Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[SHARE] Cara Hemat Kuota Internet Windows 10 Berdasar Pengalaman dan Manjur

Banyak di forum atau group yang mencari cara menghemat kuota internet windows 10 baik itu forum facebook dan forum-forum yang lain seperti kaskus. Windows 10 memang boros akan kuota internet.

Cara Hemat Kuota Internet Windows 10
Cara Hemat Kuota Internet Windows 10 
Kali ini massiswo.com akan membahas sedikit cara menghemat kuota di windows 10 yang mungkin bisa anda praktekkan dengan laptop atau komputer anda. Terutama bagi orang yang ingin irit kuota seperti saya pribadi.

Sebelumnya ketika awal-awal memakai windows 10 saya juga kaget dengan kuota yang biasanya saya gunakan biasanya sampai satu bulan itupun kadang masih sisa kuota internet yang tidak terpakai. Tapi ketika menggunakan windows 10 kuota internet hanya dalam waktu kurang lebih dua minggu sudah nol gigabyte.

Dengan pesan kurang lebih seperti ini :

Sisa Kuota Utama : 0.0 MB. Nikmati Youtube, Instagram, Chat, Sosmed sepuasnya dengan paket Unlimited di *123# atau bla...bla...

Untuk lebih jelasnya biar anda tahu bahwa saya tidak berbohong dibawah ini saya screenshoot jatah kuota saya selama satu bulan itu yaitu 7 GB dengan gratis youtube, instagram, dan sosmed. Dan pada screenshoot tersebut saya membeli kuota terakhir pada tanggal 27 februari 2019 berikut buktinya.

Cara Hemat Kuota Internet Windows 10
Bukti awal pembelian kuota

Penggunaan saya selama menggunakan kuota internet saya gunakan untuk membuat artikel blog dan browsing hanya sekedar baca-baca kalaupun menggunakan youtube hanya menonton dan itupun gratis kecuali jika saya mendownload dan pada kenyataanya saya jarang sekali mendownload.

Dan berikut screenshot ketika kuota saya habis selama memakai windows 10. Dalam waktu 27 februari sampai 17 maret kouta saya sudah nol MB jadi hanya gratis youtube, Instagram, dan sosmed. Dibawah ini sebagai buktinya..

Cara Hemat Kuota Internet Windows 10
Bukti dalam waktu 2 minggu sudah habis
Diatas terlihat jam 12.00 WIB sisa kouta saya masih 1.2 GB dan ketika saya cek jam 20:48 WIB kuota saya sudah jadi 0.0 MB. Kaget bingung dan lain sebagainya. Dalam hati kok bisa seperti ini borosnya windows 10. Tidak bisa diajak hemat malah sebaliknya.

Cara-cara yang pernah saya lakukan adalah mulai mematikan update windows 10 dan cara-cara yang lain yang saya peroleh dari informasi browsing di internet. Tapi belum membuahkan hasil yang saya inginkan bahkan ketika saya matikan sistem update windowsnya beberapa waktu kemudian pengaturan tersebut kembali lagi menjadi otomatis update.

Ada satu cara yang sampai saat ini saya gunakan dan menurut saya bisa sangat menghemat kuota di windows 10 terutama bagi yang menggunakan modem atau hotspot smartphone sebagai jaringan internetnya.

Anda bisa menggunakan cara yang saya pakai semoga bisa sama berhasilnya dengan saya. Dibawah ini akan saya uraikan cara menghemat kuota internet di windows 10. Cara ini saya gunakan menggunakan Windows 10 Home Single Language

Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 10 yang Terbukti Manjur

1. Langkah pertama klik ikon wifi dipojok kanan bawah, dan klik kanan pada koneksi wifi yang anda gunakan sebagai hotspot atau Pilih menu properti (pastikan wifi yang anda pilih dari modem atau hotspot smartphone anda) lihat pada gambar berikut ini :

Cara Hemat Kuota Internet Windows 10
Menu properties

2. Kemudian akan terbuka jendela baru yaitu pengaturan koneksi ke jaringan wifi yang kita pilih sebelumnya. Cari dan pilih menu Metered Connection jika sudah ketemu pada Set as metered connection pilih pada posisi On (aktifkan) seperti gambar dibawah ini.


Set as metered connetion
Dengan cara diatas insya Allah saya bisa menjamin kuota internet anda akan lebih hemat tanpa harus boros kuota. Seperti kita ketahui bahwa fitur-fitur di windows 10 ini sangat berbeda dengan windows sebelumnya.

Pada windows 10 ini seperti pada aplikasi-aplikasi android dibutuhkan pembaharuan setiap terkoneksi dengan jaringan internet. Begitu juga windows 10 apabila sudah terkoneksi dengan jaringan internet baik wifi atau lan maka fitur-fitur didalamnya akan terupdate secara otomatis.

Namun dengan cara yang saya uraikan diatas sampai tulisan ini terbit disini kuota internet smartphone saya yang saya jadikan hotspot lebih terkontrol dan hemat kuota. Jadi tidak kawatir lagi dengan boros kouta windows 10.

Demikian cara menghemat kuota internet di windows 10 yang bisa saya bagikan disini semoga tulisan diatas bisa bermanfaat bagi yang saat ini kebingungan cara menghentinkan boros kuota windows 10.

Mungkin ada cara lain selain cara diatas silahkan pengalaman anda kiranya dapat dibagikan pada kami melalui kolom komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "[SHARE] Cara Hemat Kuota Internet Windows 10 Berdasar Pengalaman dan Manjur"