Cek Status BPJS Aktif atau Tidak disini Panduan Lengkapnya

Salah satu kepedulian pemerintah terhadap kesehatan rakyatnya adalah diberikan pelayanan yang baik dan prima. Melalui BPJS Kesehatan setiap warga berhak dan wajib untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Cek Status BPJS Aktif

Pada Kesempatan kali ini admin blog ini akan membagiakan bagaimana mengetahui status keaktifan keanggotaan kita pada BPJS Kesehatan.

Kesehatan adalah hal pokok yang dibutuhkan setiap orang dengan mempunyai kesehatan yang baik orang akan bisa beraktifitas dengan baik tanpa mengeluh apa yang menjadi halangan dalam beraktifitas.

Setiap warga negera berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak untuk memenuhi dasar negera yaitu keadilan seluruh rakyat indonesia tanpa mengenal status, jabatan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Manfaat BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang perlu diketahui


Dari informasi yang ada bahwa setiap orang yang sudah mendaftar BPJS kesehatan maka selamanya akan terdaftar sebagai peserta BPJS, dan setelah menjadi peserta maka akan menjadi kewajiban bagi orang tersebut membayar sejumlah iuran BPJS Kesehatan sesuai kelas yang didaftarkan.

Dan akan menjadi pengecualian apabila orang tersebut mendapat bantuan atau penerima bantuan dari pemerintah.

BPJS Kesehatan akan bisa digunakan apabila status keaktifan dari peserta BPJS apabila statusnya tidak aktif maka orang tersebut tidak berhak mendapatkan pelayanan yang ditanggung biayanya oleh BPJS.

Adapun penyebab status keaktifannya tidak aktif pada kepesertaan BPJS Kesehatan antara lain adalah :

1) Orang tersebut mempunyai tunggakan pada iuaran BPJS Kesehatan.

Apabila anda sudah terdaftar menjadi anggota atau peserta BPJS sebaiknya anda rutin membayar iuran sebesar kelas yang anda daftarkan. Mungkin kalau dulu apabila kita tidak membayar iuran beberapa bulan masih bisa ditolerir dengan membayar sejumlah tunggakan dan dendanya kepesertaan BPJSpun selalu aktif.

Namun menurut peraturan yang terbaru bahwa peserta BPJS Kesehatan yang telat membayar walau hanya terlewat satu bulan akan dinyatakan non aktif untuk keanggotaannya.

2) Ada salah satu anggota keluarga yang ikut dalam BPJS Kesehatan menunggak iuran

Dari peraturan yang sekarang bahwa setiap orang yang mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan maka wajib mendaftarkan seluruh anggota keluarganya untuk menjadi peserta BPJS kehatan.

Dan tidak baiknya kalau seleuruh anggota menjadi peserta BPJS tentu iuran yang dikeluarkan dalam satu keluarga tentu lebih banyak dari pada iuran sendiri.

Apabila ada satu orang keluarga yang tercatat dalam satu KK menunggak iuran maka pihak BPJS akan menonaktifkan kepesertaannya dan anggota BPJS yang ada dalam satu KK tersebut hampir bisa dipastikan akan dinonaktifkan kepersetaannya untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan.

3) Peserta tidak segera membayar iuran pertama sejak mendapatkan akun setelah pendaftaran.

Ketika seseorang pertama kali mendaftarkan diri sebagai calon peserta BPJS Kesehatan maka setelah selesai mendaftar akan mendapatkan akun sementara atau virtual akun. Virtual akun ini untuk membayar iuran pertama pada kepersetaannya sebagai peserta BPJS kesehatan. Biasanya iuaran bisa dibayar setelah 14 hari sejak mendaftar sebagi peserta.

Jadi apabila anda baru mendaftar sebagai peserta BPJS sebaiknya anda langsung membayar sejumlah tagihan yang di berikan oleh BPJS kepada anda. Apabila tagihan tersebut sudah dibayar otomatis keanggotaan anda sebagai peserta BPJS telah aktif.

Dan yang banyak terjadi dilapangan adalah banyak peserta BPJS Kesehatan yang jarang membayar tagihan atau iuran setiao bulannya karena sudah merasa tidak dibutuhkan lagi.

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab non aktif kepesertaan BPJS Kehatan. Selanjutnya bagaiaman mengetahui status keatifkan BPJS kita. Disini kita akan mengulasnya secara lengkap dan semoga mudah dipahami.

Cara Cek Status Keaktifan sebagai Peserta BPJS Kesehatan

1) Cek status keaktifan peserta melalui online

Salah satu kemajuan dari BPJS kita bisa mengecek status keaktifan kepersetaan kita mnejadi anggota BPJS melalui cara online. Berikut cara cek nya melalui online
a) Kunjungi situsnya melalui situs BPJS Checking
b) Masukkan Nomor Kartu, Tanggal Lahir dan Angka falidasinya kemudian tekan tombol Cek
c) Apabila berhasil maka data anda akan tampil pada keterangan dibawahnya.

Cek Status BPJS Aktif

Dan apabila data anda tidak tampil pada keterangan dibawahnya berarti status keatifan anda tidak aktif atau inputan yang anda masukkan salah. Silahkan ulangi beberapa kali

2) Cek status keaktifan BPJS melalui Call Center BPJS 1500400

Selanjutnya apabila cara pertama belum berhasil silahkan anda coba cara kedua ini yaitu menghubungi nomor call center BPJS kesehatan untuk menanyakan keanggotaan anda.

Cek Status BPJS Aktif


Biasanya mereka akan menanyakan nomor kartu peserta BPJS anda maka dari itu siapkan kartu BPJS anda sebelum menghubungi nomor call center tersebut agar ketika ditanya anda tidak mencari-cari dokumennya atau kartunya.

Selain itu anda juga bisa menanyakan hal lain yang bersangkutan dengan BPJS. Jadi call center BPJS manfaatkan untuk mengetahui apa saja yang anda belum paham tentang BPJS kesehatan.

3) Cek keaktifan Melalui Kantor BPJS Setempat

Seperti pelayanan-pelayanan umum yang lain cara satu dan cara dua diatas bisa tidak berhasil karena padatnya penggunaan melalui jalur-jalur tersebut yaitu melalui online dan call center sehingga hasilnya kurang maksimal.

Cek Status BPJS Aktif


Ada cara yang ketiga apabila kebutuhannya mendesak anda bisa menanyakan melalui kantor BPJS disekitar tempat tinggal anda.

Untuk menhindari antrian alangkah baiknya datang lebih awal serta membawa dokumen yang diperlukan.

Silahkan temui petugas yang melayani di bagian keluhan pelanggan. Tanyakan apa yang menjadi kebutuhan misalanya untuk mengecek keatifkan Peserta BPJS anda.

4) Cek Status keatifan peserta BPJS Melalui SMS ke 087775500400

Dan yang terakhir untuk mengecek keaktifan peserta BPJS Kesehatan dengan menggunakan format SMS.

Cek Status BPJS Aktif


Ada tiga format yang disediakan untuk mengecek keatifkan peserta BPJS antara lain menggunakan NIK e-KTP, Nomor kartu BPJS kesehatan dan NIP yaitu nomor induk pegawai. Untuk format lengkapnya anda bisa menggunakan contoh format SMS dibawah ini.

a) Format SMS dengan menggunakan Nomor BPJS

NOKA (Spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan

b) Format SMS dengan menggunakan NIK e-KTP


NIK (Spasi) Nomor Induk Kependudukan

c) Format SMS dengan menggunakan NIP

NIP (Spasi) Nomor Induk Pegawai 

Setelah menggunakan format salah satu SMS diatas kemudian kirim ke nomor 087775500400

Kemudian anda tinggal menunggu balasan sms dari BPJS kesehatan yang menginformasikan tentang status anda sebagai peserta BPJS.



Baca Juga : Apa itu BPJS Ketenagakerjaan, disini penjelasannya 


Demikian informasi mengenai cara mengetahui status keaktifan anda sebagai peserta BPJS Kesehatan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda yang saat ini sedang membutuhkan informasi tentang BPJS.

Apabila ada pertanyaan seputar cara cek status BPJS aktif atau tidak anda bisa meninggalkan pertanyaan melalui komentar dibawah. Dan jika anda mempunyai cara lain untuk mengecek status kepersertaan keatifan BPJS silahkan bagikan disini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cek Status BPJS Aktif atau Tidak disini Panduan Lengkapnya"

Posting Komentar

--> Berkomentarlah secara bijak dan sopan
--> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel