Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Puasa Senin Kamis yang Wajib Anda Tahu

Manfaat puasa senin kamis – Puasa adalah secara dhohir menahan lapar dan dahaga mulai dari terbitnya fajar (waktu subuh) hingga terbenamnya matahari atau waktu maghrib tiba.

Puasa senin kamis merupakan ibadah sunah di ajarkan oleh nabi Muhammad saw sebagai ibadah tambahan selain ibadah yang telah diwajibkan.

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan melaksanakan puasa sunah senin kamis ini. Baik untuk kesehatan juga dari segi-segi yang lain.

Pada kesempatan kali ini admin akan membahasa manfaat puasa senin kamis dari berbagai aspek.

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kecantikan

1)  Menjaga berat badan tetap ideal

Banyak manfaat puasa yang apabila dilakukan penelitian mungkin manfaatnya banyak sekali. Salah satunya menjaga berat badan tetap ideal.

Manfaat puasa senin kamis apabila dilakukan secara rutin dan berkelanjutan bisa menurunkan berat badan dengan ketentuan ketika berbuka puasa harus tetap mengontrol asupan agar berat badan tidak kembali naik.


Baca : Bacaan niat puasa senin kamis disertai artinya


2)  Mencegah penuan dini

Berikutnya manfaat puasa senin kamis bagi kecantikan adalah mencegah penuaan dini. Dalam sebuah penelitian menghasilkan puasa dapat memperlambat proses penuaan dini sekaligus mencegah penyakit tua atau usia lanjut.

Jadi agar anda tetap bisa tampil fit dan bugar tanpa terlihat berusia tidak muda maka dengan rutin melakukan puasa senin kamis anda akan terlihat muda.

3)  Peremajaan sel kulit

Ketika anda sedang menjalankan puasa senin kamis metabolisme dalam tubuh sedang berhenti bekerja dan hal itu yang menjadi penyebab sel-sel dalam tubuh lebih aktif seperti sel kulit.

Sel-sel kulit yang telah mati memang perlu diganti dengan sel kuti baru dan diremajakan kembali dengan rutin melakukan puasa senin kamis dengan rutin hal tersebut bisa tergantikan tanpa bantuan dari obat apapun.

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Pria, Wanita dan Pelajar

1) Meningkatkan kualitas Iman

Puasa senin kamis dapat melatih kuatnya iman dan ketaatan terhadap Allah SWT, semakin kita rutin melaksanakan puasa senin kamis semakin banyak manfaat yang kita peroleh.

Kualitas iman perlu dipertebal tidak hanya ibadah wajib namun juga dengan ibadah sudah salah satunya puasa pada hari senin dan kami.

2) Mengendalikan hawa nafsu

Salah satu musuh terbesar manusia bukan orang lain melainkan hawa nafsu. Sebagai contoh sering yang kita lakukan adalah menggunjing orang lain dan dosa-dosa kecil lainnya.

Dengan menjalankan puasa hal tersebut bisa kita cegah karena kita akan sadar bahwa kita sedang menjalankan puasa yang dimulai dari subuh hingga waktu magrib.

3) Menjaga daya ingat tetap optimal

Manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan dapat mengakitbatkan tekanan oksidatif ringan dan dapat membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA.

Dengan rutin puasa senin kamis dengan benar dapat meningkatkan kemampuan daya ingat dan dinilai lebih fokus terhadap pelajaran bagi pelajar

Manfaat Puasa Menurut Imam Gazali

Selain manfaat puasa senin kamis diatas banyak juga keuntungan bagi yang melaksanakan puasa seperti yang di sampaikan beliau bahwa orang yang ahli puasa kelak disurga akan ditempatkan pada surga khusus namanya Al Rayyan (kesegaran, kedamaian).

Tata Krama Berbuka Puasa Menurut Imam Gazali

Biasanya orang yang akan berbuka puasa banyak yang mengenyangkan perutnya. Namun ada satu hal yang dikatakan beliau bahwa wadah yang paling dibenci Allah adalah perut yang di isi dengan hal-hal halal yang tidak muat (kekenyangan).


Baca : Tuntunan sholat tahajud dan doanya


Jika orang merasa kekenyangan mereka akan menjadi malas melakukan sesuatu, mudah ngantuk dalam melakukan hal apapun dan banyak hal-hal yang tidak baik bila perut kita terlalu kekenyangan.

Demikianlah uraian tentang Manfaat puasa senin kamis yang bisa admin tulis pada postingan ini. Semoga kita bisa menjadi orang yang selalu taat dan menjauhi semua larangan Nya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Puasa Senin Kamis yang Wajib Anda Tahu"