Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Ampuh Menulis Konten Yang Hebat untuk Blogger

Menulis konten yang berkualitas adalah pilihan. Dibutuhkan pengorbankan waktu dan tenaga untuk menciptakan suatu konten yang berkualitas sehingga menarik untuk dibaca. Atau pilihan yang lainnya yaitu jalan pintas menulis konten dengan kualitas yang biasa-biasa saja, pilihan yang tidak akan memberi dampak positif pada diri anda ataupun blog atau situs anda sehingga hanya akan menghasilkan pemborosan waktu, energi dan kesia-siaan saja.

Tujuan konten yang berkualitas  dan menarik adalah untuk meningkatkan peringkat SEO blog dan mendapatkan trafik blog yang ramai. Sudah jelas konten yang menarik dibaca akan berdampak baik pada blog kita.




Jika anda menulis konten yang original bukan kopas, mesin pencari otomatis membantu blog atau situs anda menjadi lebih baik untuk jangka panjangnya. Namun sebaliknya google juga telah menjelaskan bahwa google tidak menyukai konten atau artikel hasil duplikat atau copy paste dan mereka akan memberi hukuman pada blog tersebut.

Artinya apa?

Google ingin memberi penghargaan pada situs dengan konten yang kualitas baik yang berisi konten original, sehingga blog anda lebih dikenal dan dampak baiknya adalah akan memberi kontribusi positif terhadap situs atau blog anda dan tentunya juga kantong anda jika blog anda terdaftar sebagai mitra adsanse.

Baca Juga : Niche blog yang ramai pengunjung


Tujuan apapun anda membuat blog entah untuk bisnis atau hanya sekedar hobi, penting untuk mengelolanya dengan baik dan benar. Pada artikel kali ini massiswo akan membagikan beberapa tips yang dapat anda praktekkan untuk menulis konten yang berkualitas.

Mari kita kupas bersama apa yang membuat konten hebat, menarik dan berkualitas


1. Konten  Yang Original atau Asli


Seperti disebutkan diatas tadi bahwa konten asli akan berdampaik baik bagi situs atau blog anda terutama dengan mesin pencari seperti google. Dan sebaliknya blog dengan konten hasil duplikat blog orang lain akan menghasilkan hukuman dari google tentu ini hal yang tidak kita inginkan .
Mungkin anda pernah dengar atau membaca bahwa ada salah satu blog dengan konten yang hanya mengandalkan copy paste dalam arti isi kontenya sama persis tanpa ubahan sama sekali bisa nangkring pada halaman awal google.

Mereka tidak akan bertahan lama apabila muncul pada halaman utama google. Dengan terus update algoritma google akan mencegah konten dengan kualitas buruk untuk berada pada halaman utama pencarian.


2. Buat judul konten atau artikel yang menarik


Judul yang bagus akan memicu dan menarik pembaca untuk membaca atau tahu lebih dalam tentang isi artikel yang di tulis.

Apakah anda sudah tahu? Bahwa :


- 80% orang akan membaca judul konten anda sebelum membaca isinya
- dan hanya 20% kebanyakan orang akan membaca isi konten anda itu pun tidak semua dibaca

Maka dari itu membuat judul yang menarik sangat penting dari pada isi dari konten atau artikel tersebut.

Jadi luangkan waktu untuk membuat judul artikel yang menarik. Kalau memungkinkan buat beberapa daftar judul dan pilih mana yang sekiranya paling anda sukai.

Jadi sebelum membuat konten maka jangan melewatkan point ini.
Karena pembaca akan memutuskan membaca artikel anda atau tidak tentu pertama kali yang menjadi pertimbangan adalah judul artikel anda.

3. Buat artikel yang dapat ditindak lanjuti.


Apa kalimat terakhir yang anda tulis pada artikel postingan anda? Apa itu memberi sebuah saran tentang bagaimana pembaca bisa menerapkan tentang artikel yang anda tulis? Tetapi banyak saya baca dan jumpai rata-rata kalimat terakhir yang mereka tulis adalah ucapan terima kasih karena telah membaca artikelnya.

Perlu anda tahu?

Bahwa konten yang baik adalah konten yang dapat menimbulkan rasa bagi pembaca yang ingin menerapkan atau mempraktekkan informasi yang anda sampaikan. Bukan malah menyuruh pembaca apa yang harus mereka lakukan, sangat beda antara menyuruh dan menimbulkan rasa.

Saat anda menulis konten berikan tips yang mudah dan menarik kepada pembaca untuk diterapkan,

4. Mampu memberikan jawaban


Ketika anda menggunakan internet terutama untuk searching apa yang mereka cari? Ya mereka mencari sebuah jawaban atas pertanyaan mereka. Dan fungsi mesin pencari adalah memberikan jawabannya.

Begitu juga saat orang membaca blog atau melihat video tentang tutorial apapun, jelas mereka menginginkan sebuah jawaban sehingga mereka bisa mendapat pengetahuan baru.


Tips tambahannya adalah :


Kebanyakan orang adalah tidak hanya menginginkan jawaban saja, tapi juga ingin penyelesaian masalahnya juga cepat. Jadi buatlah konten yang mudah dipahami sehingga orang bisa mengambil kesimpulan  jika orang tersebut tidak ingin membaca isi semua artikel.

5. Sumber Informasi yang akurat dan ada bukti nyata


Bisa anda banyangkan : Jika anda menulis sebuah artikel untuk perusahaan anda, banyak orang membacanya dan beberapa isi dari artikel yang anda tulis ternyata tidak akurat informasinya.

Apa yang terjadi kemudian?

Maka yang paling dirugikan tentunya adalah perusahaan dan reputasi diri anda sendiri. Perlu anda ingat bahwa blog atau web merupakan cerminan dari perusahaan anda. Jika ada masalah pada webnya itu akan berdampak pada pemikiran orang bagaimana dengan produk yang anda tawarkan tentunya orang akan bertanya-tanya bahkan bisa juga berpaling.

Jika anda membuat konten yang ada hubungannya dengan data alangkah baiknya data tersebut bisa ditampilkan juga dalam artikel.

Gunanya untuk apa?

Yang pasti pembaca lebih percaya dengan informasi yang disampaikan apalagi disertai data yang akurat entah itu bentuk gambar, atau apapun yang berkaitan dengan informasi dari konten tersebut.

6. Libatkan pembaca


Agar konten itu menarik dan terasa hidup maka libatkan pembaca didalamnya. Bagaimana melibatkannya? Itu tergantung juga pada anda dalam merangkai kata pada artikel anda. Satu-satunya cara agar pembaca terlibat didalamnya adalah membuat artikel yang menarik.


Berikut beberapa cara untuk menulis konten yang menarik :


>> Berikan pembaca dengan pertanyaan. Maksudnya bukan berarti artikel anda tidak lengkap. Tapi lebih pada menimbulkan rasa bagaimana mereka dapat menerapkan pesan yang anda sampaikan dalam artikel.
>> Berikan kalimat menarik pada awal paragraf. Kebanyakan pembaca akan memutuskan membaca artikel anda atau tidak itu tergantung pada awal paragraf yang anda buat. Apakah layak dibaca atau tidak. Buat kalimat pada awal paragraf menarik yang intinya pembaca tertarik ingin membaca isi artikel yang anda buat.
>> Orang menyukai cerita. Buatlah cerita yang ada hubungannya dengan artikel yang anda buat. Karena biasanya artikel yang mempunyai cerita didalamnya bisa memperjelas isi dari artikel tersebut.


8 Tulislah konten yang pendek dan tegas


Tidak ada yang lebih baik dari pada posting blog yang singkat atau to the poin atau artikel yang informatif.

Jangan terlalu fokus pada hitungan kata walau itu penting. Postingan yang panjang tidak berarti postingan blog itu lebih baik. Menulis berkualitas dengan singkat itu lebih banyak membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran dari pada anda menulis banyak sebanyak anda mampu.

9. Selalu update blog anda


Kebanyakan bloger akan semangat diawal ngeblog. Ngeblog adalah sebuah komitmen. Meskipun anda mampu menulis beberapa postingan dalam satu waktu namun anda tinggalkan beberapa lama maka blog anda pasti sepi pengunjung atau pembaca. Begitu juga mesin pencari tidak menyukai situs atau blog yang tidak update.

Jika anda sudah memiliki niat ngeblog maka anda harus update secara teratur dengan konten-konten yang menarik. Banyak blog sukses karena mereka selalu update dan fokus mengelolanya.

Seberapa sering blog Anda diperbarui? Itu tergantung dari usaha Anda. Setiap orang memiliki sumber daya dan prioritas yang berbeda. Anda harus berusaha mengupdate setidaknya dua kali seminggu.

Point penting yang harus anda gunakan untuk menulis konten yang berkualitas
Jangan anggap enteng menulis konten atau artikel yang menarik dan berkualitas, karena menulis konten atau artikel yang menarik itu sulit, butuh waktu untuk membuatnya. Judul, tata bahasa dan ejaan membutuhkan formulasi yang tepat agar konten itu menarik.

Saat anda sebelum menerbitkan artikel anda maka sebaiknya baca ulang, dan tanyakan pada diri anda :

- Sudahkah saya memberi pembaca blog informasi yang terbaik ?
- Apakah isi artikel saya sudah lengkap?
- Apakah kata-kata saya sudah tepat?

Posting Komentar untuk "9 Tips Ampuh Menulis Konten Yang Hebat untuk Blogger"