[BARU] Syarat dan Cara Membuat SKCK Yang Benar

Syarat Membuat SKCK – Pada kesempatan kali ini massiswo.com akan menulis tentang cara membuat SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

SKCK biasanya dibutuhkan sebagai syarat untuk mencari kerja atau melamar kerja dan bisa juga kadang digunakan untuk mendaftarkan pribadi orang yang bersangkutan misalnya sebagai calon anggota DPR, gubernur atau yang lainnya.

cara membuat skck baru
Cara Membuat SKCK

SKCK hanya bisa diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Sektor atau polsek dan Kepolisian Resort atau polres.

SKCK di tingkat kepolisian sektor atau polsek biasanya digunakan untuk mencari atau melamar kerja seseorang untuk perusahaan swasta sedangkan SKCK ditingkat kepolisian resort atau polres biasanya di gunakan untuk persyaratan pencari kerja perusahaan negara atau BUMN.

Persyaratan Pembuatan SKCK Baru Tahun 2018

1. Surat Pengantar dari desa tempat pemohon 


Sebagai syarat awal untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian biasanya pihak kepolisian baik itu polres atau polsek akan meminta surat pengatar dari desa tempat pemohon SKCK tinggal sesuai alamat KTP

Akan tetapi ada juga beberapa pihak kepolisan setempat tidak meminta surat pengantar dari desa melainkan syarat lainnya yang memang wajib dibawa ketika pemohon mengajukan surat permohonan pencetakan SKCK.

Dengan alasan hemat tenaga dan waktu bagi pemohon SKCK. Jika surat pengantar sudah didapatkan maka langkah berikutnya adalah menyiapkan berkas yang harus dibawa ketika akan membuat SKCK di polsek atau polres.

2. Berkas yang harus dipersiapkan sebagai syarat membuat SKCK


Untuk membuat SKCK sebenarnya sangat mudah tidak seperti membuat SIM karena SKCK dibuat dan diberlakukan hanya beberapa bulan terhitung dari tanggal pembuatan. SKCK berlaku hanya 6 bulan dan bisa diperpanjang melalui tempat polsek atau polres pemohon tinggal.

Adapun berkas yang harus dipersiapkan untuk membuat SKCK adalah sebagai berikut

1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM).
2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
3. Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir
4. Ijazah Terakhir.
5. Pas foto 4x6 berlatar/background merah sebanyak 6 lembar.

Apabila seluruh berkas untuk membuat SKCK sudah ada maka anda bisa langsung mengajukan langsung ke polsek atau polres di sekitar tempat tinggal anda. Biasanya pelayanan SKCK ini dibuka mulai jam kerja sampai waktu siang.

3. Proses pembuatan SKCK


Setelah sampai di polsek atau polres anda sebaiknya bertanya pada petugas untuk mengetahui loket permohonan SKCK. Setelah mengetahui loketnya anda akan diberi blanko berisi formulir yang harus anda isi berupa riwayat pemohon.

Kemudian anda akan di minta untuk proses sidik jari. Pada waktu proses sidik jari ini pemohon akan dikenakan biaya lagi yang tidak terlalu besar nominalnya. Kisaran kurang lebih Rp. 10.000,-

Setelah proses sidik jari dilakukan pemohon tinggal menunggu panggilan proses pencetakan SKCK baru yang anda buat.

4. Biaya Pembuatan SKCK Baru


Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat SKCK baru. Sebelum ke tarif atau biaya pembuatan SKCK baru ada beberapa peraturan tentang biaya pembuatan SKCK ini berikut dasar hukum biaya pembuatan SKCK :


  • UU RI No.20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Bukan Pajak (PNBP)
  • UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • PP RI No.50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi Polri
  • Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1928/VI/2010 tanggal 23 Juni 2010 tentang pemberlakuan PP RI No.50 Tahun 2010


Berdasarkan peraturan diatas baya pembuatan SKCK yang ditanggung pemohon adalah Rp. 30.000 (tiga puluh ribu rupiah).  Biaya tersebut disetorkan kepada petugas Polri ditempat.

Info Tambahan :

Cara pembuatan SKCK Online


Sekarang dengan kemajuan teknologi anda bisa membuat SKCK online di sekitar daerah anda. Untuk keterangan selengkapnya silahkan anda baca cara membuat SKCK online dengan mudah.

Membuat SKCK Sekarang Mudah dan gampang


Dengan berbagai cara yang ditawarkan untuk membuat SKCK baru baik offline atau online sekarang lebih cepat dan lebih mudah asal persyaratan dan berkas yang dibutuhkan sudah siap maka SKCK juga mudah didapat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[BARU] Syarat dan Cara Membuat SKCK Yang Benar"

Post a Comment

--> Berkomentarlah secara bijak dan sopan
--> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel