Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Panduan Super Lengkap] Cara Membuat Postingan di Blogger untuk Pemula

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat postingan di blogger, Mengapa kita harus membuat postingan? Karena membuat postingan akan meningkatkan kualitas blog kita dimesin pencari.


Cara Membuat Postingan di Blogger


Sebuah blog selain dinilai memiliki konten yang berkualitas adalah pemiliknya selalu rutin mengupdate artikel-artikel didalam blog itu sendiri.

Jadi jika anda berkomitmen untuk membuat blog, maka anda juga harus rajin menerbitkan artikel secara rutin sesuai kemampuan anda.

Setelah sebelumnya kita belajar bagaimana membuat blog di blogger, kali ini kita akan mengupas secara lengkap cara membuat artikel yang baik di blogger.


Panduan cara membuat postingan di blogger untuk Pemula


Dibawah ini langkah-langkah dalam membuat postingan untuk blog anda. Sebelum membuat postingan pahami dulu tool-tool yang ada di editor blogger, agar anda bisa menggunakannya secara maksimal.


1.  Memulai membuat Postingan


Ketika artikel ini ditulis, tampilan dasboard blogger sudah berubah sehingga tutorial ini menyesuaian dengan tampilan yang baru.

Untuk membuat artikel klik pada menu +Postingan Blogger seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Postingan di Blogger

Maka setelah anda klik menu tersebut akan tampil editor postingan blog yang terbaru. Tampak seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Postingan di Blogger



2.  Fungsi Menu Editor


Sebelum memulai mengetik artikel sebaiknya anda kenali menu-menu yang disediakan oleh blogger. Kurang lebih menunya seperti dibawah ini.

Cara Membuat Postingan di Blogger



Kita mulai dari kiri ke kanan fungsi dari toolbar editor blogger tersebut


Group Kesatu

2.1 Ada dua mode yang bisa anda pilih yaitu Tampilan Menulis (Compose) dan Tampilan HTML
  • Tampilan Menulis / Compose adalah tampilan editor untuk menulis teks seperti anda menulis di microsoft word atau editor yang lain. Saya sarankan bagi anda yang masih pemula gunakan tampilan ini. Secara default Tampilan Menulis/ Compose adalah tampilan yang disajikan pertama kali di pakai.
  • Tampilan HTML adalah editor ini penggunaannya berkenaan dengan kode-kode HTML, Jika anda masih awam jangan menggunakan tampilan ini kecuali anda sudah menguasai dasar-dasar HTML.

Group Kedua

2.2 Menu Undo digunakan untuk membatalkan perintah yang dilakukan sebelumnya, sama seperti penggunaan di microsoft word.

2.3 Menu Redo digunakan mengulang perintah yang telah digunakan sebelumnya

2.4 Menu Jenis Font (Ikon bentuk huruf A) adalah menu yang digunakan untuk mengganti font yang ingin ditampilkan dihalaman blog

2.5  Menu Ukuran Font (Ikon dalam bentuk huruf T) adalah menu untuk besar kecil ukuran huruf mulai dari ukuran kecil, sedang, normal, besar dan terbesar

2.6 Menu Paragraf berfungsi untuk memberi tag heading pada teks atau blog yang digunakan, pada paragraf terdapat pilihan tag heading sebagai berikut :
  • Judul Utama (H1)
  • Judul (H2)
  • Sub Judul (H3)
  • Judul Kecil (H4)
  • Paragraf
  • Normal
Biasanya H1 sampai H4 itu digunakan untuk menempatkan kata kunci utama atau keyword serta kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang di bidik.


Group Ketiga

2.7 Menu Bold berfungsi untuk menebalkan huruf

2.8 Menu Italic digunakan untuk memberi efek miring pada teks

2.9 Menu Underline digunakan memberi efek garis bawah pada teks atau kalimat

2.10 Menu Coret / Striketthrough untuk memberi efek coret pada teks artikel

2.11 Menu Text Color / Warna Teks berfungsi memberi warna pada teks

2.12 Menu Text Background Color / Warna belakang teks yaitu memberi warna pada backgroung teks yang dipilih


Group Keempat

2.13 Menu Sisipkan dan Edit Link / Add or remove link Berguna untuk memasukkan link dari situs lain atau link artikel yang relevan pada artikel yang anda dibuat.

2.14 Memasukkan Gambar / Insert Image yaitu untuk memasukkan gambar pada artikel. Sebaiknya dalam membuat artikel minimal masukkan satu gambar yang mendukung.

2.15 Memasukkan Video / Insert Video yaitu memasukkan video yang relevan untuk mendukung kualitas dari artikel yang anda buat. Sumber video bisa youtube dan lain-lain

2.16 Memasukkan Karakter / Insert Karakter berfungsi untuk memasukkan emoji pada teks 😏


Group Kelima

2.17 menu Alignment / perataan teks berisi mengatur paragraf atau teks ke rata kiri, rata tengah, rata kanan dan rata kanan kiri.

2.18 Tambahkan Inden/ Increase Indent berguna untuk memasukkan teks menjorok ke dalam,

2.19 Kurangi Inden / Decrease Indent berfungsi mengatur teks menjorok kearah keluar kiri.


Group Keenam

Group ini berisi antara lain :

2.20 Bullet List / Daftar Berbutir berfungsi memberi nomor berbentuk simbol

2.21 Number  List/ Daftar Bernomor berfungsi memberi nomor berbentuk angka

2.22 Quote / Kutip Teks Berguna untuk memberi tanda kutip pada teks

2.23 Insert Jump Break / Sisip batas postingan Berguna untuk memberi batas postingan. Biasanya pengaruhnya ke tampilan menu home

2.24 Remove Format / Hapus Format adalah menu yang berguna untuk menghapus semua format di postingan.

Setelah mengetahui kegunaan tool editor pada blogger silahkan memulai untuk mengetik artikel yang akan anda buat.

Cara Membuat Postingan di Blogger


Pertama silahkan masukkan judul, Sebaiknya judul mengandung keyword yang anda bidik dan buatlah judul yang semenarik mungkin sehingga pembaca tergerak untuk membaca artikel anda. Jika anda bingung menentukan judul artikel silahkan baca 9 tips membuat judul yang menarik.

Kedua Jika judul sudah selesai berikutnya adalah membuat artikel, Artikel yang menarik adalah artikel yang membuat pembacanya betah berlama-lama membaca semua artikel dalam postingan anda.  Buatlah artikel yang berkualitas silahkan baca panduannya pada cara membuat artikel berkualitas

Ketiga, Pada setelan artikel atur sesuai dengan kebutuhan seperti Label, Tautan Permanen, Deskripsi Penelusuran

3. Mengatur Setelan Postingan di Blogger

Ketika anda telah menulis judul dan isi artikel langkah berikutnya adalah mengatur beberapa setelan menu yang ada di sebelah kanan postingan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

[Gambar setelan]

3.1 Label berfungsi untuk mengkatagorikan artikel-artikel yang telah anda buat, dengan adanya label ini untuk memudahkan pengunjung blog anda ketika ingin mencari topik tertentu dalam blog anda.

3.2 Publikasikan berfungsi mengatur waktu diterbitkannya artikel, jadi anda bisa mengatur kapan artikel anda ingin diterbitkan sesuai tanggal yang anda inginkan.

3.3 Permalink berfungsi untuk memasukkan url dari artikel yang anda buat.  Pada permalink ini ada dua pengaturan yaitu secara otomatis dan manual.

Permalink Otomatis : Permalink atau url postingan secara otomatis terbentuk ketika anda selesai membuat postingan.

Permalink Khusus : Permalink yang dibuat secara manual. Biasanya tergantung nama keyword yang dibidik (saya lebih suka menggunakan manual karena lebih tertarget keywordnya)

Contoh penggunaan permalink silahkan lihat pada gambar dibawah ini, dan bedakan antara keduanya

Contoh Permalink Otomatis


Cara Membuat Postingan di Blogger

Permalink otomatis biasane langsung mengambil semua teks yang ada dijudul, Kelemahannya adalah jika judulnya agak panjang maka akan terpotong otomatis. Jumlah permalink pada blogger kurang lebih 75 karakter

Contoh Permalink Khusus


Cara Membuat Postingan di Blogger


Sedangkan permalink khusus anda bisa memasukkan keyword sesuai kebutuhan, semakin keyword berada pada url maka semakin bagus kekutan SEO artikel anda


3.4 Lokasi berfungsi untuk menentukan target dari pembaca blog anda. Hal ini bisa anda lewatkan apabila target anda masih lokal.

3.6 Deskripsi Penelusuran berguna untuk meningkatkan SEO keyword anda, agar mesin pencari juga mudah menemunkan artikele anda. Deskripsi penelusuran ini tidak muncul secara otomatis anda harus mengaktifkannya melalui Setelan -> Tag Meta -> Aktifkan Deskripsi Penelusuran.

Deskripsi penelurusan sebaiknya ada keyword didalamnya sehingga dapat membantu artikel anda untuk memudahkan mesin pencari menelusuri artikel anda.

3.7 Opsi yaitu untuk pengaturan tentang memberikan ijin kepada pembaca untuk memberikan komentar di artikel yang anda buat. Ada 3 opsi yang diberikan yaitu :
  • Jangan izinkan, sembunyikan yang telah ada
Centang pada ijinkan namun atur pada Selalu di moderasi sehingga apabila ada komentar yang tidak pantas atau menyisipkan link hidup kita bisa menghapusnya sebelum diterbitkan. Untuk pengaturannya silahkan baca pada artikel Cara setting pada bagian pengaturan blogger


4. Pratinjau dan Publikasikan Artikel


Cara Membuat Postingan di Blogger

Sebelum artikel diterbitkan atau dipublikasikan anda bisa melihatnya untuk sementara waktu melalui tombol Pratinjau. Apabila dalam tampilan pratinjau sudah sesuai keinginan anda bisa langsung menekan tombol Publikasikan.

Namun apabila masih ragu anda bisa menyimpannya sebagai draft untuk dipublikasikan lain waktu. Caranya klik pada tombol segitiga kecil seblah kanan tombol pratinjau. Kemudian klik tombol Simpan.


5. Video cara membuat postingan di blogger

Bagi yang masih bingun memahami cara membuat postingan di blog silahkan simak video yang ada dibawah ini. Untuk memudahkan memahami materi diatas dan semoga bisa lebih mudah memahami.





Demikianlah panduan cara membuat postingan di blogger ini bisa kami bagikan semoga bisa bermanfaat, Apabila ada pertanyaan dari artikel diatas silahkan tinggalkan pertanyaan anda pada kotak komentar dibawah ini.

Dan jika anda merasa terbantu dengan postingan ini jika tidak keberatan silahkan bantu share melalui media sosial yang disediakan dibawah ini.

Posting Komentar untuk "[Panduan Super Lengkap] Cara Membuat Postingan di Blogger untuk Pemula "