Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi File PDF tidak bisa di Print atau Cetak

Mengatasi File PDF tidak bisa di Print atau Cetak - Beberapa waktu lalu admin dimintai tolong seseorang untuk mencetak file PDF. Seperti biasa saya anggap seperti file file PDF yang lain yang tinggal cetak saja.

Cara Mengatasi File PDF tidak bisa di Print atau Cetak

Namun alangkah terkejutnya dan paniknya karena file tersebut segera dibuat untuk presentasi. Apa yang terjadi?

File PDF tersebut bisa dibuka tapi tidak bisa di cetak atau di print.

Baru kali ini nemuin kasus seperti ini, ya mungkin karena kerja saya tidak terlalu sering menggunakan file PDF sehingga jarang menemui kasus file PDF tidak bisa di print.

Maka juga tidak kekurangann akal berbagai cara telah admin upayakan seperti :
  1. Menyimpan ulang kembali ke PDF juga namun hasil gagal.
  2. Membuka file PDF yang tidak bisa di cetak itu dengan browser google chrome namun hasilnya masih nihil.
  3. Mengkonvert file PDF menggunakan nitro untuk di konvert ke file atau bentuk microsoft word hasil masih gagal juga karena harus memasukkan password.

Penyebab File PDF tidak bisa di Print atau di cetak

Pada kasus yang admin hadapi adalah file PDF tersebut ternyata memang di proteksi atau di password, sehingga ketika ingin dicetak file tersebut tidak bisa.

Begitu juga di konvert ke bentuk file lain seperti di konvert ke microsoft word atau excel atau sejenisnya. Maka file tersebut harus memasukkan password untuk bisa dikonvert.

Mungkin dari kasus lain bisa disebabkan juga selain dipassword juga bisa. Namun mungkin kebanyakan kasus PDF tidak bisa di cetak rata-rata file tersebut memang dipassword print PDF.

Karena memang disengaja oleh pembuatnya agar file tersebut tidak disalahgunakan atau di ubah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun kelemahannya juga ada….

… File PDF tersebut masih mudah untuk di buka proteksinya. Seperti pengalaman admin dalam membuka proteksi dari file PDF yang akan diuraikan caranya disini.

Yaitu caranya membuka proteksi atau password PDF dengan aplikasi online dan gratis juga. Untuk caranya akan kami tulis secara tuntas dihalaman ini.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk membuka password file PDF, namun admin cukup menggunakan cara yang akan di uraikan disini sudah sangat cukup karena kita tidak perlu instal aplikasinya hanya butuh koneksi internet saja.

Lalu bagaimana caranya ? …

… Sebelum membahas cara mengatasi file PDF tidak bisa di cetak ada beberapa artikel yang terkait yang mungkin anda membutuhkannya antara lain :
  1. Download aplikasi save PDF to Word
  2. Cara merubah file PDF to Word tanpa aplikasi
Oke mari kita bahas disini cara membuka password file PDF dengan menggunakan aplikasi dari pihak ke tiga :


Cara Mengatasi File PDF tidak bisa di Print atau di Cetak

1. Pertama silahkan kunjungi situs https://www.ilovepdf.com/unlock_pdf

2. Berikutnya siapkan file PDF yang terproteksi tadi. Jika sudah siap klik pada tombol Select PDF File

Seleksi file PDF terpassword

3. Silahkan cari lokasi file PDF tersebut yang terproteksi atau terpassword tadi. Jika sudah klik filenya lalu tekan open sehingga akan tampil file PDF anda seperti pada gambar dibawah ini.

Seleksi file PDF

4. Langkah berikutnya klik pada tombol unlock PDF, dan silahkan tunggu proses menghilangkan password pada file PDF tadi. Untuk lamanya tentu menyesuaikan dengan jumlah halaman yang di convert ya.

Tombol Unlock PDF

5. Jika berhasil maka akan muncul pemberitahuan “PDF files have been unlocked!” maka file PDF siap anda unduh dan siap di print.

Hasil PDF yang terpassword




Sebernanya situs ini tidak hanya berguna membuka proteksi PDF saja, banyak juga fitur-fitur gratis yang disediakan seperti :
  1. Merge PDF atau menggabungkan PDF
  2. Split PDF atau memisahkan beberapa PDF
  3. Mengkompres PDF atau mengecilkan ukuran
  4. Convert PDF ke model file yang di inginkan
Jadi silahkan eksplore lagi kebutuhan anda, juga anda bisa menyimpan atau bookmarks situs ini kedalam browser anda agar bila digunakan sewaktu-waktu tidak repot mencari-cari namanya.

Kadang memang lupa sendiri kalu tidak disimpan.


Hal-hal Yang perlu di Ketahui Sebelum Buka Proteksi file PDF.

Karena situs ini gratis penggunaannya maka penggunaannya juga akan dibatasi. Namun sejauh ini ketika saya unlock file PDF yang berisi 26 halaman masih bisa digunakan. Tapi tidak tahu kalau lebih dari jumlah tersebut.

Setahu admin dari beberapa situs online converter gratis, akan membatasi jumlah pemakaian atau yang lainnya.

Itu hanya pendapat admin saja tetapi anda bisa mencoba berapapun file PDF, karena kan gratis. Silah dicoba dan di coba. Kalau tidak bisa juga bisa beralih disitus lain yang juga menyediakan cara yang sama.

Oke mungkin itu saja yang bisa admin bagikan disini tentang cara membuka proteksi file PDF yang terpassword.

Jika anda punya cara lain selain cara diatas, silahkan share atau bagikan disini.

Semoga apa yang admin bagikan bisa bermanfaat dan berguna bagi anda. Apabila artikel ini bermanfaat dan berguna tidak ada salahnya untuk memberitahukan keteman-teman anda melalui tombol share yang telah kami sediakan diakhir artikel.

Apabila ada pertanyaan seputar file PDF yang terproteksi silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar yang kami sediakan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi File PDF tidak bisa di Print atau Cetak"