Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

# 7 - Usaha yang paling potensial di pedesaan dengan modal kecil

Usaha didesa yang potensial adalah usaha yang tidak terlalu mahal atau murah. Ukuran mahal dan murah disesuaikan dengan desa masing-masing karena tiap desa memiliki perbedaan penghasilan ada desa yang kebanyakan seorang petani dan juga ada desa yang kebanyakan seorang pedagang.

usaha yang potensial di desa
Usaha Warung Kopi


Seperti didaerah saya tepatnya di desa Bendo yang kebanyakan adalah seorang pedagang tempe tentu tingkat penghasilannya berbeda dengan petani, bisa saja lebih tinggi atau bisa saja kurang dari petani. Untuk itu sebelum memilih usaha yang tepat didesa ada baiknya juga anda tahu tingkat ekonomi didesa tersebut.

Jadi menurut saya untuk membangun usaha didesa agar hasilnya maksimal maka harga harus lebih murah dibanding di kota dan yang perlu ditekankan adalah tentang pelayanan penjualan serta kualitas dagangan yang kita jual harus disukai semua  kalangan yang membutuhkan.


Kali ini massiswo akan menyajikan beberapa usaha nyata yang paling potensial didirikan di pedesaan dengan modal kecil :


1) Usaha Jualan Keliling


Usaha yang pertama yang layak anda coba dengan modal kecil adalah jualan keliling terutama makanan cepat saji seperti menjual pentol dan es murah tetapi memiliki rasa es cream kota. Atau jual sayur keliling biasanya kalau jualan sayur keliling pedagang itu mangkal ditempat-tempat dan jam tertentu untuk menggelar dagangannya dan biasanya ibu-ibu banyak yang suka terutama ibu rumah tangga.

Selain jualan yang saya sebutkan diatas tadi salah satu contoh lain adalah pedagang bakso keliling bisa menggunakan sepeda motor atau rombong, dan kebanyakan sekarang pedagang bakso menggunakan sepeda motor.


2) Usaha Pedagang Sembako


Selain pedagang keliling diatas usaha yang paling potensial dengan modal kecil selanjutnya adalah pedagang sembako, hampir semua orang hidup butuh makan maka usaha sembako adalah pilihan tepat apalagi jika punya lahan di tepi jalan yang ramai orang lalu lalang.

Anda bisa memulai dagang sembako dengan mencari informasi untuk mengambil barang-barang yang akan di jual dari distributor yang terpercaya yang dekat di daerah anda pilihlah barang-barang yang cepat laku dulu kemudian kembangkan dengan barang-barang yang lain.

Kalau perlu memasarkannya dengan sistem jemput bola juga alias mengantar ke konsumen langsung untuk barang-barang tertentu seperti LPG atau beras yang pembeliannya banyak.

3) Usaha Pedagang Produk Pertanian


Hampir dipastikan kebanyakan orang didesa adalah seorang petani, dengan melihat peluang yang ada jika daerah anda masih banyak petaninya adalah menawarkan produk obat untuk tanaman petani.

Anda bisa memulainya dengan menawarkan langsung ke petani jangan menunggu petani datang ke toko anda itu akan menambah nilai plus anda dan tak lupa anda harus menambah wawasan bidang pertanian agar jika ada seorang pertani bertanya masalahnya ada bisa memberikan solusi yang baik.

Jangan terlalu mahal atau mengambil untung banyak dulu ketika awal-awal memulai usaha karena hal ini penting untuk menggaet atau mencari konsumen baru agar mereka kenal dulu dan mengenalkannya pada orang lain lewat promo dari mulut ke mulut karena itu lebih efektif dan menguntungkan.

4) Usaha Potong Rambut


Jika anda mempunyai keahlian memotong rambut merupakan suatu anugerah karena bisa mendatangkan rejeki. Harga memotong rambut kalau didesa rata-rata 5 sampai 10 ribu. Itu hanya potong saja dan ditempat biasa.

Anda bisa meningkatknya dengan berbagai tambahan seperti langsung bilas atau pemberian pijatan bagian kepala saja sehingga harganya bisa ditingkatkan sedikit atau menjual beberapa minyak rambut seperti usaha potong rambut baber shop yang lebih terkenal.

Anda bisa meniru gaya atau tempat usaha dengan babershop shop.

5) Usaha Jual pulsa dan paket internet


Usaha yang potensial di desa selanjutnya adalah jual pulsa dan paket internet. Sudah menjadi kebutuhan wajib bagi semua orang bahwa tiap handphone membutuhkan pulsa dan internet.

Walaupun sudah banyak pesaing tapi bisnis ini terus berkembang  dan saat ini yang  paling laris adalah paket internet karena hanphone sekarang semakin canggih atau lebih dikenal dengan sebutan smartphone dan banyak muda mudi gila dengan internet.

Mungkin bisa dibilang perbandingan pengguna internet dan pulsa lebih banyak pengguna internet karena dengan paket internet juga bisa menelepon dan sms dan masa aktifnya juga lebih lama dibanding pulsa telepon.

Tidak hanya disitu saja anda bisa menambah pemasukan jualan pulsa dengan menambah jualan minuman dingin dan rokok. Dan jika usaha anda sedikit demi sedikit telah berkembang maka anda bisa mencoba menambah pemasukan dengan menjadi agen pembayaran seperti listrik, telepon, PDAM, pembayaran kredit motor, internet dan lain-lain


6) Usaha Es Tebu


Usaha yang selanjutnya adalah usaha es tebu dengan harga perkantongnya sebesar 2.000 rupiah jika anda dalam sehari bisa menjual 100 bungkus pendapatan perhari kotor 200 ribu.

Untuk peralatan anda tidak harus membeli baru banyak peralatan bekas yang dijual pemiliknya karena mungkin dijual karena tidak menghasilkan apa yang diharapkan. Tetapi anda harus tahu kondisi mesin tebu yang dijual tersebut apakah kondisinya baik atau kurang baik karena ini nantinya untuk jangka panjang usaha anda.

7) Usaha Warkop


Menurut saya dari usaha diatas yang paling potensial adalah warkop alias warung kopi walaupun didesa usaha ini sangat-sangat banyak peminatnya apalagi sekarang ditambah menggunakan wifi gratis bagi orang yang mampir di warkopnya.  Jelas-jelas dengan sistem pemasaran yang seperti itu pelanggan akan tambah betah duduk diwarkop.

Dan jika banyak yang mampir ke warkop otomatis parkiran didepan warkop anda terlihat ramai sehingga orang yang melintas terutama yang punya hobi ngopi akan berfikiran bahwa tempat itu enak untuk ngopi atau sekedar nongkrong melepaskan penat.

Akhinya silahkan pilih dari usaha-usaha yang dijabarkan massiswo.com diatas tadi sesuaikan dengan passion atau hobi anda karena bila pekerjaan didasari hobbi maka hampir dipastikan akan berhasil dan berkembang.

Dan jangan lupa untuk menjaga konsumen anda sepenuh hati karena konsumen bisa mendatangkan dua hal pertama bisa mendatangkan konsumen lain sehingga rejeki akan bertambah dan yang kedua menjauhkan dari konsumen seperti pelayanan anda kurang baik, atau produk yang anda jual tidak sesuai harapan konsumen kurang inilah itulah.

Jadi sebaiknya anda menjaga hubungan baik dengan konsumen agar usaha anda terus berkembang dan mendatangkan rejeki yang barokah.

Semoga artikel tentang usaha-usaha didesa yang paling potensial ini bisa menjadi inspirasi anda untuk mulai melangkah mendirikan usaha.

Posting Komentar untuk "# 7 - Usaha yang paling potensial di pedesaan dengan modal kecil"