Cara Melatih Menulis Konten Blog Agar Konsisten Update Artikel

Banyak blogger baru ketika memulai membangun blog sangat semangat karena iming-iming mencari duit secara online terlihat mudah lalu ikut-ikut mencoba nasib dengan membuat blog kemudian mencari template yang bagus dan seterusnya dan seterusnya.

Cara Melatih Menulis Konten Blog Agar Konsisten
Cara Melatih Menulis Konten Blog Agar Konsisten
Apalagi kalau ada yang ngeshare screenshot pendapatan dan penerimaan gaji dari adsanse misalnya kita langsung pengen seperti orang tersebut.

Contoh screenshoot pendapatan adsanse dan pembayaran adsanse

Seperti gambar diatas tentu itu membuat iri dan membangkitkan keinginan untuk bisa seperti orang tersebut dalam menghasilkan uang dari ngeblog.

Biasanya kebanyakan orang dalam mengawali karir ngeblog kebanyakan berangkat dari situ. Yaitu dari pengen kayak itu lah kayak inilah. Tapi itu wajar sekali dan sangat wajar sekali, kenapa? Sudah menjadi rahasia umumlah kalau kita pengen cepat-cepat mendapatkan uang dari apa yang kita kerjakan.

Pokoknya menurut saya pribadi seperti itu mungkin ada yang lain tapi itu jika dihitung dalam persen yang tujuannya selain uang masih nol komalah.

Pengalaman dulu awal mulai terjun ke dunia blog urutannya seperti ini, mungkin dari anda ada yang sama seperti saya berikut urutannya :

Kesalahan Bloggeer Pemula

Cara Melatih Menulis Konten Blog Agar Konsisten

1. Tergiur iming-iming dapat uang dari blog
2.  Mulai membuat blog
3.  Mencari template dan kemudian gonta ganti template
4.  Buru-buru daftar adsanse atau program yang sejenis, padahal artikel baru 10 biji atau sekitarnya lah
5.  Mengeluh bingung kok ditolak terus daftar adsanse akhirnya putus ditengah jalan mulai kendor ngeblognya
6.  Beberapa waktu mencoba dan ditolak lagi dan ditolak lagi...
7.  Lalu pupus sudah harapan

Dan begitu seterusnya ada kelanjutannya dari urutan-urutan di atas untuk blogger karbitan seperti saya juga ini begini lanjutannya.

8. Coba bangun lagi dan artikel banyak yang kopas
9. Daftar adsanse lagi dan  gagal lagi
10. Sampai akhirnya diterima adsanse atau beli akun adsanse

Begitu diterima adsanse hati pasti sangat senang nulis artikel semangat empat lima, namun apa yang terjadi ya pendapatan adsanse tidak seperti yang kita bayangkan Cuma beberapa perak saja tiap harinya.

Kurang lebih begitulah para blogger pemula seperti saya ini mengawali karirnya. Dari awal tergiur sampai akhirnya ketika dipraktekkan tidak sesuai ekspektasi.

Kalau dari pengalaman point utama menurut saya pribadi adalah terletak pada isi blog itu sendiri yaitu konten. Yang lainnya adalah penyedap saja dan untuk konten adalah sebagai menu utama yang sangat istimewa.

Dan menurut pengalaman pribadi saya sendiri hal terberat dalam membangun blog adalah konsisten menulis artikel dan belajar terus belajar mengenai blogging.

Blog menurut pemikiran saya sama halnya dengan berbisnis di dunia nyata anda harus rela melakukan apapun ketika membangun bisnis mulai dari nol.

Sebagai contoh kita membuka usaha warung kopi tentu hal-hal yang dipersiapkan adalah modal berupa uang untuk membeli peralatan.

Setelah uang ada kita survey dulu dimana tempat yang cocok untuk kita bangun warung kopi tentu pemikiran kita adalah tempat yang ramai dengan harga sewa lokasi yang murah. Kemudian langkah berikutnya jika tempat dan lokasinya sudah dapat maka langkah selanjutnya membuat desain warung kopi kemudian jika sudah membangun tentu kita tinggal berdagang kopi.

Kalau warkop yang menentukan kesuksesannya adalah lokasi yang strategis untuk masalah rasa kopi dan fasilitas yang lain merupakan pendukung saja.

Baca : Cara mengatasi malas ngeblog


Begitu juga dengan ngeblog pertama kita persiapkan peralatannya dulu yaitu smartphone atau laptop dan tentu kuota internet untuk bisa memulai membuat blog.

Kemudian langkah selanjutnya kalau membuat warkop kita survey tempat tapi kalau blog adalah menyewa hosting dan domain sebagai lapak kita menawarkan istilahnya dagangan kita.

Kalau kita berbisnis warkop yang menentukan sukses tidaknya adalah lokasi namun untuk blog yang menentukan sukses tidaknya adalah konten dan pengelolaannya.

Kebanyakan blogger pemula dia akan malas menulis konten entah itu tidak punya ide, bingung apa yang mau ditulis dan lain sebagainya. Intinya terlalu banyak alasan.

Membuat blog sampai menghasilkan juga butuh proses dan waktu serta pengorbanan yang tidak sedikit.

Saya tidak akan membahasnya terlalu banyak mungkin jika dibahas akan memakan sampai 20 halaman bisa. Intinya jika ingin sukses ngeblog nikmati semua prosesnya cintai dulu apa yang kamu kerjakan jangan banyak mengeluh cari semua solusi apa yang menjadi kendala dalam membangun blog anda. Jangan berharap uang dulu bangun pondasi yang kuat nanti uang itu akan mencari anda.

Sebenarnya tulisan diatas tidak ada kaintannya dengan yang inging saya bahas tapi masih ada sangkut pautnya.

Pada postingan ini saya akan membahas bagaimana caranya agar kita bisa rutin menulis artikel tanpa kebuntuan ide dan mau nulis apa? Berikut ini cara-cara yang saya lakukan.

Cara Melatih Menulis Konten Blog Agar Konsisten 

Cara Melatih Menulis Konten Blog Agar Konsisten

1. Latihlah menulis konten dengan berdasarkan pengalaman sehari-hari itu akan lebih mudah untuk melatih kita dalam membuat konten yang baik.

2.  Jangan menulis konten yang tidak kamu kuasai itu akan menghambatmu menulis dan kalaupun jadi ketika dibaca pasti tidak akan enak dinikmati oleh pembaca.

3.  Memperbanyak aktivitas atau membaca, dengan banyaknya aktifitas akan memunculkan ide untuk ditulis diblog dan dengan membaca tentu wawasan kita lebih luas dan ketika akan menulis artikel akan lebih mudah.

4. Buatlah catatan kecil atau bawa buku saku atau bolpoin untuk mencatat hal-hal yang perlu ketika kita beraktifitas atau dalam perjalanan. Saya yakin ketika orang beraktifitas ide itu akan muncul bisa sehingga ide-ide itu bisa kita buat untuk bahan konten blog kita. Kalau ide itu tidak di catat pasti akan lupa apa yang akan kita tulis.

5. Banyak bergabung dengan forum atau group yang membahas tentang blog agar pengetahuan kita juga bertambah dan jadikan masalah-masalah mereka sebagai bahan penulisan konten anda yang bisa anda kuasai pembahasannya.

6.  Carilah ide atau bahan konten yang ada disekitar kita dulu karena akan lebih mudah menulisnya dan gunakan bahasa yang santai dan tidak kaku. Untuk pemula jangan hiraukan SEO menulis dan terus menulis untuk mempelajari ilmu SEO bisa dipelajari pelan-pelan.

7. Selalu berdoa dan telaten membangun blog.

Ketujuh hal diatas tersebut dapat membiasakan anda menulis konten blog secara rutin dan sampai saat ini saya praktekkan.

Semoga artikel diatas bisa menjadikan pencerahan bagi blogger yang lain ketika kebuntuan ide menulis menghinggapi kita.

Tentu selain ke tujuh hal diatas pasti ada tips lain yang bisa melatih kita konsisten dalam menulis konten artikel blog.

Karena setiap orang mempunyai cara dan tips sendiri dalam mengupdate artikel blog dan setiap orang tidak sama caranya. Tulisan diatas hanya sebatas pengalaman dan ilmu yang didapat dari kegiatan ngeblog selama ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Melatih Menulis Konten Blog Agar Konsisten Update Artikel"

Posting Komentar

--> Berkomentarlah secara bijak dan sopan
--> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel