10 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan yang Mudah Tanpa Ribet

BPJS Kesehatan merupakan bentuk jaminan kesehatan bagi seluruh warga negera Indonesia dan sifatnya wajib. Walau bantuan ini tidak gratis tapi sudah bisa membantu meringankan biaya berobat ketika sakit.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan


Bagi yang sudah mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan adalah wajib bagi orang atau nama yang terdaftar untuk membayar iuran sebesar yang telah ditentukan. Tentu iuran tersebut tergantung dengan kelas yang dipilih.

Ada 3 kelas yang ditawarkan oleh pemerintah yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Setiap kelas mempunyai fasilitas yang berbeda dan hal tersebut mempengaruhi dengan jumlah iuran yang dibayar oleh peserta BPJS Kesehatan.

Ada kalanya ketika membutuhkan biaya untuk kesehatannya mereka rajin membayar iuran BPJS dan beberapa waktu kadang iuran bulanan BPJS tidak dibayar. Maka setiap peserta BPJS tetap harus membayar kewajiban yang dibebankan ketika jarang membayar iuran BPJS.

Maka dari kita harus tahu berapa tagihan iurang BPJS Kesehatan yang harus dibayar ketika sudah lama tidak memayaran iuran bulananannya.

Sebelum mengecek tagihan BPJS kesehatan baiknya anda terlebih dahulu mengecek status keatifkan kepesertaan anda di BPJS Kesehatan. Admin pernah mengulasnya bagaimana cara mengecek status keaktifan BPJS Kesehatan anda apakah masih aktif atau tidak

Baca Juga : Cara cek aktif atau tidak status kepesertaan anda di BPJS Kesehatan


Ada beberapa cara untuk mengetahui berapa tagihan BPJS kita yang harus dibayarkan apabila kita tidak tahu jumlah yang harus dibayar.

Cara Mengetahui Tagihan BPJS Kesehatan yang Harus Dibayar

1) Cek Tagihan BPJS Melalui Kantor BPJS Setempat

Cara mudah untuk mengetahui tagihan BPJS Ksehatan adalah dengang mendatangi kantor BPJS septempat. Agar anda tidak antri terlalu banyak tentu cara yang paling jitu adalah datang lebih awal untuk mengambil nomor tiket antrian.

Anda bisa menemui bagian CS nya atau customer servicenya dan tannyakan maksud dan tujuan anda pada pegawainya. Bawalah data penting seperti kartu BPJS atau dokumen-dokumen bukti pembayaran terakhir


2) Cek Tagihan BPJS Melalui ATM Bank

Cara berikutnya untuk cek tagihan BPJS adalah melalui ATM bank. Apabila anda mempunyai bank dan mempunyai ATM anda bisa mengecek tagihan BPJS ini melalui cara ini.

Anda tinggal memasukkan ATM pilih menu BPJS dan ikuti intruksi selanjutnya sehingga muncul jumlah iuran BPJS Kesetahan yang harus dibayarkan.

3) Cek Tagihan BPJS Melalui Aplikasi BPJS Kesehatan yaitu JKN mobile

Cara selanjutnya yaitu dengan cara instal aplikasi JKN mobile. BPJS Kesehatan terus berbenah untuk meningkatkan pelayanannya salah satunya untuk memudahkan peserta BPJS untuk mengetahui tahigan iurannya.

Aplikasi JKN mobile bisa anda donwload melalui play store bagi pengguna smartphone android, dan app store bagi pengguna apple. Anda tinggal mendownload secara gratis dan membuat akun dengan nomor BPJS anda sebelumnya.

Apabila sudah mempunyai akun tinggal anda masuk menggunakan akun yang telah terdaftar dan cari informasi tentang iuran BPJS biasanya ada jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

4) Cek Tagihan BPJS Melalui SMS Gateway

Salah satu teknologi palayanan yang ditawarkan BPJS kesehatan adalah SMS gateway cara ini sangat mudah anda tinggal di nomor sms gateway dari BPJS keshatan dengan format TAGIHAN (SPASI) BPJS Kesehatan lalu kirim di nomor tersebut.

Nomor SMS gateway dari BPJS Kesehatan adalah 087775500400


Sebagai contohnya untuk pengiriman sms gateway untuk mengecek tagihan BPJS adalah sebagai berikut :

Ketik :

TAGIHAN (spasi) 089383848494

Kirim ke :

087775500400

Anda tinggal menunggu sms balasan dari sms geateway BPJS Kesehatan untuk memperoleh informasi berapa nominal iuaran yang harus dibayarkan. Dan anda harus bersabar dengan cara ini karena lalu lintas pengguna SMS ini sangat banyak kadang responnya sangat lama.

