Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis di Lengkapi Bahasa Arab dan Latin

Tuntunan Puasa Senin Kamis – Sambil menunggu adzan maghrib saya mengisi artikel blog ini dengan sedikit coretan yaitu tentang bacaan niat puasa sunnah hari senin dan kamis. Puasa sunnah hari senin dan kami ini merupakan amalan yang sering di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW.
Alasan Nabi Muhammad SAW berpuasa hari senin dan kamis

niat puasa senin kamis
niat puasa senin kamis


Dalam sabdanya nabi berkata bahwa hari senin adalah hari kelahiran beliau dan hari kamis karena pada hari tersebut amal perbuatan manusia diangkat kehadapan Allah SWT. Selain itu banyak manfaat dari puasa itu sendiri baik itu puasa wajib atau puasa sunnah.

Segala amal ibadah dalam islam harus disertai dengan niat begitu juga dengan ibadah puasa hari senin dan hari kamis ini walaupun hukum puasa senin dan kamis adalah sunnah maka niat sebelum melakukan ibadah adalah wajib hukumnya.

Niat dibawah ini hanya pelafalan dalam bibir dan alangkah baiknya dibarengi niatnya dalam hati sehingga antara bibir dan hati bersungguh-sungguh niat ibadah karena Allah SWT.

Berikut ini adalah bacaan niat puasa hari senin dan kamis


# Bacaan niat puasa sunah hari senin


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana’ala

Artinya “Saya berniat puasa sunnah hari senin karena Allah ta’ala”


# Bacaan niat puasa sunah hari kamis


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi taa’ala

Artinya : “Saya berniat puasa sunah hari Kamis karena Allah ta’ala.”

Hendaknya bersamaan dengan melafalkan niat diatas hendaknya dibarengi niat di dalam hati. Karena niat dalam hati itu lebih utama dari pada niat yang dilafalkan di bibir

Adapun manfaat dari puasa antara lain adalah meningkatkan kualitas iman, menghapus kesalahan, mengendalikan syahwat, penyempurna ketaataan, meningkatkan rasa syukur dan mencegah diri dari perbuatan maksiat.

Selain manfaat secarah batiniah seperti yang saya sebutkan diatas manfaat puasa bagi kesehatan sangat banyak.

Berikut manfaat puasa bagi kesehatan yang dikutip dari carakhasiatmanfaat.com yang perlu anda ketahui :

1 Mengurangi kadar gula darah
Selama berpuasa tubuh kita meningkatkan pemecahan glukosa, yang dilakukan agar tubuh bisa memperoleh energi. Hal ini akan mengurangi produksi insulin yang terletak pankreas, dan glukagon diproduksi untuk memfasilitasi pemecahan glukosa. Dengan demikian puasa berarti bisa mengurangi gula darah

2. Meningkatkan pembakaran lemak 
Respon pertama oleh tubuh terhadap puasa adalah memecah glukosa. Ketika persediaan glukosa sudah habis, maka ketosis dimulai yaitu memecah lemak untuk melepaskan energi. Lemak yang disimpan dalam ginjal dan otot juga akan dipecah untuk menghasilkan energi.

3. Menyehatkan sistem Sistem pencernaan 
Selama kita berpuasa, maka organ-organ pencernaan akan beristirahat. Fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal terutama produksi sekresi pencernaan, akan tetapi dengan jumlah yang berkurang yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Pemecahan makanan juga terjadi pada tingkat yang stabil, dan pelepasan energi juga mengikuti pola yang bertahap. Sebagai akibat dari diet yang salah, sebagian besar dari kita saat ini banyak yang menderita berbagai macam penyakit gastrointestinal. Yang paling umum adalah seperti sembelit, kembung, dan gastritis. Puasa bisa memberikan  penyembuhan untuk penyakit-penyakit ini. Saat kita berpuasa, sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya. Jadi setelah berbuka puasa, sistem pencernaan menjadi lebih efisien dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan suatu penyakit.

4. Membantu menjaga Berat badan
 Puasa bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat, karena akan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Namun puasa tidak bisa dijadikan sebagai strategi untuk menurunkan berat badan yang baik. Menjaga berat badan yang seimbang, adalah langkah awal yang baik untuk bisa hidup yang sehat berkualitas.

5. Meningkatkan kebiasaan diet yang sehat 
Puasa akan mengurangi keinginan kita untuk makan atau ngemil makanan olahan, namun lebih mendorong keinginan kita untuk makan-makanan alami, terutama air, dan buah-buahan. Ini adalah salah satu cara yang baik untuk mempromosikan gaya hidup yang sehat.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh 
Ketika seseorang menjalankan diet yang seimbang di antara waktu puasa, maka mereka akan mendapatkan peningkatan kekebalan tubuh. Hal ini karena terjadi pelepasan racun dan pengurangan timbunan lemak dalam tubuh selama puasa. Kecenderungan orang yang berbuka puasa adalah makanan alami yang segar seperti buah-buahan yang mengandung air, maka hal ini akan meningkatkan asupan vitamin dan mineral. Buah-buahan merupakan sumber zat antioksidan yang baik, yang bermanfaat untuk membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mungkin masih banyak lagi manfaat puasa selain yang saya sebutkan diatas tadi. Anda bisa merasakan sendiri kalau sudah melakukannya sendiri. Silahkan anda lakukan ibadah puasa sunnah hari senin dan kamis ini karena anda akan mendapat banyak manfaat.

Semoga artikel tentang niat puasa senin kamis ini bisa berguna bagi semua umat islam, puasa sunah ini bisa dan baik untuk diajarkan kepada anak-anak kita untuk belajar meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Bacaan Niat Puasa Senin Kamis di Lengkapi Bahasa Arab dan Latin"