[Terbaru] Cara Membuat Surat Izin disertai Contoh Surat Izin dengan Baik

Tujuan membuat surat ijin adalah sebagai pemberitahuan dari pembuat surat kepada pihak terkait bahwa orang tersebut tidak bisa hadir atau mandapatkan udzur atau sedang ada halangan yang mengharuskan orang itu membuat surat ijin.


Cara Membuat Surat Izin
Contoh surat izin

Halangan disini berupa sakit atau sebab lain dimana pada waktu tersebut benar-benar tidak bisa datang seperti biasa. Oleh sebab itu sebagai penghormatan kepada instansi yang bersangkutan maka kita harus membuat surat izin yang baik dan benar.

Sebagai contoh kita tidak masuk sekolah karena sakit maka kita harus membuat surat izin tidak masuk sekolah agar guru atau wali kelas kita tahu kemana atau dimana kita tidak masuk sekolah.

Lantas bagaimana cara membuat surat izin sekolah sendiri atau membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit. Massiswo.com akan membahas dan memberikan contoh surat ijin yang baik.

Contoh lagi adalah izin tidak masuk kerja bagi pegawai atau pekerja dan bagaiama cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar dengan susunan yang baik. Semua akan kita bahas disini dan disertai contoh suratnya.

Cara membuat surat resmi seperti contoh membuat surat izin merupakan hal yang wajib dilakukan jika kita berhalangan hadir misal disekolah atau ditempat kerja agar kesan kita menghormati instansi yang telah menaungi kita.

Banyak contoh bagaimana membuat surat izin yang baik dengan redaksi yang panjang atau singkat semua tergantung dari kemampuan olah bahasa kita.

Berikut beberapa contoh surat izin yang dapat kami uraikan disini :


1 – Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit

Surabaya, 20 Mei 2018

Yang Terhormat,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII A1
MTs Negeri 1 Surabaya
Di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua/wali murid dari :
Nama : Nur Abdillah
NIS : 112351021
Kelas : VI A1
Alamat : Jl. Ahmad Yani Gg I No. 45 Surabaya

Dengan ini memberitahukan kepada Bapak/Ibu guru kelas VII A1, bahwasanya anak kami yang namanya tertera diatas tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar seperti biasanya dikarenakan Sakit Demam.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami sebagai wali murid meminta kepada Bapak/Ibu guru murid agar berkenan memberikan izinnya kepada anak kami. Sebagai bukti tersebut kami lampirkan surat keterangan dari pihak dokter pada lembar terlampir.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas kebijaksanaanya dan izin yang diberikan kepada anak kami, Diucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,


Heri Soenarto

2 – Contoh surat izin tidak masuk kerja

Sidoarjo, 27 Mei 2018

Lampiran : 1 Lembar
Perihal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Kepada Yth.
Kepala Divisi Rotary Wing HRD PT. DI
Jl. Letjen Mayjen Muda Maeda No. 30 Sidoarjo

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Dani Pedrosa
NIK : 2031549853326
Jabatan : Divisi 2 Rotary Wing
Alamat : Jl. Ahmad Yani No 3, Sidoarjo

Dengan adanya surat ini saya sampaikan bahwa saya yang tertera namanya diatas tidak dapat masuk kerja pada hari rabu 27-29 Mei 2018 dikarenakan sedang sakit dan harus mendapatkan perawatan yang intensif dan istirahat total.

Permohonan izin ini saya sampaikan setelah mendapat saran dan surat dari Dokter Agung Laksono di Praktek Umum Laksono DKK, yang padanya saya lampirkan surat keterangan dari dokter tersebut.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas izinya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,



Dani Pedrosa
NIK.2031549853326

Demikian contoh  cara membuat surat izin yang disertai contoh dengan baik. Anda bisa menggunakan contoh surat izin tersebut untuk digunakan pada berbagai keperluan. Anda hanya tinggal mengganti redaksinya sesuai dengan kebutuhan.

Jika anda memerlukan contoh surat yang lain silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar dibawah secepatnya akan kami balas. Semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[Terbaru] Cara Membuat Surat Izin disertai Contoh Surat Izin dengan Baik"

Post a Comment

--> Berkomentarlah secara bijak dan sopan
--> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel