Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Materi Belajar Microsoft Word Bagi Pemula Yang Dapat Anda Kuasai Dalam Waktu 35 Menit

Cara Belajar Microsoft Word saat ini sangat mudah tanpa harus kursus cukup buka laptop anda baca dan praktekkan tutorial artikel ini sampai tuntas

Daftar Isi

Belajar Microsoft Word Bagi Pemula

Panduan ini akan mengajari anda cara mengusai program microsoft word dari nol sampai bisa mencetak dokumen.

Cara cepat belajar microsoft word yang tepat dan cepat menguasai materi adalah dengan sering mencoba dan di lakukan secara berulang-ulang



Tutorial belajar microsoft word untuk pemula ini saya uraikan dengan bahasa yang mudah dipahami bagi pemula yang benar-benar belum paham tentang program microsoft office word.

Karena artikel ini akan panjang jadi siapkan kopi atau minuman segar disamping anda agar pikiran tetap segar dalam mencerna materi yang disampaikan dibawah ini.

Sudah siap...



...Ayo kita mulai...


1. Siapkan Hal Berikut Ini Untuk Belajar Microsoft Word


Apabila anda ingin belajar microsoft word dengan baik alat-alat ini harus ada didepan anda.

a) Komputer atau laptop

Hal ini wajib anda gunakan, sekali lagi jangan menggunakan smartphone untuk anda yang baru belajar microsoft word.

Usahakan menggunakan komputer atau laptop untuk belajar.

b) Program Microsoft Word

Tentu hal yang wajib ada setelah adanya alat laptop atau komputer maka program microsoft word harus sudah terinstal pada komputer anda.

Sekarang silahkan dilihat dikomputer atau laptop anda apakah sudah terinstal atau belum. Jika belum saya sudah ada tutorialnya.

Untuk menginstal program microsoft word sangat mudah sekali,seperti menginstal program yang lain hanya tinggal next saja sampai finish

c) Minuman Segar

Hal yang paling berat adalah belajar, namun jika anda mempunyai kemauan yang kuat belajar akan terasa ringan.

Jangan lupa siapkan minimal air putih atau jus segar agar belajarnya bisa santai dan tidak tegang. Dan bisa rileks

2. Cara Menjalankan Microsoft Word


Microsoft word adalah program pengolah kata yang sangat terkenal dan mudah diopersionalkan

Untuk membuka program Microsoft word tipe berapapun mulai dari Microsoft word 2007, 2010, 2013, 2016 sampai 2019 semuanya caranya hampir sama saja. Semakin baru semakin mudah digunakan

3 Cara menjalankan program microsoft word. :


a) Melalui Start Menu

Semua program di komputer perlu anda tahu cara untuk memulainya di tombol start yang letaknya di pojok kiri bawah jika anda pengguna windows.

Caranya Klik tombol Start -> Pilih Program/All program -> Lalu pilih program microsoft office -> Klik 1 kali pada pada Microsoft Office Word 2007/2010/2013 (sesuaikan dengan tipe microsoft word anda)


b) Melalui Ikon Desktop

Ikon adalah sebuah gambar dari program yang memiliki fungsi. Di dekstop jika anda lihat ada banyak program dan namanya berbeda-beda.

Untuk program microsoft word cara menjalankannya adalah klik dua kali pada ikon MS Word secara cepat tanpa jeda pada.

Atau Letakkan mouse pada gambar atau ikon microsoft word kemudian klik kanan Muncul kotak menu pilih pada menu Open klik satu kali dan tunggullah beberapa saat sampai program MS Word akan terbuka



c) Melalui Kotak Pencarian

Jika anda kesulitan dengan dua cara diatas silahkan klik pada Start, lalu ketik pada kotak pencarian kata "Word" otomatis nama Microsoft word akan muncul seperti pada gambar



Apabila sudah jalan maka program pengolah kata microsoft word tersebut akan terbuka seperti pada gambar dibawah ini,


Dan dibagian atas tersebut merupakan menu-menu yang disediakan oleh Microsoft word yang akan kita pelajari satu persatu.

Perlu saya tulis disini pada menu diatas yang dibuat praktek adalah microsoft word 2010, untuk anda yang memakai selain versi 2010 caranya hampir sama jadi tinggal menyesuaikan saja.

