Cara Pasang Al Quran di Word 2007, 2013 dan 2016 dengan Quran In Word

Menambahkan Al Quran di Microsoft Word 2013, 2016 dengan Quran In Word - Apakah anda mencari cara bagiaman memasang al quran atau ayat-ayat al quran pada aplikasi microsoft word 2010, 2013, 2016 atau diatasnya. Pada kesempatan kali ini massiswo.com akan memberikan tutorial cara menambahkan al quran pada microsoft word.


Salah satu kebutuhan mengetik untuk umat islam adalah mengetik arab dan memasukkan ayat-ayat al quran atau hadist pada naskah atau ketikan dokumen. Namun secara default microsoft office tidak memberikan fasilitas tersebut fasilitas yang ada hanya huruf arab.

Mau tidak mau kita harus menambahkan sendiri secara manual agar bisa memasukkan instalasi aplikasi Al Quran pada microsoft office word yaitu beru Add-Ins.

Sebenarnya kalau hanya menulis tulisan arab sudah di fasilitasi sendiri dari pihak microsoft yaitu dengan menambahkan masukan fitur keyboard teks arab dengan format arabic.

Untuk membuat tulisan arab pada microsoft word sangat mudah. Dan saya pernah menulis cara mengaktifkan tulisan arab pada windows. Silahkan baca tulisan saya mengenai cara mengaktifkan tulisan arab pada windows.

Baca Juga : Cara mengaktifkan tulisan arab di microsoft word 2007, 2013 dan 2016 pada windows


Tentu menuliskan Al Quran butuh waktu yang lama jika harus mengetik satu persatu belum lagi ada kesalahan dalam mengetik sehingga bisa merubah makna yang terkandung dalam Al Quran tersebut.

Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan aplikasi dari pihak ketiga Add-Ins Quran In Word yaitu aplikasi tambahan untuk menambahkan fitur ayat-ayat Al Quran dan terjemahan atau pun maknanya ke dalam tulisan dokumen microsoft word.

Cara ini bisa diterapkan pada semua tipe microsoft office word mulai dari office word 2007, 2010, 2013, 2016 maupun office word 2019.

Dengan menambahkan Add-Ins Quran in Word ini akan memudahkan kita dalam mengutip ayat-ayat Al Quran tanpa kita harus mengetik ayat-ayat tersebut satu per satu.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi anda jika berprofesi sebagai penulis tentang islam yang membutuhkan tulisan berbentuk ayat-ayat Quran

Dan yang sering kita lihat disekitar kita untuk menulis ayat-ayat Al Quran yaitu para pendidik atau pengajar agama yang otomatis akan selalu ada keterkaitan dengan materi Al Quran ataupun hadist sehingga wajib bagi pendidik untuk menginstal Add-Ins Quran in Word pada aplikasi officenya untuk memudahkan dalam pengajarannya.

Sebelum memasang sebaiknya anda menyiapkan instalernya yang telah kami sediakan dibawah ini :

Link Unduhan Quran In Word dari berbagai versi yang bisa di download;

1) Link Add-Ins Instaler Quran In Word Versi Lama 2.2

- Download Quran in Word Versi 2.2 Office 32 Bit
- Download Quran in Word Versi 2.2 Office 64 Bit

2) Link Add-Ins Instaler Quran In Word Versi Baru 3.0

- Download Quran in Word Versi 3.0 Office 32 Bit
- Download Quran in Word Versi 3.0 Office 64 Bit

Download salah satu instaler Add-Ins Quran in Word yang sesuai dengan tipe microsoft office anda. Memakai tipe microsoft office 32 bit atau 64 bit agar bisa terpasang dengan baik dan bisa digunakan

Cara Pasang atau Instal Quran In Word pada semua Microsoft Office Word

1) Pertama anda harus menutup semua aplikasi microsoft office yang sedang berjalan
2) Selanjutnya jalankan aplikasi quran ini word yang telah anda download sebelumnya tinggal tekan tombol next terus sampai muncul tombol finish.
3) Jika sudah finish sekarang jalankan microsoft office word anda jika berhasil akan ada tambahan Add-Ins Menu Al Quran yang menggunakan font arab seperti gambar dibawah


Mengatasi Al Quran tidak tampil di Microsoft Office Word setelah instal Quran in Word

Kadang setelah instalasi selesai Add-Ins Quran in Word ini ada yang tidak langsung tampil anda bisa mengatasi dengan cara-cara berikut ini :

1) Pada beberapa windows net framework 3.5 belum aktif atau terinstal anda harus mendownload untuk menginstalnya dan mengaktifkannya.

2) Menu Add-Inss belum tercentang sehingga ketika instalasi selesai tidak bisa tampil. Untuk mengaktifkannya caranya klik menu File – Option – Customize Ribbon, lalu centang pada bagian Main tabs di menu Add-Ins

3) Kesalahan dalam memilih instaler Quran in Word 32 bit atau 64 bit. Ini perlu anda tahu bahwa jika microsoft office anda menggunakan versi 32 bit jangan di instal Quran in word yang 64 bit. Instalah dengan Quran in Word yang 32 bit juga. Hal ini pernah saya alami sendiri berkali-kali menginstal Quran in Word tetapi tidak muncul. Ternyata Microsoft office yang saya pakai tipe microsoft office 32 bit sedangkan yang saya instal versi 64 bit. Pantesan saya instal Quran in word yang 64 bit tidak bisa tampil. Jadi yang menentukan 32 bit atau 64 bit itu bukan windowsnya akan tetapi bit pada microsoft officenya.