5) Cek Tagihan BPJS Melalui Website

Berikutnya cara cek tanggungan iauran BPJS kesehatan melalui situs resmi BPJS Kesehatan. Silahkan klik tautan situs BPJS Kesehatan

Cari menu iurang BPJS Kesehatan biasanya untuk bisa mengetahui jumlah iuran BPJS kesehatan anda harus memasukkan nomor peserta BPJS Kesehatan dan data-data yang lain serta yang akhir adalah data validasi.

Setalah meninputkan data-data yang ditanyakan dan input validasi dengan benar anda akan memperoleh informasi jumlah tagihan yang harus dibayar.

6) Cek Tagihan melalui Kantor POS

Cara yang ke enam adalah untuk mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan adalah dengan mendatangi kantor pos terdekat dengan tempat anda. Kantor adalah salah satu mitra dari BPJS kesehatan salah satunya menerima iuran bagi Peserta BPJS.

Apabila tempat tinggal anda lebih dekat dengan kantor pos mungkin cara ini adalah cara yang paling efisien dari pada cara yang lain.

Anda tinggal membawa kartu BPJS kesehatan anda untuk melihat datanya. Nanti pegawai kantor pos akan menanyakan nomor peserta BPJS anda.

7) Cek tagihan BPJS Kesehatan melalui @BPJSKesehatanRI

BPJS juga punya twiter yang berguna salah satunya untuk mengecek jumlah iuran yang harus dibayarkan. Melalui akun twiter @BPJSKesehatanRI anda bisa mengajukan pertanyaan anda.

Melalui twiter tersebut anda bisa direct message atau DM admin dari BPJS Kesehatan tersebut. Dan biasanya admin akan menanyakan nomor BPJS anda, nama dan tanggal lahir.

Anda harus bersabar dengan cara ini karena tentu yang mengajukan pertanyaan tidak hanya anda saja namun juga pengguna twiter yang lain pasti juga mengajukan pertanyaan tentang seputar BPJS Kesehatan. Tunggu beberapa menit untuk mendapatkan balasannya.

8) Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui Marketplace

Tentu anda sudah mendengar bahkan kenal atau saat ini menjadi reseler salah satu marketplace tersebut. entah itu Tokopedia, Bukalapak atau yang lainnya karena marketplace ini juga melayani pembayaran dan cek tagihan iuran yang harus di bayar peserta BPJS Kesehatan.

Silahkan cari menu BPJS masukkan data diri anda seperti nomor BPJS dan lain-lain lalu enter dan tunggu proses informasi yang ditampilkan.

9) Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui Indomart dan Alfamart

Cek tagihan BPJS kesehatan yang ke sembilan adalah melalui salah satu toko modern tersebut. Indomart dan Alfamart merupakan minimarket yang banyak tersebar didaerah yang juga melayani berbagai macam pembayaran apapun salah satunya BPJS Kesehatan.

Apabila anda hanya ingin sekedar tahun berapa tagihan anda pada BPJS kesehatan silahkan datang ke salah satu minimarket tersebut dan jangan lupa membawa kartu peserta BPJS kesehatan anda dan minta tolong salah satu pegawai untuk mengecekkan tagihan iuran BPJS anda.

10) Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui toko atau konter pembayaran multi guna

Mungkin anda pernah melihat di tepi jalan sebuah toko atau konter yang melayani pembayaran apapun. Nah apabila disitu juga melayani pembayaran BPJS kesehatan secara otomatis toko atau konter tersebut bisa mengecek tagihan pembayaran iurang BPJS anda.

Mudahnya anda tidak harus antri dibanding kita mengecek melalui kantor BPJS dan cara yang diatas yang saya sebutkan.

Baca Juga : Manfaat BPJS Kesehatan bagi masyarakat


Semoga tulisan tentang cara cek tagihan BPJS kesehatan ini bisa bermanfaat dan berguna. Apabila ada pertanyaaan mengenai cek iuran BPJS Kesehatan silahkan tinggalkan pertanyaan melalui kolom komentar dibawah.

Apabila ada kesulitan mengecek tagihan BPJS Kesehatan melalui salah satu cara diatas anda bisa menggunakan cara lain. Atau anda bisa membandingkan dari berbagai cara diatas apa benar tagihan BPJS anda yang harus harus dibayarkan. Dengan tujuan informasi benar-benar akurat dan sama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan yang Mudah Tanpa Ribet"

Posting Komentar

--> Berkomentarlah secara bijak dan sopan
--> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel