Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Terbaru] Bisnis Sampingan Guru Modal Apa Adanya

Bisnis sampingan guru modal kecil - Mungkin sekarang banyak guru yang sudah sejahtera dengan adanya program sertifikasi guru namun juga tidak sedikit yang belum merasakan atau menerima program sertifikasi tersebut. Disini massiswo akan memberi jalan keluar bagi guru yang ingin menambah masukkan agar dapur tetap ngebul salah satunya adalah bisnis sampingan seorang guru.

Bisnis sampingan guru modal kecil
Bisnis sampingan guru modal kecil


Menurut saya walaupun guru gajinya masih dibawah standart UMK namun keberkahan menjadi seorang guru adalah suatu kenikmatan yang sangat luar biasa. Entah itu anda guru negeri maupun swasta maka nikmatilah jika sampai saat ini anda masih menjadi pengajar.

Lalu bisnis apa saja yang cocok untuk guru untuk menambah penghasilan :


1. Les Privat atau Bimbingan Belajar


Salah satu hal yang paling mudah bagi seorang guru untuk menambah pemasukan selain menjadi guru adalah membuka les privat atau membuka bimbingan belajar. Anda bisa mulai dengan mengiklankan jasa anda lewat olx atau promosi dari mulut ke mulut itu lebih ampuh dan tanpa biaya.

Atau anda bisa berpartner dengan teman guru anda untuk mendirikan sebuah bimbingan belajar dengan memasang tarif yang terjangkau dan nomor telepon yang mudah dihubungi agar orang bisa mengenal lembaga bimbingan belajar anda. Anda bisa juga dengan membuat brosur yang bisa anda titipkan ke sekolah-sekolah di sekitar lingkungan anda tinggal.

Baca juga : Bisnis untuk siswa sekolah


2. Blogger


Untuk point kedua ini tidak bisa dilalui dengan instan atau istilahnya langsung cair. Butuh waktu yang panjang dan banyak belajar.

Apa itu blogger? Bagi anda yang baru pertama mengenal istilah blogger mungkin kata itu sangat asing dan jarang didengar bagi khalayak umum bahkan mungkin bagi para pendidik seperti anda.

Blogger kalau bahasa simplenya adalah menulis artikel untuk di bagikan untuk dibaca secara online. Terus bagaimana untuk mendapatkan uangnya? Anda bisa mendaftarkan blog anda lewat google adsanse jika pengunjung anda sudah banyak dan stabil maka anda bisa mengumpulkan pundi-pundi dolar yang mungkin bisa mengalahkan gaji anda di sekolah.

Namun cara ini tidak instan butuh kesabaran dan ketekunan ekstra agar blog anda banyak pengunjung dan untuk itu anda harus menulis dengan kualitas yang baik

3. Jualan Kue dititipkan di warung


Mungkin ini cocok bagi Ibu guru, namun juga tidak menutup kemungkinan bagi pak guru. Jika anda bisa membuat semacam camilan kecil entah itu gorengan atau semacam keripik lalu anda bungkus kecil-kecil kemudian anda titipkan di warung kopi karena warung kopi adalah tempat paling diminati banyak kawula muda.

Anda bisa menitipkan kue yang anda buat di beberapa warung kopi jangan hanya satu warung kopi tapi banyak warung dengan begitu keuntungan lebih banyak.

4. Jualan Online


Mungkin sudah banyak yang pernah mendengar tentang jualan online tetapi biasanya yang jadi permasalahan adalah produk apa yang harus dijual. Banyak yang bingung mengenai hal ini.
Anda bisa mulai tanpa harus membeli barang, cari kerabat atau kawan yang mempunyai produk yang sekiranya bisa dijual secara online misal baju, aksesoris telepon, aksesoris komputer, produk sandal, produk baju muslim, produk kerajinan tangan atau apapun yang sekiranya ada disekitar lingkungan anda.

Pilih salah satu produk yang ada kemudian buat media online facebook, twiter dan instagram kemudian cara teman sebanyak-banyaknya dan ikuti group-group yang sesuai dan selanjutnya adalah upload barang yang anda jual tetapi jangan sering-sering mengupload produk biar tidak bosan orang yang melihat produk-produk anda.

5. Ngojek Online


Point  yang ke 5 ini adalah bisnis sampingan bagi guru yang tinggal di kota-kota besar. Anda bisa memanfaatkan waktu sepulang dari mengajar di sekolah untuk menambah penghasilan menjadi pengojek online.

Dengan bekal sepeda motor dan smart phone anda bisa mendaftar menjadi pengemudi ojek online. Ada kawan saya yang seorang karyawan yang waktunya pulang sampai jam 5 sore masih sempat menjadi ojek online. Dan dia bilang untuk menjadi ojek oline rata-rata penghasilannya 80 ribu dimulai dari habis maghrib sampai jam 10 malam.

Dan waktunya pun fleksibel bisa setiap saat tanpa diatur. Jadi alternatif ini mungkin menjadi yang instan jika cepat ingin menghasilkan. Mungkin yang agak lama adalah waktu mendaftarnya tapi jika anda ada niat yang serius pasti akan segera mendapatkan akun pengemudi ojek online

Semoga beberapa bisnis sampingan yang saya uraiakan diatas dapat membantu anda mengatasi ekonomi bagi guru yang ingin menambah penghasilan. Dan jangan pernah lupa untuk berdoa dan memohon kepada Tuhan agar diberi kemudahan dan kelancaran rezeki serta kesehatan.

Posting Komentar untuk "[Terbaru] Bisnis Sampingan Guru Modal Apa Adanya"