Keunggulan Quran In Word yang terbaru yaitu seri 3.0

1. Tampilan tab baru dengan tulisan Al-Qur’anul Karim yang menyatu dengan toolbar Ms Word sejajar dengan menu-menu utama pada microsoft word

2. Browse Quran dan Search Quran tampilan menyatu dengan halaman tepatnya pada sebelah kiri dukumen.

3. Tambahan Ayah Style (Bracket, Switch, New line, Verse Address, Mark Ayah dan Borders), mengatur jenis font yang digunakan dan ukuran font di inginkan.

4. Word by Word (translate ayat per kata) tiap ayat dalam Al Quran.

5. Translation style; Tambahan tafsir (Arab, English – Sahih International, Indonesian – Bahasa Indonesia, Tafsir English:Tafheem -Maududi, Tafsir Indonesian:Tafsir Jalalayn, Tafsir Ringkas Kemenag, Tafsir Lengkap Departemen Agama), Pilihan font, ukuran font dan Multiple tafsir (tafsir lebih dari satu bahasa).

6. Islamic Symbol terdapat 4 kategori symbol dan pilihan border.

Keuntungan memasang Quran in Word pada aplikasi microsoft office word

1) Tanpa harus menulis per huruf atau ayat
2) Terhindar dari kesalahan penulisan
3) Sudah ada terjemahan langsung
4) Sudah ada terjemahan per ayat tiap surat
5) Bisa memilih model atau jenis font arab yang digunakan

Dan disini saya beri tutorial cara memasukkan ayat atau surat Al Quran dengan Add-Ins Quran in Word 3.0 karena tampilannya sangat beda dengan Quran in Word sebelumnya.

Cara menggunakan Quran in Word Versi 3.0

1) Pertama klik Add-Ins Quran ini Word, cara yang saya gunakan adalah Quran in Word versi 3.0


2) Pilih surat pada Al Quran dan ayat berapa sampai berapa yang ingin ditampilkan, lihat contoh gambar dibawah ini.



3) Selanjutnya pada group menu Action pilih jenis tampilan yang ingin dikehendaki yaitu ayat saja atau beserta terjemahannya, kalau ingin ditampilkan kedua-duanya centang pada kedua-duanya seperti gambar dibawah ini.



4) Pada group menu Ayah Style ini ada beberapa yang harus dipahami
- Bracket berfungsi untuk memberi kurung kurawal pada surat atau ayat
- New Line berfungsi untuk menulis secara menurun dari atas ke bawah ditulis per ayat
- Mark Ayat berfungsi untuk penomoran tiap ayat.
- Yang lain bisa anda coba sendiri fungsinya,

Sebagai contoh saya memilih mark ayah yaitu penomoran tiap ayat klik pada ikon Mark Ayah untuk mengaktifkan dan juga pilih ukuran dan jenis font yang digunakan disini saya menggunakan font uthmanic


5) Terakhir klik tombol Write to Document untuk menampilkan pada dokumen tulisan.



6) Dan hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini untuk terjemahan tiap ayat


7) Selain tampilan terjemahan per ayat pada Quran in Word 3.0 ini bisa menampilkan terjemahan per ayat ke dalam bahasa indonesia salah satunya seperti gambar dibawah ini dengan mengaktifkan menu Word by Word dan memilih translation dengan bahasa indonsia seperti tampak pada gambar dibawah ini.



8) Hasil terjemahan per ayat dengan menggunakan Word by Word dengan translation atau terjemahan bahasa indonesia



Demikianlah cara menambahkan al quran di microsoft word 2013, 2016 atau 2019 dengan add-ins Quran in Word versi 3.0 sebagai contoh pemasangan dan penggunannya.

Baca Juga : Cara menampilkan WordArt 2007 di Word 2013, 2016


Semoga tutorial diatas bisa membantu anda untuk memasang Al Quran pada aplikasi office word.

Dalam berbagai komentar yang pernah saya baca kadang setelah memasang Quran in word tidak langsung berhasil. Dan menurut perkiraan saya kesalahannya pada pemilihan add-ins Quran in Wordnya antara 32 bit dan 64 bit.

Sebaiknya sebelum memasang anda harus tahu berapa bit microsoft office yang terpasang pada komputer atau laptop anda apakah microsoft office 32 bit atau microsoft office 64 bit. Itu sangat penting.

Akhir kata apabila ada pertanyaan tentang kesulitan dalam pemasangan Al Quran pada microsoft word silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Pasang Al Quran di Word 2007, 2013 dan 2016 dengan Quran In Word"

Posting Komentar

--> Berkomentarlah secara bijak dan sopan
--> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel