Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perlu Hape Di Cas 8 Jam Pada Saat Pertama Kali Dipakai? Begini Ulasannya

Banyak pemilik ponsel baru tidak tahu dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang dengan cepat. Dan banyak juga yang bertanya termasuk admin sendiri? Haruskah HP baru (smartphone) harus dicas selama 8 jam?

Ketika admin dulu membeli smartphone baru langsung saya bertanya pada pemilik toko handphone tersebut. Untuk smartphone sekarang berapa lama harus dicas pertama kali? Ada yang menjawab 2 sampai 4 jam.

Cara Mengecas HP Baru Pertama Kali
Cara Mengecas HP Baru Pertama Kali
Tidak sampai disitu admin juga dijelaskan secara singkat oleh penjual HP tersebut yang pada intinya model atau type baterai yang digunakan HP sekarang (smartphone) berbeda dengan HP yang dulu.
Akhirnya admin pulang dengan penuh tanda tanya besar, apa beda baterai hanphone sekarang dengan hanphone dahulu?

Setelah saya baca-baca petunjuk dan searching di internet bahwa banyak perbedaan baterai jaman dahulu dan jaman sekarang dan kira-kira dapat saya simpulkan seperti dibawah ini.

Perbedaan baterai HP dulu dan sekarang


HP model baru sekarang semuanya memakai baterai tipe Lithium Ion (Li-Ion) atau Lithium Polymer (Li-Poly). Sedangkan pada hp dahulu menggunakan baterai bertipe Ni-MH( Nikel-Metal Hydride)

Lantas yang jadi pertanyaan adalah apa kelebihan baterai Lithium Ion? Kelebihannya pada baterai ini adalah tidak ada lagi memory effect seperti yang biasa terjadi di baterai Ni-MH yang dimana baterai Ni-MH sebelum dicas, HP tesebut harus dalam keadaan baterai habis atau kosong agar mendapatkan kapasitas yang penuh dan maksimal jika dicas.

Intinya baterai Li-Ion tidak harus menunggu baterai habis baru dicas justru baterai ini jangan dibiasakan sampai habis karena akan mempengaruhi umur baterai yang akan menjadi lebih pendek.

Perlukah Handphone baru sekarang dicas selama 8 jam untuk pertama kalinya?


Jawabannya tidak perlu. Karena seperti yang admin kemukakan diatas bahwa tipe baterai Li-Ion beda dengan baterai HP jaman dulu. Admin pernah mencoba hp baru untuk di cas pertama kali dan hanya memerlukan waktu kurang lebih 4 jam baru bisa terisi 100%.

Namun alangkah baiknya untuk berapa lama kita mengecas HP baru kita pertama kali, anda bisa melihat di buku panduan yang satu paket dengan Handphone itu. Karena tiap tipe HP juga beda kapasitas dan ukuran baterai yang di gunakan. Sehingga waktu yang diperlukan juga berbeda-beda

Bagaimana cara merawat baterai HP baru agar awet


Admin pernah membaca dari artikel di internet yang dimana survei ini dilakukan oleh produk smartphone ternama dunia, dimana mereka melakukan survei tentang keawetan baterai. Dan dari hasil kesimpulan survei ini adalah bahwa mengecas HP tidak menunggu baterai habis dahulu agar dapat membuat baterai HP bisa bertahan lebih lama.

Jadi bisa disimpulkan jika kita ingin baterai kita tetap awet jangan biasakan memakai baterai hingga habis bila kebiasaan ini terus menerus dilakukan pasti tentu baterai HP kita akan cepat rusak atau aus.

Cara Mengecas HP yang baik dan benar


1. Gunakan cas asli bawaan dari HP

Tentu hal ini sangat dianjurkan bahkan wajib. Selain membuat umur baterai lebih lama juga cas asli sudah memenuhi standart yang baik dari pihak perusahaan. Beda kalo memakai cas yang dijual dengan harga yang tidak mahal hal tersebut akan memperpendek umur baterai. Satu hal lagi cas lah hp langsung dari cas bukan dari USB seperti powerbank, komputer atau laptop

2. Tidak menggunakan atau sedang digunakan ketika HP sedang di cas

Hal yang perlu dihindari adalah jangan menggunakan HP ketika sedang di cas karena bisa membahayakan diri sendiri juga bisa memperpendek umur baterai. Jika kebiasaan memakai HP saat dicas terus dilakukan hampir dipastikan umur baterai akan cepat berkurang.

3. Segera cabut cas dari listrik jika HP sudah terisi penuh

Hal yang sering kita lakukan adalah jika kita mengecas HP selama berjam-jam biasanya hal ini dilakukan ketika malam akan tidur. Walaupun HP jaman sekarang sudah memakai sistem yang dimana jika HP terisi penuh maka tidak ada sumber listrik masuk di HP. Namun hal ini perlu dihindari jika dilakukan terus menerus tentu ketahanan HP dan baterai akan cepat rusak.

Semoga artikel tentang perlu tidaknya mengecas HP baru selama 8 jam ini bisa bermanfaat dan mudah-mudahan jika kita membaca petunjuk dari penggunaan HP yang kita gunakan besar kemungkinan HP kita akan awet.

Posting Komentar untuk "Apa Perlu Hape Di Cas 8 Jam Pada Saat Pertama Kali Dipakai? Begini Ulasannya"