Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

# Cara Merapikan Script Kode Template Blog yang Kurang Rapi

Cara Merapikan Script Kode Template Blog - Tutorial cara merapikan script kode template blog ini sebenarnya akan saya jadikan arsip saya pribadi. Karena saya gampang lupa kalau menambah ilmu baru tetapi jarang dipraktekkan. Tutorial cara merapikan script kode template blog ini penting menurut saya kalau saya sering mengubah script template blog.

Cara Merapikan Script Kode Template Blog
Cara Merapikan Script Kode Template Blog
Kadang kalau kita mau mengganti template sering kali saya jumpai kode atau script kode template di dalam blog ini terlihat kurang rapi sehingga kurang enak dipandang. Merapikan script template juga bermanfaat untuk memudahkan kita mencari kode yang begitu banyaknya.

Banyak cara yang sudah saya lakukan untuk merapikan kode template mulai dengan cara manual hingga cara online. Karena ketidak tahuan saya sendiri pernah mencobah secara online dengan html online ternyata sebagian script malah rusak.

Kemudian hari-demi hari saya mulai berfikir apa harus memakai cara manual untuk merapikan script kode template blogger terutama yang segitu banyaknya.

Namun ketika saya punya file template saya lihat file templatenya berekstensi .xml jadi saya harus mencari dengan keyword cara merapikan kode atau script yang berekstensi xml.

Semua template blog rata-rata mempunyai ekstensi xml atau extensible markup language.

Apa itu xml?

Menurut sumber dari Wikepedia Extensible Markup Language atau XML adalah bahasa markup serba guna yang direkomendasikan oleh W3C (World Wide Web Consortium) untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML (Hypertext Markup Language) namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.

Tool yang saya gunakan untuk merapikan template blog adalah xml beautifier, yaitu tool yang digunakan secara online. Berikut tampilan dari situs untuk merapikan script kode template blogspot tersebut.

Cara Merapikan Script Kode Template Blog
Tampilan Situs untuk Merapikan Script Kode Template Blog 

Cara Merapikan Script Kode Template Blog Kurang Rapi :

1 – Sediakan file template yang kurang rapi bisa dari file template atau dari dasbord blog anda
2 – Kemudian buka file kode template blog yang sudah siap
3 – Lalu kopi semua kode dari template anda
4 – Setelah mengcopy script template lalu kunjungi halaman http://xmlbeautifier.com/
5 – Pastekan script kode template pada kotak xml beautifier 
6 – Terakhir tekan tombol beautify now
7 – Kopi semua script kode yang telah tertata rapi tersebut kedalam template blog anda atau dalam file baru.

Baca Juga : Template terbaik untuk meningkatkan pengunjung blog anda


Memang ada beberapa pilihan untuk merapikan script kode secara online namun saya sendiri masih condong atau cocok dengan situs tersebut. Pernah saya mencoba menggunakan template viomagz kemudian saya coba beberapa tool kalau tidak salah ada 3 situs untuk merapikan script template termasuk situs yang diatas.

Dari tiga kali percobaan yang saya lakukan dalam merapikan script kode template ternyata yang paling berhasil dan tidak mengubah atau menghilangkan kode adalah situs yang saya uraikan diatas.
Situs-situs yang pernah saya coba untuk merapikan script kode template blog adalah :

1) https://www.freeformatter.com/
2) https://codebeautify.org/
3) http://xmlbeautifier.com/

Namun itu hanya untuk template viomagz template yang venomenal. Belum saya coba dengan template yang lain. Bagi anda yang mempunyai pengalaman selain menggunakan situs diatas dalam merapikan script kode template bisa di omongkan di sini pada kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara merapikan script kode template blogspot yang simple dan mudah ini. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi yang saat ini sedang membutuhkannya.

Banyak cara untuk merapikan template bisa secara manual atau dengan cara yang simple seperti cara saya diatas. Tergantung anda masing-masing mudahnya menggunakan cara yang bagaimana?.

Anda juga bisa berbagi dan membagikan pengalaman anda ketika merapikan script kode template blogspot pada kami melalui komentar dibawah. Barangkali ada yang lebih cepat lagi apa yang saya bagikan ini.

Posting Komentar untuk "# Cara Merapikan Script Kode Template Blog yang Kurang Rapi"