Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#8 Cara Jitu Meningkatkan penghasilan atau BPK Google Adsanse

Meningkatkan BPK Google Adsanse – Bagi banyak blogger dapat menjadi mitra google adsanse adalah suatu berkah yang tiada terkira. Namun sudah diterimanya menjadi mitra google adsanse bukan berarti anda sudah bisa menikmati dolarnya. Masih dibutuhkan perjuangan keras untuk mendapatkannya,  salah satunya meningkatkan BPK Adsansenya.

Meningkatkan penghasilan atau BPK Google Adsanse
Meningkatkan penghasilan dari google adsanse


Kalau kita sudah bicara menigkatkan BPK Adsanse otomatis kita harus mengoptimalkan adsansenya. Jika BPK anda masih jauh dari harapan berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan BPK adsanse anda agar mendapatkan penghasilan yang diharapkan.

Apa itu BPK / CPC Adsanse?


BPK / Biaya Per Klik atau CPC/ Cost Per Clik adalah komisi atau bayaran yang diberikan oleh pihak pengiiklan kepada anda setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan yang anda tanyangkan di blog anda seperti google adsanse.

BPK ini sangat berpengaruh besar terhadap pendapatan yang didapat oleh seorang blogger, dimana semakin besar nilai BPK semakin besar pula penghasilan yang akan di peroleh. Perlu diketahui nilai BPK tidak ada hubungannya dengan banyaknya jumlah pengunjung atau trafik blog anda.

Faktor yang mempengaruhi BPK Adsanse


# 1 Niche Blog


Hal yang pertama adalah tentang niche atau topik blog. BPK secara langsung tergantung pada topik artikel yang anda buat pada blog anda. Ada beberapa niche blog yang memberikan nilai BPK tinggi. Berikut ini adalah daftar niche blog yang bisa memberi BPK tinggi. Saya urutkan dari nilai BPK paling tinggi, antara lain blog yang mengulas tentang :

-  Gadget
- Google (produk google seperti bloger, email, dan apapun yang berkaitan dengan google)
- Microsoft (Terumata microsoft office)
- Perbankan
- Otomotif
- Kesehatan
- Perumahan
- Pinjaman Rumah
- Pekerjaan
- Tentang Cinta (ini niche dengan BPK rendah)

#2 Konten Blog


Point kedua untuk meningkatkan BPK adalah konten, banyak netter mencari solusi di internet maka sebaiknya konten anda dapat menjawab dari pertanyaan yang sedang dicari oleh netter bukan hanya curhatan saja. Jadi sebelum menulis artikel coba cari apa yang banyak ditanyakan di internet dan kemudian tulis solusinya pada artikel anda, tentunya disesuaikan dengan niche blog anda.

Agar konten anda disukai maka anda bisa menempatkan diri anda sebagai pembaca blog anda atau istilahnya terlibat langsung dengan pembaca anda. Konten yang bagus dan menarik dapat dipastikan tingkat BPK adsanse lebih tinggi. Selain itu konten yang bagus adalah apa yang disukai mesin pencari, jika itu sudah dilakukan maka akan semakin banyak klik dan lebih banyak pendapatan yang akan dihasilkan.

#3 Allow Block ads / Ijikan blokir iklan


Di google adsanse ada menu allow block ads. Anda bisa melihat seberapa banyak setiap kategori iklan membayar anda. Di menu tersebut menampilkan iklan berbeda yang ditampilkan di blog anda. Jika anda tidak membutuhkan iklan yang tidak membayar banyak kepada anda maka anda bebas menontaktifkannnya pada kategori tersebut.

Cobalah memblokir iklan yang kategorinya sama sekali tidak relevan dengan konten atau niche blog anda. Misalnya blog anda membahas tentang kesehatan dan blokirlah kategori iklan teknologi, politik, agama dan lain sebagainya. Dengan cara seperti itu dapat meningkatkan BPK adsanse anda.

#4 Paltform Blog Anda 


Anda harus tahu dengan kecanggihan teknologi saat ini bahwa blog anda tidak hanya di baca di komputer saja melain banyak yang lain seperti smartphone, tablet dan lain-lain. Meskipun BPK umumnya tidak banyak berpengaruh pada platform namun menargetkan sebanyak mungkin pembaca pada berbagai platform perlu dilakukan.

