Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Copy Data Excel Dari Vertikal Ke Horisontal dan Sebaliknya

Halo pecinta program Microsoft Excel pada postingan kali ini saya akan membagikan tips simpel cara copy data di excel dari vertikal ke horisontal ataupun sebaliknya copy data dari horisontal ke vertikal.



Sebenarnya cara yang akan di ditulis ini merupakan permasalahan saya sendiri yang cukup lama ingin mengetahui jawabanya.

Dan sampai pada akhirnya secara tidak sengaja menemukan jawabannya cara mengkopi data excel dari vertikal ke horisontal ataupun sebaliknya.

Untuk itu saya perlu juga mendokumentasikan cara ini agar setiap terlupa bisa mencari di blog saya sendiri tentang cara copy dari vertikal ke horisontal di microsoft excel ini.

Baca juga : Cara memisahkan tempat dan tanggal lahir pada microsoft excel


Dan juga semoga postingan ini juga bisa bermanfaat untuk pembaca yang sedang berkunjung di blog sederhana ini untuk mencari jawabannya.

Baiklah kita langsung saja cara menggunakannya.

Bagi teman-teman yang sedang mencari cara mengkopi data excel dari horisontal ke vertikal atau sebaliknya bisa mencoba cara yang saya gunakan dibawah ini barang kali bisa membantu.

Cara Copy Data Excel dari Vertikal ke Horisontal


Sebagai contoh kasus saya mempunyai data hari yang berbentuk vertikal atau dari atas ke bawah. Dan saya akan mengkopi data hari tersebut secara horisontal atau dari samping kiri ke arah kanan.

Bahasa mudahnya data hari yang berbentuk mulai dari atas ke bawah dan akan saya copy kan atau gandakan menjadi data horisontal dari arah kiri ke arah kanan.

Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat contoh datanya pada gambar dibawah ini.

Berikut cara yang saya gunakan untuk mengubahnya :


1)  Blok semua data yang akan digandakan secara vertikal ataupun horisontal seperti pada gambar dibawah ini.

2) Kemudian copy data tersebut silahkan menggunakan tombol Ctrl + C atau dengan menggunakan ikon Copy yang disediakan oleh microsoft excel. Lalu letakkan kursor pada tempat yang di inginkan.

3) Nah untuk hasil agar data bisa berbentuk horisontal atau vertikal silahkan gunakkan Paste Special  yang berada pada menu Paste. Untuk memunculkan jendela paste special gunakan tanda segitiga dibawah ikon dan tulisan Paste klik satu kali. Lihat pada gambar dibawah.



3) Lalu akan muncul jendela baru yaitu jendela Paste Special, seperti pada gambar dibawah ini. Lalu centang pada menu Transpose setelah itu klik tombol OK.



4. Jika berhasil copy paste specialnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini. Dari data vertikal berubah menjadi horisontal.



CATATAN ….


Sekali lagi contoh yang saya uraikan disini mengubah bentuk dari vertikal ke horisontal.

Apabila teman-teman mempunyai data excel berbentuk horisontal yang mau di copy paste ke arah vertikal caranya juga sama seperti yang saya uraikan diatas.

Baca Juga : Cara Membuat tombol Cetak pada Microsoft Excel


Jadi data excel berupa vertikal maupun horisontal bisa diubah dengan cara diatas.


Sangat mudah bukan… 


Saya juga tak mengira caranya semudah itu. Memang kalau cara mudahpun kalau tidak tahu caranya pasti akan sulit.

Demikianlah artikel cara copy data excel dari vertikal ke horisontal atau dari horisontal ke vertikal dapat saya bagikan.

Semoga bisa dipahami dan bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan tutorialnya.

Posting Komentar untuk "Cara Copy Data Excel Dari Vertikal Ke Horisontal dan Sebaliknya"