12 - Tips Ampuh Bisnis Online di Instagram untuk Jualan

Tips Ampuh Cara Bisnis Online di Instagram untuk Berjualan – Dengan banyaknya pilihan media sosial saat ini membuat para netter dengan cerdas memanfaatkannya untuk berjualan. Banyak orang memanfaat media sosial seperti facebook, twiter untuk berbisnis online. Dan salah satu media sosial yang saat ini paling laris untuk digunakan sebagai bisnis online melalui Instagram.

Mengapa Bisnsi di Instagram?


Dilansir sebuah perusahaan riset dan analisis asal Inggris yaitu TNS mencatat bahwa Indonesia menjadi negara pengguna Instagram terbanyak ketiga di dunia. Sebanyak 89% pengguna Instagram di Indonesia berusia 18-34 tahun, dengan 63% di antaranya merupakan perempuan. TNS juga mencatat bahwa 45% pengguna Instagram di Indonesia mengaku kerap membeli barang-barang yang mereka temui di sana. Angka yang cukup tinggi untuk mulai berjualan online di Instagram, bukan?

Cara Bisnis Online di Instagram
Cara Bisnis Online di Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi media jejaring sosial berbagi foto yang didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger dibawah naungan Burbn, Inc

Bagi anda yang sedang mencari ide mengembangkan bisnisnya secara online tidak salah anda memilih Instagram sebagai pilihannya.

Jika anda hobi bermedia sosial dan mempunyai banyak teman atau relasi merupakan langkah yang tepat memanfaatkan instagram sebagai cara untuk berjualan online. Dengan memakai instagram anda tidak direpotkan dengan hal-hal yang detail seperti website toko online yang harus mengatur SEOnya atau updatenya. Karena anda telah mempunyai market atau taget pasar yaitu orang-orang sekitar anda dalam arti pertemanan anda di instagram

Namun begitu berjualan di media sosial jika anda seorang pemula harus sabar dan terus belajar step by step untuk meningkatkan penjualan anda tidak langsung ingin laris manis. Ibaratnya anda jika ingin menujuk puncak gunung harus menguasahi medan yang dilalui.

Maka dari itu agar bisnis online anda di Instagram cepat laku berikut tips-tips ampuh yang perlu anda praktekkan :

#1. Buat akun dengan nama yang menarik


Buatlah akun nama yang terlihat profesional dan tentunya mudah diingat oleh konsumen. Nama akun akan lebih baik ada kaitannya dengan produk yang anda jual. Misalnya seperti Dewi Hijab, Gamis Syar’i.

Dan jangan lupa akun tersebut sertai data yang lengkap mulai dari alamat sampai kontak yang dapat dihubungi. Itu menandakan bahwa anda benar-benar ingin berbisnis online dengan jujur dan serius.

#2. Perbanyak follower 


Dengan semakin banyaknya follower maka akan semakin mudah produk anda nanti di kenal orang. Untuk menambah follower pilihlah dengan follower yang menjadi target produk anda. Jangan asal memfollow.

Sebagai contohnya produk hijab. Cari akun yang berjualan hijab kemudian follow mereka. Sekali lagi anda harus jeli siapa target produk anda itu yang terpenting.

#3. Kualitas foto harus terlihat profesional


Tips yang ke tiga ini menurut saya adalah hal yang sangat penting juga. Karena bisnis online konsumen dari kualitas foto produk itu sendiri, jika kualitas foto jelek pasti produk anda tidak akan laku dijual.

Dalam pengambilan foto usahakan berikan tampilan yang detail dalam arti pengambilan foto tampak dari depan, tampak dari samping, foto tampak dari belakang atau bahkan yang lebih bagus lagi ketika produk itu digunakan oleh seorang model.

Kalau memang diperlukan edit gambar sebelum gambar itu di upload ke instagram, edit dengan program pengolah foto seperti photoshop atau lainnya. Edit sehingga terlihat menarik dan unik bagi konsumen anda

#4. Keterangan Produk


Selanjutnya jika foto produk anda sudah siap yang tak kalah penting juga adalah keterangan produk, misalnya ukuran, warna, harga. Keterangan produk harus sangat jelas untuk menghindari kesalahan atau hal-hal yang tidak diinginkan seperti retur atau ganti warna. Jadi berilah informasi prosuk itu dengan jelas yang sekiranya konsumen harus tahu sebelum membeli.

Karena instagram adalah jenis media sosial yang berkonten pada foto. Maka jika anda jualan online di instagram foto dan keterangan produk harus ada.

Kalau perlu dan memang dibutuhkan keterangan dari produk itu di jadikan satu dengan fotonya. Tapi ingat jangan sampai keterangan menutupi foto produk tersebut.

#5. Manfaatkan Hastag


Media sosial sekarang seperti twiter, facebook dan instagram memanfaatkan fitur hastag untuk mempermudah pencarian. Di instagram sendiri kalau saya amati ada sebuah fitur pencarian berdasarkan tag.

Hal ini penting untuk penyebaran informasi nama produk anda agar dapat ditemukan di pencarian dengan cepat. Buatlahlah beberapa hastag dari produk yang anda jual dari yang hastag umum sampai yang sangat spesifik.

Contohnya #tasslempangpria #tasmurah #bajupestamurah. Penggunaan hastag ini sangat disarankan untuk digunakan untuk meningkatkan pencarian nama produk anda agar cepat lebih dikenal orang atau konsumen.

#6. Fast Respon pada Komentar


Pembeli adalah raja memang pepatah itu benar adanya, kalau pembeli adalah raja berarti kalau calon pembeli adalah pangerannya. Hehe..he..

Jadi maksud dari kalimat itu adalah segera respon jika ada calon konsumen ada bertanya tentang produk yang anda jual.

Kenapa?

Karena bisa jadi calon pembeli tersebut akan jadi membeli produk anda dan yang lebih fenomenal lagi keuntangan buat anda adalah mereka pasti akan merekomendasikan online shop instagram anda kepada teman-temannya atau keluarganya.

Itu adalah iklan yang sangat mahal harganya yaitu iklan dari mulut ke mulut dan pasti kebanyakan dari mereka akan percaya jika yang bicara itu teman atau keluarganya.

Maka sebaiknya jika ada yang berkomentar segera respon dengan jawaban yang benar-benar ditanyakan jangan memberikan jawab yang seolah-olah menekan pembeli untuk segera membeli produk anda

Seperti contoh : Gimana jadi beli sist?, Mau ngambil berapa?
Hindari kalimat-kalimat yang tidak bagus agar konsumen anda senang dan puas

#7. Ramah Terhadap Komentar Konsumen


Tidak semua konsumen itu seperti apa yang kita pikirkan ada yang serius ada juga yang hanya tanya-tanya banyak tapi ujung-ujungnya tidak jadi membeli.

Atau ada yang komen tidak baik dalam produk yang anda jual, jika hal itu terjadi anda harus membalas dengan kebaikan dan keramahan anda dengan tidak menghujatnya atau merendahkannya lagi.

Tetap layani konsumen dengan ramah dan sabar, karena anda berjualan tidak hanya hari itu saja tetapi akan berkelanjutan terus.

#8. Foto Bukti transaksi dan Foto Produk yang akan dikirim


Jika sudah ada transaksi pembelian produk ada baiknya anda screenshot dan anda upload untuk menarik kepercayaan konsumen yang lain.

Begitu juga paketan-paketan konsumen yang sudah siap dikirim kamu upload juga sebagai tanda bisnis online anda nyata dan telah ada konsumen yang bertransaksi dengan anda.

#8. Testimoni Konsumen


Tips ampuh selanjutnya adalah testimoni yang telah membeli produk anda. Jadi setelah transaksi mintalah testimoni kepada pembeli anda kemudian screenshot testimoni tersebut lalu apload di Instagram anda.

Gunakan aplikasi BBM atau WhatsApp untuk melakukan testimoni selain murah aplikasi tersebut paling sering digunakan untuk bisnis online lainnya.

Cara ini ampuh untuk menarik kepercayaan calon konsumen bahwa online shop anda benar-benar sudah ada pembeli yang transaksi dengan anda.

#9. Beri Diskon


Siapa sih yang tidak mau diskon semua orang pasti mau. Agar tetap terjalin hubungan yang dengan pembeli anda tidak salah jika anda memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu untuk meningkatkan transaksi penjualan.

Buatlah sistem diskon yang tidak merugikan online shop anda. Misalkan potongan 20% untuk yang pernah transaksi diatas Rp. 500.000 khusus hari ini.

Dengan sistem ini minat konsumen anda tetap terjalin agar betah berbelanja di online shop anda.

#10. Promosi melalui endorse


Mungkin kata tersebut ada yang agak asing didengar, endorse adalah orang-orang yang memiliki follower banyak di instagram.  Dimana produk-produk anda dipakai atau diberikan kepada Endorsement kemudian dipromosikan di akun mereka sendiri.

Sudah banyak pebisnis online shop yang melakukan hal tersebut guna  meningkatkan daya belinya. Dan bisa dipastikan produk anda akan kebanjiran pembeli.

#11. Selalu Update


Jangan lupa untuk selalu update barang yang anda jual jangan dibiarkan begitu saja, Updatelah produk-produk yang anda jual di instagram mulai dari foto, harga, maupun deskripsi barang yang anda jual.

Dengan sering update menandakan bahwa anda penjual yang serius dalam mengelola online shop anda.

#12. Buatlah tutorial dari produk anda


Jika produk anda berkaitan dengan kerumitan cara penggunaan maka buatlah tutorial cara penggunaannya atau memakainya. Itu akan memudahkan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli

Dengan tutorial entah video atau berupa foto akan sangat membantu konsumen dalam penggunaannya. Banyak tool atau program editing video dari yang sederhana sampai profesional tersebar di internet. Bahkan di play store juga disediakan.


Sebagai kesimpulannya


Untuk mengasah kemampuan anda dalam berjualan online di instagram carilah akun yang terkenal dan sudah banyak followernya, lalu amati dan tiru cara mereka membuat foto, memberi keterangan, membuat hastag dan lain-lainnya.

Ramahlah terhadap semua konsumen atau calon pembeli tanpa terkecuali dan terapkan semua tips ampuh bisnis online di instgram yang telah diulas di atas. Dan pelayanan terbaik adalah salah satu penentu orang untuk menentukan untuk membeli atau tidak.

Dan jangan terlalu sering anda mengupload produk-produk anda jika masih ditangani sendiri buatlah waktu terjadwal. Kapan harus upload barang, kapan harus update barang. Dengan perencanaan yang matang bisa menghasilkan hasil yang maksimal

Semoga anda menjadi bisnismen maupun bisnis women yang sukses

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "12 - Tips Ampuh Bisnis Online di Instagram untuk Jualan"

Posting Komentar

--> Berkomentarlah secara bijak dan sopan
--> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel