Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kompres PDF Sesuai Ukuran Yang Diinginkan [VIA ONLINE]

Jika anda ingin kompres PDF sesuai ukuran yang diinginkan seperti kompres PDF 100 KB, kompres PDF 200 KB, kompres PDF 300 KB, kompres PDF 500 KB ataupun kompres PDF 1 MB itu sangat mudah anda tinggal baca tutorialnya pada halaman ini.

Kompres Pdf Sesuai Ukuran Yang Diinginkan
kompres PDF sesuai ukuran yang diinginkan

Mungkin dari anda saat ini sedang mencari cara untuk memperkecil ukuran PDF sesuai yang anda butuhkan. Entah itu memperkecil menjadi 1 MB atau dibawahnya.

PDF singkatan dari Portabel Dokumen Format yaitu sebuah dokumen yang sebenarnya tidak bisa diubah kembali kecuali dengan software tertentu seperti Nitro Pro dan lain sebagainya.

Hasil ukuran PDF ketika di export dari microsoft word atau program lain tentu akan berbeda-beda ukurannya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi ukurang PDF itu menjadi besar.


Hal-hal yang bisa menyebabkan ukuran PDF besar, antara lain :

  1. Jumlah lembar dokumen yang akan di jadikan PDF, semakin banyak lembar dokumen akan semakin besar pula ukuran PDF yang dihasilkan.
  2. Isi dokumen, isi dokumen juga mempengaruhi ukuran PDF seperti gambar, diagram, grafik dan lain sebagainya.

Kedua hal diatas sangat mempengaruhi sekali akan hasil ukuran PDF dari dokumen.

Namun anda tidak usah risau dijaman serba canggih ini anda tinggal duduk manis di depan laptop atau komputer, atau hanya pakai HP saja cukup.

Lalu buka internet dan browsing sana sini maka secara otomatis solusi anda akan ada jawabannya, benar tidak?

Tentu saja hal yang disajikan hasil browsing perlu percobaan dan pembuktian juga. Karena tidak semua informasi yang disampaikan akan menyelesaikan dari permasalahan kita..

Lantas Bagaimana mengecilkan ukurang PDF ?

Sebelum melanjutkan mungkin tutorial dibawah ini membantu anda :
  1. Cara merubah PDF ke Word secara offline
  2. Cara mengatasi file PDF tidak bisa dicetak atau diprint 
Disini anda akan diberikan panduan atau tutorial cara kompres pdf sesuai ukuran yang diinginkan.

Walaupun banyak panduan atau tutorial di internet atau youtube memberikan tutorial cara kompres PDF yang sesuai angan-angan. Akan tetapi setelah dipraktekkan masih jauh dari apa yang anda inginkan. Ada yang mengalami seperti itu kan?

Saya juga pernah seperti itu praktik seperti apa yang di berikan pada tutorial di internet. Namun kenyataannya memang beda kita harus bisa seleksi program apa yang cocok dan sesuai dengan yang di inginkan.

Karena dokumen kita pasti beda dari segi isi dan jumlah lembar dokumen yang dipraktekkan.

Ada beberapa program yang bisa di gunakan untuk kompres PDF seperti Nitro PDF atau adobe reader.

Namun pada tutorial kali ini admin tidak menggunakan program-program tersebut akan tetapi pada tutorial kali ini admin akan memberikan tutorial kompres PDF dengan cara online dengan menggunakan layanan pihak ketiga.

Ada banyak situs layanan kompres PDF secara online antara lain sebagai berikut :

1. Ilovepdf.com
2. Smallpdf.com
3. Pdf2go.com
4. Tool.pdf24.org
5. Cleverpdf.com
6. Dan lain sebagainya

Dari pilihan situs penyedia layanan kompres pdf diatas dan telah admin coba satu-satu admin lebih merekomendasikan menggunakan tool.pdf24.org karena apa?

Ya karena kita bisa mengatur sesuai ukuran dan juga sebelum di download hasilnya pada situs tersebut kita juga tahu hasilnya seperti apa mulai dari ukuran resolusi dan lain-lain.

Seperti kita ketahui mengkompres PDF berarti mempengaruhi kualitas gambar dan teks pada dokumen yang di kompres.

Biar tidak terlalu panjang kata-katanya langsung kita praktikkan caranya langsung dibawah ini.


Cara kompres PDF sesuai ukuran yang di inginkan

  1. Silahkan siapkan file PDF yang akan di kompres ukurannya
  2. Silahkan buka situs tool.pdf24.com,, kurang lebih tampilannya seperti ini.

    situs kompres pdf sesuai keinginan

  3. Lalu klik pada pilih file dan cari file PDF yang akan kompres ukurannya setelah itu klik OK

    File yang akan di kompres pdf

  4. Setelah itu bisa anda lihat ukuran sebelum dan sesudah di compres, seperti contoh pada file ini ukurannya adalah sekitar 15MB.

    Ukuran asli file PDF

  5. Selanjutkan silahkan anda lihat pada pojok kiri bawah yang tertulis DPI dan kualitas gambar. Silahkan atur dengan mengurangi nilainya agar file PDF yang anda kompres bisa berkurang ukurannya. Sebagai contoh file 15 MB dengan setinggan DPI 60 dan kualitas gambar saya isi 40 ketika dikompres hasilnya menjadi 3,33 MB. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh dibawah ini.

    Proses kompres PDF sesuai keinginan

  6. Jika nilai hasilnya masih terlalu besar silahkan kurangi lagi nilai pada DPI dan kualitas gambarnya. Tetapi ingat semakin kecil nilainya maka hasil dokumen PDF dari kompres tersebut tentu akan semakin blur atau tidak jelas. Jika dirasa ukurannya sudah sesuai silahkan klik tombol unduh atau pratinjau terlebih dahulu.
Itulah tutorial cara kompres PDF sesuai ukuran yang di inginkan bisa 1 MB, 500 KB, 300 KB, 200 KB atau 100 KB sesuai ukurang yang dibutuhkan.

Perlu di ingat lagi jika anda ingin kompres file atau dokumen PDF harus imbang antara jumlah dokumen dengan kualitas gambar. Jangan hanya mengejar ukurang kecil tapi hasil dokumen atau file PDF tidak jelas.

Seperti yang pernah saya tulis diatas semakin banyak jumlah lembar dokumen dan gambar atau grafik pada dokumen maka itu menyumbang penuh ukuran PDF yang dihasilkan.

Mengapa anda saya anjurkan memakai tool diatas, karena tool diatas dari berbagai tool atau situs yang ada, dengan tool.pdf24.org ini anda bisa mengatur ukuran sesuai yang dikehendaki karena pengaturannya secara manual dan bisa diulang-ulang.

Semoga tutorial cara kompres PDF diatas bisa mudah dipahami dan mudah dipraktekkan. Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Kompres PDF Sesuai Ukuran Yang Diinginkan [VIA ONLINE]"