Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bisnis Online Shop Untuk Pemula disertai Contoh Usaha

Selamat darang bagi anda yang membutuhkan informasi cara bisnis online untuk pemula tanpa modal. Mungkin anda mengunjungi situs ini karena anda sudah mempunyai niat untuk menambah income bagi keluarga atau bisa juga karena anda sudah jenuh menjadi karyawan.

Cara Bisnis Online Shop Untuk Pemula

Bisnis online sekarang ini pertumbuhannya sangat pesat bisa dilihat atau membaca di berita online atau berita di tv nasional bahwa ada beberapa toko ritel besar yang sudah punya nama namun tidak mampu bersaing dengan toko online.

Ada beberapa penyebab toko ritel besar ini menutup gerainya atau tokonya berikut ini beberapa alasannya :

1.  Trend belanja masyarakat
2.  Kemacetan
3.  Lebih simple
4.  Lebih terlihat wah kalau belanja online
5.  Tidak memakan waktu kita

Jika anda memang mencari peluang usaha ingin berbisnis online ada beberapa tahap penting yang harus anda masukkan dalam pikiran anda. Jangan sampai tahap ini anda abaikan.
Mengapa demikian?

Kalau anda sudah mempunyai angan-angan ingin mempunyai bisnis online tetapi masih bingung menentukan jualan apa yang akan dijual secara online. Itu wajar karena anda masih pemula.
Yang terpenting tahap-tahap dibawah ini harus ada di dalam mindset anda dan harus anda tanam sedalam-dalamnya agar tidak mudah goyah atau terombang-ambing oleh angin.

Beberapa hal yang harus ada untuk pebisnis online Shop untuk pemula :

1. Niat dan doa
2. Action
3. Mempunyai Toko
4. Punya Produk
5. Modal
6. Pemasaran

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan satu-persatu cara mulai bisnis online untuk pemula sesuai 5 hal diatas.

#1. Niat

Semua hal yang baik tentu disertai niat karena tanpa niat dan doa ibarat berjalan namun tanpa arah. Dalam hal bisnis online anda terjun ke dunia bisnis online ini jangan hanya ikut-ikutan saja.

Ada harus punya niat atau kalau bahasa bisnisnya mempunyai visi dan misi dengan jelas. Visi dan misi ini ibarat perusahaan harus anda wujudkan. Jangan sampai anda mau ditengah jalan ada hal yang menarik kemudian anda berbalik arah. Berarti niat anda kurang kuat.

Apabila niat anda sudah mantap kemudian iringi dengan doa, Berdoalah dengan hati yang tulus dan ikhlas. Karena akan ada banyak rintangan dalam memulai bisnis online ini. Sebenarnya tidak hanya bisnis online bisnis apapun akan mempunyai rintangan.

Apabila niat dan doa anda sudah bulat dalam berjalannya waktu akan mampu bertahan dan sukses.

#2. Action

Usaha apapun tidak akan terwujud jika tidak ada action.

Setuju atau tidak?

Begitu juga memulai usaha bisnis online jika anda hanya sebatas mimpi atau angan-angan tentu selamanya akan menjadi mimpi.

Setiap pemula ketika akan memulai usaha apapun pasti akan banyak hal yang dipikirkan.
Mulai dari bagaimana caranya? Modalnya darimana? Bagaimana kalau tidak laku? Dan masih banyak yang lain.

Jadi ingat dengan pesan almarhum om Bob Sadino untuk memulai usaha kita harus bodoh dulu. Dan pesan yang paling mengena adalah Usaha atau bisnis itu mencari rugi.

Dan masih banyak lagi tentang pesan moral om Bob Sadino yang lain yang patut kita jadikan pelajaran bagi yang ingin mulai usaha.

Masih dari pesan om Bob Sadino bahwa orang “pintar” terlalu banyak analisis mulai dari ide, modal sampai untung rugi dan pada akhirnya orang tersebut tidak memulai bisnisnya.

Beda sama orang “bodoh” yang tidak pandai menganalisis yang penting mulai usaha dulu.
Memang benar apa yang dikatakan om Bos Sadino kita bila akan memulai usaha terlalu banyak yang kita pikirkan sehingga tidak ada action atau mulai usaha sehingga akan menjadi angan-angan selamanya.

Yang terpenting adalah mulai lebih dahulu nanti diawal perjalanan kita akan menemui masalah dan kendala yang harus kita pecahkan.

Dari situlah kita tahu dan belajar bisnis dimana setiap usaha pasti ada kendala dan solusi pemecahan masalahnya.

#3. Mempunyai Toko

Untuk memulai usaha online untuk pemula langkah pertama buatlah website atau jika itu terlalu sulit bagi anda buatlah toko di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lain sebagainya

Apabila anda sudah ahli membuat website buatlah toko online yang dalam membuat website tidak harus serba bagus dan mewah.

Anda bisa membuat website dengan gratis menggunakan blogger atau wordpress kedua situs ini menawarkan membuat website secara gratis.

Untuk membuat website di kedua situs itu anda hanya butuh email sebagai alat resgitrasi.

Untuk tutorialnya sangat-sangat banyak di internet yang bisa dijadikan sumber belajar.

Namun apabila anda kesulitan juga bisa minta bantuan orang terdekat anda yang paham internet dan minta tolong untuk dibuatkannya.

Dan jika memang benar-benar tidak bisa membuat website maka jalan terakhir adalah membuat toko online di marketplace Indonesia seperti tokopedia dan bukalapak.

Apa perlunya toko online?

Sangat perlu ibarat kita mempunyai toko website atau toko online kita adalah lapak tempat kita untuk jual beli. Tanpa lapak mungkin banyak orang yang tidak percaya.

Mengira kita tidak serius dalam mengelola toko online.

#4. Mempunyai produk

Apakah dalam memulai usaha bisnis online kita harus punya barang?

Tentu jawabannya adalah pasti iya.

Waduh bagaimana dengan modalnya? Pertanyaaan anda akan seperti itu. Untuk mempunyai produk yang akan kita pasang di toko online yang kita bangun tidak harus mempunyai stok nyata di toko kita.

Anda bisa memulainya dengan sistem dropship.

Apa itu dropship?

Dropship adalah kita menjual produk dari orang lain yang laris atau banyak peminatnya kemudian kita jual di etalase toko online kita.

Jadi kita hanya modal kopi paste gambar dari toko lain yang produknya laris dijual kemudian kita menjualnya di toko kita.

Bagaimana mencari toko yang terpercaya?

Berdasarkan pengalaman saya menekuni toko online sistem dropship adalah mencari produk yang banyak peminatnya seperti alat rumah tangga, alat kosmetik, pakaian terutama mengincar kaum hawa hahah..

Misalkan sebagai contoh saya ketik dipencarian toko online di tokopedia, saya ketik kata “jilbab”.

Maka akan ditampilkan beberapa hasil pencarian yang berkenaan dengan kata “jilbab”

Langkah selanjutnya apa?

Yang saya lakukan adalah membuka beberapa produk yang mempunyai bintang lima dan pembeli terbanyak.

Setelah melihat dan menentukan produk yeng mempunyai bintang lima dan pembeli terbanyak saya buka kurang lebih 5 produk untuk saya bandingkan dengan yang lain.

Apa yang saya bandingkan

1)  Tokonya bagaimana kualitasnya mulai dari peringkat, transaksinya
2)  Ulasan produk dari pembelinya apa rata-rata puas atau tidak
3)  Pelayanan memang telah menjadi hal yang harus di kedepankan bagi pebisnis online karena kepercayaan masyarakat akan tergantung kita dalam melayani pembeli. Selalu segera atau cepat merespon jika ada komplain atau pertanyaan dari calon pembeli.

Setelah menentukan hal-hal diatas maka gambar yang ada di toko online itu saya kopy untuk disimpan di komputer kemudian saya upload lagi di toko online saya dengan up harga sekitar 20-30% tergantung dari produk yang kita jual.

Begitu seterusnya selalu mengikuti update produk dari toko yang saya ikuti tadi. Kelemahan sistem dropship adalah masalah stok barang.

Pernah saya mempunyai pesanan dari langganan yang memesan misal produk A. Kemudian saya cari di toko yang saya jadikan dropship ini ternyata barang tersebut sudah tidak keluar lagi alias tidak produksi.

Jadi apabila kita menjadi dropship kita harus tahu stok barang yang ada di toko yang kita ambil produknya ini.

Untuk menghindari hal-hal tersebut pilihlah barang-barang yang laris seperti yang saya ceritakan diatas, bintang 5 dan banyak ulasan pembelian.

Dan juga disini adalah tempat pengiriman dari toko dropship dengan toko online kita untuk menghindari biaya pengiriman.

Sebab begini sistem transaksi dropship ini, apabila ada pembeli dari toko online kita otomatis kita mencari produk dari toko dropship tadi.

Kemudian kita belanja di toko dropship tersebut dan mengirim ke alamat pembeli kita tadi.

Itulah bisnis online sistem dropship, bagi pemula ini bisa dicoba karena tidak membutuhkan modal yang banyak.

Untuk produk selain dropship anda bisa menggunakan atau memanfaatkan barang jualan dari teman atau tetangga yang bisa kita jual secara online.

Seperti contoh sepatu kulit, tas kulit, dan lain sebagainya. Setiap daerah pasti mempunyai usaha masing-masing yang tentunya pasti beda dengan yang lain.

Sebagai contoh disekitar rumah kita ada usaha sandal.

Kemudian kita mencari informasi kepada orang yang kita anggap bisa kita ajak kerjasama.

Misalkan dalam usaha sandal kita harus punya setoknya. Jika kita tidak mampu stok barang salah satunya yang terbaik adalah mencari orang yang bisa diajak kerjasama.

Misalkan kita tanya-tanya sistem jualnya bagaiman?

Untuk pembelian minimal berapa item?

Untuk bobot beratnya tiap sandal berapa?

Kalau bisa kita tanya sedetail mungkin tentang produk sandal tersebut. Semakin kita menguasai produk yang kita jual kita tidak akan bingung ketika ditanya tentang hal produk kita.

Dan yang terpenting jangan mengambil untuk terlalu banyak anda juga harus peka terhadap pasar. Juga kualitas produk yang kita jual karena akan berpengaruh juga pada toko online kita.

Intinya berjualan dengan jujur dan baik akan membuat usaha kita maju.

Menurut saya jualan paling laku itu memang menyasar kaum hawa.

#5. Modal

Kapan modal diperlukan?

Modal diperlukan jika bisnis kita sudah mulai berjalan atau menghasilkan. Kita harus mempersiapkan modal yang perlu dulu.

Modal tidak harus langsung besar akan tetapi untuk bisnis online bisa bertahap.

Seperti kita sebaiknya mempunyai stok sendiri untuk barang yang laris kita jual.

Dengan mencari produsen langsung ditangan pertama.

Modal bisa didapat dengan cara kerjasama dengan pembuat produk yang anda pasarkan asalkan kepercayaan antara anda dengan produsen bisa terjaga dengan baik.

Ada baiknya kerjasama tersebut selain dengan lisan alangkah baiknya diserta hitam diatas putih sebagai bukti keseriusan anda menjalin kerjasama.

Atau anda kerjasama dengan teman atau saudara dan keluarga yang mempunyai dana untuk diajak kerjasama dengan anda.

Agar ajakan anda membuahkan hasil tentu anda harus menyertakan bukti transaksi jual beli anda yang perlu diketahui oleh calon rekanan anda.

Yakinkan teman atau saudara anda bahwa bisnis online anda yang dirintis akan membuahkan hasil dan memberi keuntungan kepada rekan anda.

Selain itu modal bisa dilakukan melalui pinjaman

Kami menyarankan agar sebisa mungkin menghindari bank, jika memang bisa dihindarkan namun jika pilihannya meminjam modal hanya satu-satunya seperti itu anda harus hati-hati jangan sampai pinjaman dengan bank bisa mengoyak usaha anda.

#6.  Promosi atau Pemasaran

Langkah terakhir adalah cara memulai usaha online shop untuk pemula adalah pemasaran.
Pemasaran bisnis online shop bisa dilakukan dengan dua cara denga menggunakan biaya dan tanpa biaya.

-  Untuk pemasaran bisnis online shop tanpa biaya

Cara pertama untuk pemasaran bisnis online shop untuk pemula adalah pemasaran tanpa biaya.
Caranya bagaimana?

Yang paling efektif adalah media sosial seperti facebook, instagram dan youtube ketiga media sosial ini saat artikel ini dibuat sangat banyak peminatnya.

Sebagai contoh youtube ketika anda mengetikkan kata kunci yang relevan misalnya kita berjualan hijab atau jilbab.

Pemasarannya bagaimana dengan youtube?

Kita bisa membuat video tutorial bagaimana memakai hijab, alangkah baiknya hijab yang dipakai ketika membuat video tersebut harus dari hijab produk kita.

Dan menyertakan atau mengulas sedikit tentang keunggulan dari hijab yang kita demokan dan jangan lupa ketika membuat video sertakan nomor kontak yang bisa dihubungi untuk berbelanja hijabnya.

Kemudian dari video ini bisa anda beri tagar yang sesuai misalanya #jualhijab #hijabmurah dan sebagainya.

Dari satu video ini kita bisa bagikan melalui facebook dan instagram...

Bagaimana cara pemasaran lewat instagram, bagaimana cara promosi lewat facebook itu perlu anda pelajari dengan bertahap ada yang gratis sampai berbayar.

- Untuk pemasaran berbayar

Cara kedua cara mengembangkan bisnis online untuk pemula adalah dengan iklan berbayar.
Namun cara ini bagi pemula tidak kami rekomendasikan sebelum bisnis online shop anda benar-benar bisa menghasilkan dengan baik.

Ada banyak cara promosi bisnis online yang berbayar antara lain Google ads, Facebook Ads dan lain sebagainya.

Sekali lagi cara ini sebaiknya anda tunda dulu jika anda masih pemula dalam memulai bisnis online shop ini.

Kesimpulan...


Setiap memulai usaha baik itu online atau offline tentu banyak rintangan yang akan dilalui. Dari yang remeh hingga yang berat yang akan menjatuhkan anda. Semakin banyak problem yang anda hadapi tentu akan semakin banyak pelajaran berharga yang anda pelajari.


Nikmati setiap proses yang anda lalui...

Semoga apa yang bisa dibagikan bisa menginspirasi bagi anda yang sedang mencari solusi bagimana mumulai bisnis online shop.

Posting Komentar untuk "Cara Bisnis Online Shop Untuk Pemula disertai Contoh Usaha"