Maka sebaiknya pastikan tema atau template blog anda sudah mobile friendly alias mendukung pada berbagai platform.  Jika blog anda menggunakan paltform wordpress anda bisa menggunakan pluggin untuk membuat blog lebih mobile friendly sehingga iklan yang ditampilkan juga menyesuaikan dengan platform yang dipakai. Sehingga target tingkat PBK juga semakin tinggi.

#5 Negara


Salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan BPK atau Bayar per klik adalah negara yang anda targetkan. Blog bule alias blog berhasa inggris tentu nilai kliknya lebih besar dari pada blog lokal seperti Indonesia sendiri.

Sudah banyak blogger Indonesia mencoba peruntungan dengan membuat blog bule dan memang nilai klik BPK lebih tinggi juga pengunjung atau visitor lebih banyak dari pada blog lokal. Dan tidak ada salahnya anda juga mencobanya.


#6 Format Teks dan Gambar Iklan


Mungkin point ini seharusnya dijelaskan di awal tulisan ini. Jadi anda harus tahu format yang tepat untuk iklan anda. Tempatkan tiga format iklan pada halaman blog anda dua diantaranya ukuran iklan 336 x 280 dan satu lagi ukuran iklan 468 x 60.

Kemudian format iklan harus berupa teks karena format iklan berupa teks memiliki CTR (Clik Trough Rate/ Klik per tayang) lebih tinggi. Dan anda juga dapat menggunakan format iklan gambar dan teks karena iklan yang berupa gambar dan teks juga memberi nilai BPK tinggi. Dan kalau iklan hanya berupa gambar biasanya kurang disukai karena mengurangi CTR dan BPK jadi lebih rendah. Namun begitu kadang tergantung pada jenis niche blog, iklan yang bergambar kadang lebih baik dalam hal CTR namun BPK tidak sebaik dari pada iklan berupa teks.

Dan bagamanapun seperti yang telah kita bahas diatas, hal itu tergantung darijenis niche dan penempatan iklan, itu yang terpenting.

#7 Penempatan


Jangan pernah meremehkan penempatan iklan pada halaman blog anda karen hal itu berbanding lurus dengan pendapatan adsanse anda.

Lalu pertanyaan pasti dimana penempatan iklan yang baik untuk meningkatkan BPK?

Jawabannya mudah saja.

Tempatkan 2 iklan di dalam artikel blog dan  1 di luar artikel atau postingan. Letakkan satu iklan persegi panjang ukuran 336 x 280 dibagian atas blog tepatnya dibawah judul artikel dan yang kedua pasang iklan ukuran 468 x 60 di dalam atikel blog. Dan satu iklan sisanya anda tempatkan pada bagian sidebar yang berada di sisi kanan yang berada diluar postingan.

Jika anda seorang blogger profesional dan bergantung pada adsanse maka sebaiknya anda mengoptimalkan iklan. Akan tetapi anda harus tetap mengutamakan pembaca yang menikmati artikel anda jangan sampai penempatan iklan dapat mengganggu dan mengalihkan perhatian atau konsentrasi pembaca karena hal itu tidak disukai pembaca.

Ada rahasia yang patut saya sampaikan disini bahwa untuk meningkatkan klik iklan dan BPK yang lebih tinggi yaitu menempatkan iklan didalam postingan blog terutama dibagian atas.

#8 Terus bereksperimen


Selalu terus mencoba sesuatu yang baru. Bereksperimen benar-benar bisa memberi anda pengalaman yang dapat mengajari anda membuat blog baik dengan hasil yang maksimal. Anda bisa mencoba niche yang berbeda dan memilih penempatan yang beda pula.

Jangan lupa untuk terus menggali saran dari pusat google adsanse untuk dipelajari. Jangan pernah terjebak atau monoton dalam satu gaya saja selalu coba dengan sesuatu yang baru

Kesimpulan


Kesimpulannya cukup saya katakan silahkan terapkan dan ikuti tips-tips diatas maka anda pasti bisa meningkatkan pendapatan adsanse anda dari 20% menjadi 40%. Dan cara-cara diatas adalah bukan cara yang ilegal namun benar-benar cara yang alami untuk meningkatkan BPK atau penghasilan anda dalam waktu yang tidak lama.

Posting Komentar untuk "#8 Cara Jitu Meningkatkan penghasilan atau BPK Google Adsanse"