[5 Point] Penyebab Blog Kamu Sulit Berkembang dan Cara saya Mengatasinya

Mungkin banyak blogger yang merasakan apa yang dinamakan malas ngeblog. Karena malas maka blog kita akan sulit berkembang. Tentu banyak hal yang menyebabkan blog kita sulit berkembang namun yang utama penyebab blog mandeg adalah dari kita sendiri.

Kenapa dari kita?

Jelas, faktor utama kesuksesan dari blog tersebut adalah konten atau isi artikel dari blog menarik dan enak dibaca. Jika orang menyukai artikel dalam blog kita maka menjadikan orang tersebut dijamin akan mengunjungi blog kita lagi.

Penyebab Blog Kamu Sulit Berkembang
Penyebab Blog Kamu Sulit Berkembang
Namun untuk membuat konten berkualitas bukanlah perkara gampang banyak proses dan jalan yang harus ditempuh. Nah proses seperti ini yang jarang seorang blogger sukses melaluinya. Entah diawal dia sudah bosan atau ditengah perjalanan sudah mulai merasa jenuh karena blognya tidak berkembang dan sepi pengunjung.

Kalau kita melihat blog yang sukses sebelumnya tentu ada hal-hal yang membuat mereka juga pernah mengalami yang namanya malas ngeblog, blog sepi pengunjung dan lain sebagainya.,

Mungkin sebagai contoh saya sendiri, ada 3 blog yang saya kelola sendiri. Yang pertama blog gado-gado saat ini anda baca. Dan yang lainnya adalah blog pendidikan dan blog untuk mencari uang tambahan.

Dengan ketiga blog ini repotnya minta ampun, karena selain menjadi blogger saya juga menjadi pekerja offline jadi harus benar-benar mengatur waktu dan kondisi badan agar terus fit.
Namun kendala saya ada di kondisi badan.

Kenapa?

Apabila kondisi badan ini fit dari segi jasmani otomatis ketika akan mencari ide menulis itu lebih mudah dan tulisan itu mengalir ketika 10 jari ini menempel pada keyboard. Dalam satu hari saya bisa menulis maksimal 3 artikel dengan kualitas yang begitulah.

Memang saya untuk saat ini tidak menargetkan melatih tangan dan rutin update artikel agar bisa konsisten karena sudah satu tahun saya mengelola blog masih banyak bolongnya dalam arti belum bisa menekuni.

Dapat saya simpulkan dari pengalaman penyebab blog kita sulit berkembang alias blog sepi pengunjung


1) Kurang Perhatian dalam Mengelola Blog

Mempunyai blog seperti mempunyai sebuah usaha yang perlu perhatian, coba kita tarik contoh yang simpel di sekitar kita. Ibarat kita mempunyai lahan kosong didepan rumah kemudian ladang itu cocok untuk kita tanami tanaman seperti buah-buahan.

Biasanya dari kita akan sebatas menanam saja tanpa menghiraukan cara merawat agar bisa menghasilkan buah yang maksimal, misalnya memberi pupuk, menyiraminya ketika kemarau, dan perawatan yang lain.

Contoh lagi diri kita sendiri butuh makan, butuh minum, pakaian dan kebutuhan yang lain. Biasa dibayangkan jika salah satu dari kebutuhan itu kurang dari kita tentu kita akan terlihat kurang baik kan.

Jika ingin menghasilkan pemasukan dari blog tentu anda harus merawatnya semaksimal mungkin. Seperti anda ketika membangun usaha secara offline perlu perhatian dan perawatan secara berkelanjutan.

Baca Juga : Cara menulis konten yang ampuh dan berkualitas pada blog


2) Isi Konten Blog Kurang Menarik

Ketika diawal mendirikan blog saya sampai saat ini belum bisa menulis yang bisa menarik pembaca. Apalagi teknik Seo yang harus gini dan begini, selama ini saya menulis sesui keyword yang saya target dan mengembangkan dari keyword yang saya bidik.

Namun ketika selesai saya baca kadang lucu juga masih banyak kekurangan yang harus dibenahi. Tapi dengan sering kita menulis suatu saat kita akan tahu kelemahan dan kekurangan. Beda dengan kita malas mengetik tentu hal ini akan menyebabkan kita malas dan pada akhirnya tidak pernah mengisi konten.

Bukankah lebih baik melangkah dahulu kemudian menemukan jalan keluar dari pada hanya menunggu dan terus menunggu.

Untuk mengasah kemampuan menulis kita wajib banyak membaca artikel atau literasi lain dan terus menulis sambil membenahi ejaan-ejaan yang kuran pas agar enak dibaca.

Pada intinya kita banyakin membaca karena dengan membaca akan membuka pengetahuan kita.

3) Malas Update Artikel

Penyakit yang paling saya benci adalah point nomor 3, mungkin banyak yang memberi solusi agar membeli artikel. Itu bukan cara pintar bagi orang yang memulai menekuni dunia blog.

Menurut anda apakah dengan membeli artikel walau ditempat terpercaya akan meningkatkan view anda pada mesin pencari?

Silahkan dijawab?

Kalau jawaban saya pribadi sangat tidak.

Saya lebih suka membuat artikel sendiri dengan bahasa sendiri. Karena mempunyai ciri khas yang jarang bisa ditiru kebanyakan orang. Walau jauh dari ilmu SEO setidaknya kita bisa memperoleh manfaat yang banyak dengan membuat artikel sendiri.

Salah satu manfaat yang paling penting menurut saya adalah kita jadi tahu kualitas dan kekurangan tulisan kita seperti pada point 2 yang saya utarakan sebelumnya.

Tentang malas update artikel ada beberapa hal yang menyebabkannya

a) Bingung mencari judul atau tema untuk membuat artikel
b) Merasa jenuh karena tidak menghasilkan.
c) Keadaan badan kurang fit

tiga point diatas yang paling mengganggu saya adalah ketika badan kurang fit dengan banyaknya rutinitas yang ada sehingga perkembangan blog jadi lambat, apalagi dengan pengunjung segitu-gitu saja. Kadang malah turun bisa..... hmmm tambah membuat malas ngeblog.

Namun ada sedikit cara yang bisa membuat kita tidak malas membuat artikel

a) Membuat judul dan konsep isi konten postingan sebelumnya
b) Menjaga stamina baik pikiran maupun badan kedua hal ini harus dijaga agar ide-ide kreatifitas itu keluar.
c) Terakhir Meningkatkan kualitas ibadah, itu sangat berefek sekali kalau saya merasakannya. Karena saya seorang muslim ibadah yang perlu ditingkatkan adalah sholat 5 waktu tepat waktu, jangan sampai ada yang ditinggalkan. Selanjutnya perbanyak ibadah sholat malam itu waktu munajat yang sangat spesial memberi efek yang luar biasa. Silahkan anda coba....

4) Kurangnya Teknik Pemasaran

Pemasaran konten banyak sekali mulai dari sharing di media sosial sampai group-group setema dengan blog kita. Juga ada pemasaran melalui periklanan berbayar bisa adsword atau fbads.

Namun juga strategi pemasaran dengan cara membuat backlink kalau istilah internet marketing. Atau membuat PBN dan sebagainya. Bahasa-bahasa tingkat tinggi. Namun saya belum menguasai betul teknik ini.

Banyak yang menyarankan teknik backlink bisa membuat website atau blog kita bisa meningkatkan trafic pengunjung. Itu memang benar adanya jika yang dipakai dengan teknik yang benar.
Tapi saya belum berani mencobanya karena seperti judul blog sepi pengunjung dan postingan masih minim sekali.

5) Tidak Menganggap Penting SEO

Banyak memang yang menyarankan untuk pemula untuk melupakan SEO, itu benar juga tapi tidak sepenuhnya benar.

SEO merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam membangun sebuah blog. Bagaimanapun juga teknik SEO sedikit demi sedikit wajib kita pelajari untuk tahu tehnik yang baik dan membuahkan hasil untuk membangun blog.

Beberapa alasan mengapa kita harus belajar ilmu SEO,

a) Judul konten ada kaitannya dengan mencari keyword dan keyword tersebut dibagi menjadi bebarapa aturan keyword persaingan tinggi, keyword persaingan sedang, keyword persaingan rendah.
b) Isi konten ada kaitannya dengan ilmu SEO adalah optimasi On page dan optimasi Off Page.
c) Gambar, bagaimana optimasi gambar dalam artikel itu juga ada ilmunya di SEO
Jadi melupakan SEO untuk pemula boleh tapi tidak selamanya kita lupakan. Karena persaingan dunia blogging terus berkembang kalau kita hanya jalan ditempat apagunanya mengelola blog kalau untuk bisnis tanpa menghasilkan apapun.

Kesemuanya itu sedikit demi sedikit saya pelajari walau itu berat tapi saya sudah mengatakan pada diriku sendiri akan mengelola blog ini semaksimal mungkin

Dapat ditarik kesimpulan..


Penyebab blog kita sulit berkembang sebenarnya terletak pada kita mengelola dan kurangnya perhatian kita pada blog itu sendiri. Entah kita malas, tidak semangat dan masih banyak sebab yang lain.

Jika blog ini sudah menjadi lahan bisnismu perlakukan blog ini seperti orang memperlakukan bisnisnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[5 Point] Penyebab Blog Kamu Sulit Berkembang dan Cara saya Mengatasinya"

Post a Comment

--> Berkomentarlah secara bijak dan sopan
--> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel