5 Market Place Terbaik di Indonesia Untuk Memasarkan Bisnis Anda

Semua orang ingin bisnisnya atau usahanya lancar dan laris namun juga tidak sedikit pula mereka bingung cara memasarkan usahanya tersebut. Kali ini massiswo akan mengulas cara memasarkan bisnis anda melalui market place terbesar di Indonesia. Walaupun gratis namun mereka sudah dipercaya kualitasnya oleh masyarakat dan lebih dikenal.

Mungkin bagi anda yang selama ini masih memasarkan usaha secara offline atau hanya main di lokal daerah sekitar anda tinggal maka selayaknya mulai hari ini silahkan dipertimbangkan untuk dikembangkan dan disiapkan untuk dipasarkan secara global atau secara online dan offline supaya keuntungan bertambah.

marketplace terbaik di Indonesia untuk memasarkan bisnis anda
marketplace terbaik di Indonesia untuk memasarkan bisnis anda


Tapi memang dibutuhkan tenaga tambahan untuk mengelola bisnis anda secara online mulai dari memasang barang yang akan dijual sampai dengan update stok sehingga barang yang dijual di online sama dengan keadaan barang yang ada. Mungkin diawal-awal waktu butuh tenaga ekstra namun jika sudah terbiasa.

Dengan menggunakan jasa mereka anda tidak perlu lagi membuat website toko online sendiri yang harga dan pengelolaannya memang dibutuhkan tenaga khusus untuk mengelolanya. Beda dengan marketplace yang telah eksis ini selain mudah cara penggunaannya tutorial-tutorial tentang cara penggunaan maupun permasalahan yang lain kebanyakan bisa dicari solusinya dengan mudah di internet.

Berikut market place atau toko online terbesar dan gratis untuk mengembangkan bisnis anda


1. Lazada


Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan bagian dari Lazada Group yang beroperasi di Asia Tenggara. Hingga tahun 2014, Lazada Group telah beroperasi di Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina dengan Singapura sebagai lokasi kantor pusat mereka.

Mungkin dengan pemasaran yang sangat gencar dan berbagai fitur didalamnya maka lazada Indonesia banyak dikenal dimasyarakat Indonesia. Dengan banyaknya produk yang dijual mulai dari pakaian sampai barang eletronik serta barang apapun tersedia di Lazada.

Ternyata di Lazada adalah penjualnya adalah perorangan juga bukan sebuah supermarket besar yang kita bayangkan. Mereka juga kumpulan penjual juga tapi bedanya Lazada mempunyai aturan yang ketat untuk bisa bergabung atau memasang produk anda di Lazada mulai dari SIUP atau sejenisnya karena mereka benar-benar tidak ingin mengecewakan para konsumen.

Namun walaupun begitu tidak sedikit juga konsumen yang komplain di Lazada atas layanan atau pembelian barang di Lazada misalnya kualitas barang atau gambar barang tidak sesuai apa yang ditampilkan atau difoto.

Akan tetapi jika anda sudah ada niat menjual secara online maka sebaiknya kejujuran, fast respon kepada pelanggan yang bertanya harus sigap agar kepercayaan konsumen terhadap toko anda membawa dampak positif sehingga konsumen datang lagi dan tidak takut untuk berbelanja di toko online anda.


2. Tokopedia


Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

Tokopedia hadir sebagai layanan toko online bagi pengusaha kecil yang ingin mengembangkan usahanya. Dengan daftar yang mudah hanya mengisi beberapa form yang disediakan maka anda dengat cepat dalam waktu beberapa menit sudah bisa memiliki toko online sendiri.
Jadi kalau anda tidak ingin ribet dalam membuat toko online pilihan di tokopedia adalah pilihan yang tepat selain gratis anda juga tidak diharus mempunyai SIUP atau berkas lainnya untuk mempunyai akun di Tokopedia.

Dan jika anda sudah puas atas layanan di Tokopedia maka di sini juga disediakan keanggotaan premium dimana pastinya produk-produk anda akan mengisi hasil pencarian teratas jika anda menjadi anggota premium.

Untuk calon pengusaha fitur yang disediakan oleh Tokopedia sudah sangat komplit mulai dari perhitungan harga pengiriman sampai layanan komplain sudah disediakan oleh Tokopedia.


3. Bukalapak


Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia[2] yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer).

Marketplace yang dominan warna pink ini hampir sama dengan Tokopedia yang juga menyediakan keanggotaan premium tapi pada dasarnya marketplace ini gratis untuk pengusaha kecil menengah yang ingin mengembangkan usahanya atau bagi anda yang ingin berniat berwirausaha dan menekuni bisnis online maka tidak ada salahnya anda memulainya dengan menggunakan marketplace bukalapak.

4. OLX


OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com dan berniaga.com) adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring.
Menurut saya olx kalau untuk jualan barang bekas terutama di lokal sangat menguntungkan dan kebanyakan OLX digunakan untuk menjual barang-barang bekas sesuai iklan yang pernah anda lihat di televisi.

Tapi OLX juga bisa menjual barang baru dan memang barang olx yang dijual memang diprioritaskan secara lokal saja.

5. Jualo


Jualo.com didirkan pada tahun 2014 atas inisiasi dari Chaim Fetter bersama teman-temannya, dan kala itu tim yang Ia miliki hanya terdiri dari 15 orang termasuk tim pengembang teknologi.

Pada Februari 2016, Jualo.com secara terbuka mengumumkan bahwa pihaknya resmi menggandeng Remco Lupker, salah satu pendiri Tokobagus, sebagai Senior Industry Advisor.

Jualo.com memberikan kontribusi bantuan bagi anak-anak kurang beruntung dengan mendukung Yayasan Peduli Anak.

Jualo.com hampir sama juga dengan OLX karena mengutamakan pembeli lokal saja.

Itulah beberapa marketplace yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan bisnis ataupun usaha anda karena semuanya juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga pilihannya kembali pada anda mana yang terbaik dan cocok dengan usaha yang saat ini anda jalankan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Market Place Terbaik di Indonesia Untuk Memasarkan Bisnis Anda"

Posting Komentar

--> Berkomentarlah secara bijak dan sopan
--> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel