Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisa dan Perhitungan Modal Usaha Jus Buah Secara Lengkap

Bisnis atau usaha jus buah dengan harga murah memang lagi trends saat ini. Pada kesempatan kali ini blog massiswo akan mengupas tuntas menganalisa dan menghitung modal usaha jus buah perhitungan pendapatannya.

Analisa dan Perhitungan Modal Usaha Jus Buah

Apabila anda mempunyai keinginan untuk membuka usaha jus buah anda bisa membaca analisa beserta tips membuka usaha jus buah yang akan kita kupas tuntas dibawah ini. Dengan begitu anda mempunya gambaran berapa modal yang harus dikeluarkan dan hitungan kotor dalam pengelolaannya sehari-hari.

Indonesia mempunyai dua musim yaitu musim panas dan musim penghujan dan musim panas adalah musim yang paling dominan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia dan kebutuhan akan minuman rasa manis dan segar merupakan salah satu cara menghilangkan rasa dahaga.

Baca : Ide usaha atau bisnis yang menguntungkan di musim hujan


Membuka usaha jus buah selain untuk menambah pendapatan bagi pelaku usaha tersebut dengan mengkonsumsi jus buah mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena didalam buah terdapat beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut manfaat mengkonsumsi jus buah bagi kesehatan tubuh manusia 

1)  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kekuatan otak. Kekebalan tubuh yang kurang baik akan mendatangkan berbagai macam penyakit sehingga apabila kekebalan tubuh kita berkurang maka penyakit akan mudah masuk. Dengan sering mengkonsumsi jus buah akan bermanfaat sekali menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk menghidari penyakit.

2) Menurunkan resiko penyakit jantung atau kanker. Dengan mengkonsomsi buah tertentu membuat jantung menjadi lebih sehat dan menghindarkan dari penyakit kanker. Tentu hal ini harus berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mengetahui buah apa yang baik untuk tubuh kita. Biasanya hal tersebut dikaitkan dengan mengkonsumsi jus semangka.

Dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan. Tergantung dari buah yang kita konsumsi karena setiap buah mempunyai manfaat yang berbeda-beda dan mempunyai vitamin yang berbeda pula.

Setelah kita membahas manfaat saatnya kita menganalisa usaha jus buah ini, tentu hal yang pertama yang biasa jadi bayangan ketika akan membuka usaha adalah tentang masalah modal. Berapa sih modal usaha ini? Modal usaha itu ? dan berbagai macam pertanyaan-pertanyaan yang lain.

Modal usaha jus buah untuk pemula yang harus dipersiapkan :

1.  1 buah mesin blender sekitar Rp. 600.000,-
2.  1 buah box wadah es sekitar Rp. 150.000,-
3.  1 buah etalase jus buah sekitar Rp. 1.500.000,-
Total biaya inventasi untuk modal awal 2.150.000,-

Modal usaha diatas adalah modal hitungan minimal, dan perhitungan diatas semuanya baru. Apabila ada barang yang tidak baru maka biaya diatas tersebut bisa dikurangi. Modal usaha diatas adalah modal pokok. Dan apabila usaha jus buah sudah berkembang modal invetasi bisa ditambah misalnya menambah satu buah blender lagi. Adapun modal operasional untuk modal usaha jus buah bisa di lihat pada pembahasan dibawah ini ;

Biaya modal operasional jus buah rasa segar

1. Pembelian aneka buah 15 buah per kilo @Rp. 13.000   = Rp. 195.000
2. Pembelian 400 plastik/ cup @700   = Rp. 280.000
3.  Sedotan   = Rp. 50.000
4. Susu dan gula      = Rp. 300.000
5. Listrik dan air   = Rp. 350.000
Total biaya untuk operasioanal Rp. 1.175.000

Sekarang kita menghitung pendapatan dari jus buah. Apabila per jus buah harga Rp. 6.000 dikalikan misal terjual 20 cup buah berarti Rp. 120.000 per hari dan dikalikan 30 hari menjadi Rp. 3.600.000,-. Dalam hitungan kotor dalam satu bulan kita bisa memperoleh penhasilan sebesar Rp. 3.600.000,-

Dan apabila dikurangi misalnya dengan pengeluaran perbulan katakanlah untuk biaya operasioanal mulai dari pembelian buah dan listrik serta lain sebagainya kita kurangi Rp. 1.500.000 menjadi Rp. 2.100.000, Lumayan untuk pendapatan awal-awal kita membuka usaha.

