Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

# 5 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Jamin Untung

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga - Banyak ibu rumah tangga yang menekuni bisnis sampingan untuk menambah penghasilan keluarga dan ada juga yang menekuninya sebagai aktifitas tambahan untuk mengisi waktu santai didalam kesibukannya mengurus rumah tangga.

usaha sampingan bagi ibu rumah tangga yang menguntungkan
Ilustrasi usaha sampingan bagi ibu rumah tangga


Bisnis sampingan ibu rumah tangga ini tidak mengikat waktu dalam arti dikerjakan sewaktu-waktu tanpa mengganggu waktu untuk mengurus rumah tangga. Jadi bisnis ibu rumah tangga ini waktunya bebas.

Lalu bisnis seperti apa yang tidak menyita waktu ?

Bukankah semua bisnis akan menyita waktu untuk keluarga. Tidak jika anda mampu memanage waktu luang anda mana yang prioritas dan mana yang bukan. Dan sebenarnya bisnis ini pun jika dijalankan maka tidak akan tersita waktu anda untuk anak-anak anda.


Dan saya yakin bahwa setiap orang memiliki kelebihan masing-masing termasuk juga para ibu-ibu rumah tangga yang hebat dan kuat. Anda tidak harus mengubur bakat anda setelah menjadi ibu rumah tangga justru dengan bakat anda mungkin akan menjadi kesuksesan keluarga anda.

Jadi manfaatkan keahlian anda untuk membangun bisnis sebagai ibu rumah tangga. Membangun bisnis atau usaha tidak harus bermodal besar, anda bisa meminjam teman, saudara atau keluarga anda. Dan kalau bisa sebisa mungkin untuk menghindari utang dari bank.

Berikut Usaha sampingan bagi Ibu Rumah Tangga yang menguntungkan :


# 1. Usaha Jus Buah


Saya pernah melihat tetangga saya jualan jus buah dengan harga yang murah tapi tidak murahan. Yang menurut saya tertarik adalah biasanya seorang yang usaha jus buah memiliki rombong untuk display buah-buahannya tetapi tetangga saya ini hanya memakai meja yang tidak terpakai dan membuat kotak kaca sebagai display buah-buhannya dan itu pun tidak terlalu besar.

Yang membuat penasaran saya adalah display yang sesimple itu kenapa bisa laris? Ternyata selain setelah saya mencobanya dan menganalisa adalah harga murah, dan rasa tidak mengecewakan untuk harga yang bisa dibilang murah.

Jadi jika ingin usaha jus buah maka tidak harus punya rombong untuk mendisplay buah-buahnya gunakan meja dan kotak kaca seadanya pokoknya usaha anda bisa dilihat bahwa anda sedang menjual jus buah.

# 2. Usaha Kuliner


Mungkin bisnis ini cocok untuk Ibu-ibu yang pandai memasak atau suka bidang masak memasak. Anda bisa membuat makanan keringan seperti jajan yang biasa dibuat pada hari raya kemudian pasarkan kepada teman-teman terdekat dulu untuk mencoba penerimaan pasarnya apa disukai atau sebaliknya. Kalau disukai berarti usaha tersebut anda bisa kembangkan yang lebih besar.

Atau anda bisa membuat usaha katering kecil-kecilan misalnya makan siang kantor atau sekolah. Seperti yang saya uraiakan pada paragraf diatasnya baiknya pasarkan dulu pada teman-teman anda yang bekerja di kantor atau di sekolah. Kalau dapat diterima secara positif anda bisa mengembangkan dengan membuat brosur atau proposal untuk ditawarkan ke instansi-instansi pemerintah atau swasta.


# 3. Usaha Jual Pulsa dan Pembayaran Online


Pada jaman ini teknologi semakin canggih dan serba instan salah satunya adalah pembayaran tagihan entah itu telepon, air PDAM, listrik, dan tagihan-tagihan yang lainnya.

Jika anda seorang ibu rumah tangga yang mempunyai cukup waktu luang ada baiknya bisnis ini dicoba dan biasanya bisnis pembayaran online ini dibarengi dengan usaha jual pulsa dan paket internet. Saat ini paket internet juga bersaing harga dan kuota maka tidak salahnya bisnis ini anda coba.

Anda tidak harus bingung mencari agen yang murah dan proses cepat. Yang penting tempat anda sudah bisa dilihat oleh orang pada umumnya maka lama kelamaan akan ada sales produk kartu datang menawarkan pulsa atau paket internet jadi tunggu apa lagi silahkan anda coba bisnis anda.

# 4. Usaha Kerajinan Tangan


Apakah anda seorang ibu yang mempunyai kreatifitas tinggi. Jika anda memang mempunyai keahlian bidang tertentu misalnya kerajinan tangan maka jangan anda simpan saja keahlian anda. Buat keahlian anda menjadi keuntungan dengan cara menjual produk anda secara online.

Buatlah kerajinan yang unik dan menarik kemudian coba upload pada media sosial terus lihat respon dari teman-teman anda. Upload dibeberapa media sosial seperti facebook, instagram dan twiter. Karena media sosial itu yang saat ini paling digandrungi orang indonesia.

Atau anda bisa memasarkannya melalui market place seperti tokopedia atau bukalapak selain gratis market place itu merupakan tempat-tempat berkumpulnya para UKM indonesia.

# 5. Menjadi Penulis Online


Penulis online didunia maya sangat banyak, entah itu sebagai blogger, atau penulis pada media-media online lainnya. Tapi saya menyarankan anda menjadi seorang blogger karena seorang blogger bisa menulis apapun yang penting isi tulisan itu bermanfaat bagi yang membaca.

Tulis sebanyak-banyaknya yang sesuai pengalaman karena menurut saya tulisan dengan pengalaman penulis lebih menarik daripada menulis copy paste dari tempat lain.

Jika tulisan anda sudah banyak anda bisa mendaftarkan blog anda untuk kerjasama dengan google adsanse atau yang lainnya yang bersedia memasang iklan di blog kita.

Nah dengan iklan tersebut tampil di blog kita maka jika banyak orang yang merasakan manfaat dari tulisan kita yang ditulis diblog maka peluang mendapatkan uang dari iklan akan besar.


Semoga artikel tentang bisnis dan usaha sampingan untuk ibu rumah tangga ini bisa bermanfaat bagi pembaca yang saat ini sedang bingung mencari bisnis yang cocok untuk mengisi waktu luang anda di sela-sela kesibukan anda.

Kalau anda tekun dan sabar maka bentuk bisnis atau usaha apapun akan dapat keuntungan selain materi maka anda akan memperoleh ilmu baru jadi tekuni dulu usaha yang jalan saat ini. Buat target untuk mengetahui perkembangan bisnis anda jangan sampai anda sebentar-sebentar ganti usaha sebelum usaha yang anda jalankan saat ini anda maksimalkan.

Posting Komentar untuk "# 5 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Jamin Untung"