[TERBUKTI] Cara dan Alat Untuk Mengecek Kecepatan Loading Blog Terbaik

Bagi blogger pemula jika dia baru mulai menekuni dunia blogging pasti pernah mengotak atik templatenya entah itu menambah widget atau mempercantik tampilan template blognya dengan pernak pernik yang mungkin dianggap baik.

Mengetes Kecepatan Loading Blog
Cara Mengetes Kecepatan Loading Blog
Mungkin kalau tidak begitu tidak akan tahu dan belajar dari hal-hal yang harus dipelajari dari dunia blogging. Keingin tahuan biasanya membuat kita terus mencoba hal-hal baru untuk dipraktekkan.

Dibalik itu semua anda harus tahu bahwa kecepatan akses halaman blog anda dengan cepat merupakan prioritas yang harus diutamakan. Karena kecepatan loading blog merupakan salah satu yang menyumbang kesuksesan dalam bermain blog utamanya dengan media periklanan entah itu dengan google adsanse atau yang lainnya.

Lalu bagaimana cara mengetahui kecepatan loading atau akses blog kita?

Banyak cara untuk  mengetahui atau mengukur kecepatan loading halaman blog kita. Bahkan google telah menyediakan alat untuk itu. Dengan mengetes kecepatan loading blog yang kita kelola maka kita akan tahu berapa lama ketika suatu halaman blog diakses orang lain. Berapa detik kah atau berapa menitkah halaman blog akan terbuka penuh.

Berikut alat untuk mengukur kecepatan loading blog anda :


#1 Mengukur kecepatan loading blog dengan PageSpeed Insights

Mengukur kecepatan loading blog dengan PageSpeed Insights
Mengukur kecepatan loading blog dengan PageSpeed Insights

Alat ini sudah sangat dikenal umum oleh khalayak blogger karena menurut saya pribadi alat ini wajib ada kalau perlu stand by untuk mengecek kecepatan loading blog kita setiap saat atau setiap waktu.
Semakin cepat respon akses blog kita maka hal itu sangat disukai oleh mesin pencari seperti mbah google. Tentu hal ini menjadi positif demi perkembangan blog anda tentunya.

Untuk mengukur kecepatan loading blog dengan PageSpeed Insights ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Buka situs https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  • Kemudian masukkan url blog atau website anda kemudian tekan tombol analisis.
  • Tunggu sebentar dan lihat hasil dari pegespeed insights jika hasil dari analisis blog anda masih ada merahnya berarti anda harus memperbaiki dengan keterangan yang diberikan oleh sistem tersebut.

#2 Mengukur kecepatan loading blog dengan GTMetrix

Mengukur kecepatan loading blog dengan GTMetrix
Mengukur kecepatan loading blog dengan GTMetrix

Sama halnya dengan pagespeed insight GTMetrix juga menjadi pilihan para blogger untuk mengecek kecepatan loading blognya. Atau malah jadi dua-duanya dijadikan rujukan atau pembanding diantaranya.

Untuk mengecek dengan GTMetrix silahkan ikuti petunjuk dibawah ini :

  • Buka situs http://gtmetrix.com/
  • Kemudian masukan url blog anda pada kotak yang tersedia kemudian klik tombol analysis.
  • Tunggu beberapa saat maka anda akan mendapat laporan dari kecepatan loading blog anda. 

Usahakan kecepatan loading blog jangan sampai berwarna merah karena akan memperburuk reputasi blog anda. Kalau perlu ganti template blog yang lebih fast loading agar pengunjung blog anda betah dan terus berlama-lama membaca artikel blog anda.

Hal-hal yang dapat mengakibatkan kecepatan loading blog anda lambat :


1) Salah dalam memilih template

Sebelum memutusakan memakai sebuah template alangkah baiknya dites dulu kecepatan loadingnya pada alat diatas. Karena lambat tidaknya suatu blog juga tergantung pada susunan kode yang ada dalam template.

Anda harus pandai memilih template yang fast loading, seo friendly dan responsive. massiswo.com telah mengulas tuntas template rekomendasi untuk blogger pemula

2) Terlalu banyak widget terpasang

Terlalu banyak aksesoris atau widget yang terpasang pada blog akan berpengaruh pada kecepatan loading blog. Sehingga ketika blog diakses membutuhkan waktu yang lama agar halaman terbuka semua.

Jadi hilangkan widget yang memang tidak terlalu penting yang membebani kecepatan loading blog.

3) Banyak iklan yang terpasang

Jika anda pemain adsanse dan ingin menghasilkan uang banyak bukan berarti memasang iklan terlalu banyak di blog karena akan berpengaruh ketika ada orang ingin mengakses blog tersebut menjadi lama.

Alangkah baiknya sebelum memasang kode iklan maka anda harus searching dimana meletakan kode iklan yang bagus itu pada template yang dimana peletakan kode tersebut tidak berpengaruh banyak pada kecepatan loading blog.

Kesimpulan


Selain kedua alat tadi masih banyak sebenarnya untuk mengecek kecepatang loading blog. Namun kedua alat tersebut sudah cukup dan amat cukup jika untuk mengecek kecepatan loading blog.

Namun anda jangan hanya terpaku membenahi kecepatan loading blog saja akan tetapi rajin mengupdate artikel itu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Saya pernah dan ingat pesan mastimon bahwa blog itu ibarat hewan peliharaan bagaimana dapat hidup hewan peliharaan kita tanpa diberi makan.

Begitu juga dengan mengelola blog bagimana bisa sukses kalau anda jarang update artikel bagaimana bisa menikmati hasilnya kalau anda malas-malas mengelola blog dengan maksimal.

Itu saja mungkin sudah cukup dan dapat dipraktekkan

0 Response to "[TERBUKTI] Cara dan Alat Untuk Mengecek Kecepatan Loading Blog Terbaik"

Post a Comment

--> Berkomentarlah secara bijak dan sopan
--> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel