jika tidak maka bukan termasuk sholat tahajud.

Waktu sholat tahajud para ulama membagi menjadi tiga bagian, diaantaranya adalah sebagai berikut :
1 Sepertiga malam yang pertama, yakni setelah sholat isya’ sampai kira-kira jam 10 malam
2 Sepertiga malam yang kedua, yakni sekitar jam 10 malam sampai kira-kira jam 2 pagi
3 Sepertiga malam yang terakhir, yakni sekitar jam 2 pagi sampai menjelang shubuh

Dari ketiga waktu diatas, waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat tahajud adalah waktu nomor 3 yaitu sepertiga malam yang terakhir.

#Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud minimal dikerjakan sebanyak dua rakaat, maksimalnya ada yang mengatakan 8 hingga 12 rakaat. Ada juga yang menyebutkan tidak ada batas maksimal rakaat. Sholat tahajud (dan juga shalat sunnah lain pada umumnya) dikerjakan dengan dua-dua rakaat, artinya setiap dua rakaat harus salam terlebih dahulu baru boleh shalat kembali.
Kerjakanlah semampu kita dan yang paling penting adalah kekhusukan kita waktu sholat.

#Cara Sholat Tahajud

Gerakan sholat tahajud tidak berbeda dengan gerakan sholat pada umumnya. sholat tahajud juga diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. yang perlu diperhatikan adalah shalat tahajud harus dikerjakan dua rakaat sekali salam. tidak boleh (misalnya) 4 rakaat sekaligus baru salam.

1. Niat sholat tahajud
Adapun niat sholat sunnat tahajud adalah sebagai berikut
اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta'aalaa.
Artinya : “Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala.

Bacaan niat ini dibaca ketika hendak melakukan takbiratul ihram. Hukum membacanya adalah sunnah, bukan wajib. Maka jika sebelum takbir kita tidak membaca bacaan niat tersebut, hukumnya tetap sah.

2. Takbiratul Ihram
Mengangkat kedua tangan seraya membaca bacaan “Allahu Akbar” dan seraya niat dalam hati untuk melaksanakan sholat sunah tahajud karena Allah ta’ala

3. Membaca Surat Al Fatihah
Berikut bacaan surat Al Fatihah dan artinya
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ ﴿١﴾ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ﴿٢﴾ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ ﴿٣﴾ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ﴿٤﴾ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ﴿٥﴾ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ﴿٦﴾ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ ﴿٧
Bismillahirrahmanirrahiim. Alhamdulillahi rabbil’alamiin. Arrahmanirrahiim. Maliki yawmiddiin. Iyyakana’budu wa iyyaka nasta’iin. Ihdinash shiratal mustaqiim. Siratal ladziina an’amta ‘alayhim ghayril maghdhobi ‘alayhim waladh dholliin.

Artinya : “ Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.


4. Membaca Salah Satu Surat di Dalam Al Qur’an
- Surat Al Kafirun
Membaca salah satu surat didalam alqur’an. Dan disunnahkan membaca surat Al Kafirun pada rakaat pertama, tetapi boleh membaca surat dalam Al Qur’an yang lain

Berikut bacaan surat Al Kafirun dan artinya
قُلْ يَٰٓأَيُّهَا ٱلْكَٰفِرُونَ ﴿١﴾ لَآ أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِىَ دِينِ ﴿٦

Qul yaa ayyuhal kaafiruuna. Laa a'budu maa ta'buduuna. Walaa antum 'aabiduuna maa a'budu. Wa laa anaa 'aabidum maa 'abadtun. Wa laa antum 'aabiduuna maa a'budu lakum diinukum waliya diini.

Artinya : “Katakanlah : Hai orang-orang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku." 

- Membaca Surat Al Ikhlas
Untuk rakaat yang kedua disunahkan juga untuk membaca surat Al Ikhlas tetapi boleh membaca surat yang lain selain surat Al Ikhlas

Berikut bacaan surat Al Ikhlas dan artinya
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤
Qul huwa allaahu ahad, allaahu alshshamad, lam yalid walam yuulad, walam yakullahu kufuwan ahad.
Artinya: “Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

5. Setelah selesai sholat tahajud dianjurkan untuk sholat Witir minimal 3 rakaat


#Doa Setelah Sholat Tahajud

Berikut ini adalah doa yang sering dibaca ketika selesai sholat sunnah tahajud :
اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ
Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.


#Keutamaan Sholat Tahajud

1 Dikabulkannya doa
"Perintah Allah turun ke langit di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan kukabulakn, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai tiba waktu Subuh." (Al-Hadis).

2 Mendekatkan diri kepada Allah SWT
"Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa." (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

3 Penyembuh penyakit hati (jiwa dan raga)
Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad)

4 Memperoleh berbagai kemuliaan
"Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat."
Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.


5 Penghapus Dosa dan penghalang berbuat salah
Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)


#Kiat-Kiat Agar Bisa Bangun Malam Untuk Sholat Tahajud

1. Berniat untuk sholat tahajud
2. Berdoa kepada Allah SWT agar dibangunkan untuk sholat malam
3. Menjaga perilaku dari berboat dosa seperti maksiat dan lainnya
4. Tidak begadang sampai larut malam
5. Mengkonsumsi makanan tidak berlebihan dan menjaga makanan dari yang haram
6. Memasang alarm
7. Meminta dibangunkan jika tidak bisa bangun

Itulah sekelumit tentang sholat tahajud berserta cara, doa, serta kiat-kiat dan keutamaan yang banyak manfaatnya. Jika hati anda ingin merasa tenang maka sholat tahajud atau qiyamul lail adalah jawabannya

Semoga artikel tentang sholat tahajud diatas dapat bermanfaat bagi saya sendiri kususnya dan berguna bagi pembaca pada umumnya.

Dan tak lupa yang sering saya tulis di akhir artikel ini adalah jika dalam penulisan artikel tentang sholat tahajut ini ada kekeliruan mohon koreksi bagi pembaca semua yang dirahmati Allah swt. Manusia adalah tempatnya salah dan lupa maka wajib bagi setiap muslim untuk mengingatkan muslim lainnya untuk lebih baik.


Posting Komentar untuk "Sholat Tahajud Lengkap Dengan Tuntunan dan Doanya serta Keutamaannya"