Setelah kita menghitung dan menganalisa untuk membuka usaha jus buah bagi pemula selanjutnya tentu yang kita fikirkan adalah bagimana usaha jus buah segar ini bisa diterima dan laris penjualannya.

Berikut tips usaha jus buah agar laris dan menguntungkan

1.  Tempat usaha

Pemilihan tempat usaha sangat berpengaruh terhadap omset kita nantinya. Agar usaha jus buah kita bisa dikenal masyarakat maka carilah tempat usaha di tempat keramaian misal di pinggir jalan raya, dekat kampus, dekat alun-alun kota, tempat wisata, atau tempat bermain.

2.  Rasa 

Berikutnya yang dapat membuat jus buah kita laris adalah rasa dari jus buah tersebut. Terus mencoba berbagai cara atau resep untuk menghasilkan rasa yang pas dengan harga harus terus dilakukan. Hal ini guna membuat loyal konsumen anda sehingga mereka akan balik lagi membeli jus buah anda.

3.  Pilihlah buah dengan kualitas yang baik

Sekali anda memberi kualitas yang kurang baik kepada konsumen jangan berharap usaha jus buah anda laris. Pilihlah bahan-bahan buah dengan kualitas baik jika ingin mencari konsumen yang loyal terhadap usaha anda. Lebih baik dengan kualitas baik dengan keuntungan sedikit namun konsumen banyak dan loyal dari pada sebalikanya. Dan sediakan buah yang beraneka ragam semakin banyak buah yang anda tawarkan semakin banyak pilihan rasa yang dipilih konsumen.

4. Kebersihan

Anda menjual jenis minuman maka wajib bagi anda menjaga kebersihan tempat atau alat usaha anda. Bayangkan jika anda malas membersihkan tempat anda kemudian datang binatang-binatang katakanlah lalat. Mungkin konsumen akan jijik melihat kualitas kebersihan kita. Hal tersebut akan membuat konsumen berfikir ulang untuk kembali membeli jus buah kita.

5.  Harga

Untuk penentuan harga anda jangan menjual jus buah dengan harga yang terlalu mahal atau terlalu murah. Sesuaikan dengan harga dilingkungan tempat usaha anda tersebut berdiri. Karena harga juga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen

6.  Promosi

Setiap usaha selalu membutuhkan promosi, Agar usaha jus buah dikenal oleh masyarakat buatlah banner besar yang memberitahuan tentang usaha anda. Atau membuat brosur yang disebarkan ke masyarakat.

Kelemahan usaha jus buah

Usaha jus buah kelemahannya Cuma satu yaitu ketika cuaca hujan. Hujan memang menjadi hambatan bagi orang yang berbisnis usaha jus buah karena akan membuat orang malas mengkonsumsi jus karena hawa dingin dan lain sebagainya.

Semua bisnis memiliki kendala dan dibutuhkan mental yang kuat untuk membangunnya. Jadi anda harus berfikir keras dan mencoba berbagai macam inovasi untuk mengembangkan bisnis usaha anda termasuk usaha jus buah.

Demikian analisa an perhitungan modal usaha jus buah semoga bisa menginpirasi dan memberikan gambaran untuk memulai usaha jus buah.


Posting Komentar untuk "Analisa dan Perhitungan Modal Usaha Jus Buah Secara Lengkap"