Bagi yang masih pemula dalam belajar microsft word tidak perlu mengerti semua menu-menu pada microsoft word cukup tahu saja, yang penting adalah materi dasar-dasar saja seperti pada artikel yang disajikan ini.


3. Mengatur Satuan Ukuran di Microsoft Word


Materi berikutnya sebagai materi dasar belajar microsoft word adalah mengatur ukuran satuan, ini digunakan untuk mengatur jarak tepi ketikan atau ketika membuat sebuah gambar yang memerlukan ukuran seperti centimeter.

Secara umum kalau di negara kita satuan yang paling sering digunakan adalah ukuran centimeter, untuk mengubahnya silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

langkah 1, Klik pada menu File atau Office button cari menu Option



langkah 2, Kemudian setelah Jendela Option tampil pilih menu Advance disebelah kiri, dan bagian jendela sebalah kanan cari menu Show meassurement in unit of: ganti satuannya menjadi Centimeters,

Untuk menemukan menu itu perlu di geser kebawah karena letaknya di tengah.



Langkah 3, Jika sudah klik tombol Ok

Dari sini materi tentang mengatur ukuran satuan sudah selesai, apabila belum paham silahkan baca ulang dari point yang belum paham sebelum menginjak ke materi selanjutnya.


4. Menu-Menu Utama Pada Microsoft Word


Berikutnya setelah selesai dari materi ketiga selesai anda akan mempelajari menu-menu utama yang ada di microsoft word silahkan lanjut membaca materinya dibawah ini.

Setelah menjalankan dan mengatur satuan ukuran program microsoft word maka kita akan belajar mengenal menu-menu utama yang ada di microsoft word.


Ada beberapa menu dalam microsoft word yang antara lain menu yang perlu anda tahu saja tidak harus mengerti semua.

a) Menu Home

Menu home digunakan untuk mengatur bentuk atau model huruf, ukuran huruf, warna huruf. Selain itu juga untuk mengatur teks atau kalimat dan juga untuk mencopy, paste kata atau kalimat

b) Menu Insert

Menu insert berfungsi untuk memasukkan obyek bisa berupa foto, diagram, Grafik, Tabel, Halaman bahkan untuk membuat sebuah cover itu juga bisa melalui ini.

c) Menu Design

Menu design ini berfungsi untuk mengatur gaya bentuk teks, memberi watermark pada dokumen, serta memberi border atau bingkai pada dokumen.

d) Menu Layout

Menu layout ini menu sangat penting dalam microsoft word karena setiap mau mengetik anda harus mengatur melalui menu ini. Menu Layout pada MS word berfungsi mengatur pilihan kertas dan mengatur batas-batas teks. Batas atas, kanan, kiri dan batas bawah

e) Menu References

Menu References Berguna untuk pengaturan tulisan yang berhubungan dengan sumber penulisan atau rujukan dalam penulisan berbentuk makalah atau karya lain seperti buku, skripsi, karya tulis ilmiah dan lain sebagainya.

Biasanya istilah yang sering digunakan adalah footnote atau sumber penulisan

f) Menu mailing

Menu Tab Mailings pada ms word berfungsi untuk membuat dan mencetak surat secara massal namun isi dan bentu surat masih sama yang berbeda adalah nama dan alamat tujuan dari surat tersebut.

Untuk penerapannnya silahkan baca membuat surat secara masal dengan menggunakan mailing di microsoft word

g) Menu Review

menu Tab Review merupakan tab yang terdapat pada program Microsoft Word, menu Tab Review secara umum berguna untuk memeriksa kesalahan penulisan dan bisa digunakan untuk memproteksi dokumen.

Group-group ribbo didalamnya berisi ikon-ikon yang berguna untuk memeriksa ulang dokumen, seperti: memeriksa ejaan kata, mengganti penggunaa bahasa yang digunakan, terjemah bahasa, serta memasukkan komentar dalam dokumen, dan sebagainya.

h) Menu View

Tab view sesuai namanya yaitu untuk mengatur tampilan pada layar, maksudnya adalah tampilan program dilayar laptop anda seperti mode print, mode baca dan sebagainya

Menu-menu diatas tidak harus mengerti satu persatu kalau itu tidak penting untuk menunjang pekerjaan anda.

Hasilnya malah akan membuang-buang waktu berharga anda….

Pelajarilah hal-hal yang penting dari program microsoft word ini yang sering digunakan untuk menunjang aktifitas anda saja itu yang penting.


5. Cara mengatur Ukuran Kertas Sebelum Mulai Membuat Dokumen


Materi kelima adalah mengatur ukuran kertas sebelum mulai mengetik sebaiknya anda mengatur ukuran kertas pada dokumen microsft word.

Hal ini penting dilakuan agar anda tidak kerja dua kali, biasanya kebanyakan orang ketika menggunakan Microsoft word mengetik dulu baru mengatur belakangan.

Berikut ini cara mengatur ukuran kertas pada microsoft word :

Cara 1 Mengatur Ukuran Kertas :

Langkah 1, Klik Menu Layout/Page Layout pada menu utama Microsof word
Langkah 2, Setelah ikon ribbon Layout tampil pilih ikon Size kemudian pilih ukuran kertas yang akan dipergunakan seperti contoh A4, Letter, atau F4 seperti pada gambar dibawah ini



Apabila kertas anda folio maka beda lagi caranya, tapi bagi yang masih belajar microsoft word pemula materi itu tidak saya masukkan disini.

Namun apabila anda tertarik mempelajarinya silahkan baca pada postingan saya.

Ukuran kertas yang sering digunakan dalam membuat dokumen di negara kita adalah A4, Letter, F4 / Folio.

Cara 2 Mengatur Ukuran Kertas Dokumen :


Cara kedua ini untuk mengatur kertas sangat beda dengan cara pertama karena lebih menggunakan cara manual berikut ini caranya.

langkah 1, Klik pada menu layout/ Page Layout
langkah 2, klik tanda panah seperti pada gambar lalu pilih tab paper, pada menu paper size pilih ukuran kertas yang anda gunakan.



langkah 3, klik tombol Ok jika sudah selesai


6. Mengatur Jarak Tepi Kertas Pada Dokumen


Setelah ukuran kertas selesai anda atur maka hal yang harus di setting berikutnya adalah mengatur jarak tepi kertas sebelum memulai mengetik.

Perhatikan pada gambar dibawah ini adalah merupakan batas tepi ketikan, dalam istilah microsoft word disebut margin.



Apabila anda mengerjakan sebuah skripsi atau laporan apapun maka ini penting dilakukan agar teks lebih rapi.

Untuk mengatur jarak tepi kertas ada dua cara yaitu diatur secara otomatis atau mengatur sesuai keinginan kita.

Cara mengatur margin di microsoft word

Langkah 1, Klik menu Layout / Page Layout
Langkah 2, Klik pada menu Margin pada menu Margin telah disediakan ukuran standart microsoft word mulai dari Normal, Narrow, Moderate, Wide, Mirrored dan disampingnya tersebut ada ukuran satuan sentimeternya anda bisa melihat pada gambar dibawah ini.



Langkah 3, Apabila tidak ada ukuran yang sesuai anda bisa membuatnya pada menu custom margin klik satu kali, maka akan tampil jendela page setup. Silahkan atur ukuran margin atau jarak sesuai yang anda butuhkan misalnya.

  • Top untuk mengatur jarak atas,
  • Left untuk mengatur jarak tepi kiri,
  • Buttom untuk mengatur jarak tepi bagian bawah,
  • dan Right untuk mengatur jarak tepi bagian kanan
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini


Langkah 4, apabila sudah selesai klik tombol OK

Materi mengatur jarak tepi kertas sudah selesai, sampai disini semoga anda tidak menemui kesulitan yang berarti.

Materi berikutnya adalah mengatur jarak spasi antar baris, Apabila masih kesulitan silahkan tinggalkan pesan dibawah untuk kita diskusikan bersama


7. Mengatur Jarak Spasi Antar Baris Teks di MS Word


Materi ketujuh adalah mengatur jarak spasi antar baris istilah dalam microsoft word adalah line spacing yang berfungsi untuk mengatur jarak spasi teks sesuai dengan kebutuhan.

Ada beberapa cara untuk mengaturnya pada Microsoft word telah disediakan menu pilihan jarak antar baris antara lain :

  • 1,0 artinya jaraknya 1 point (pt)
  • 1,15 artinya jaraknya 1,15 point (pt)
  • 1,5 artinya jaraknya 1,5 point (pt)
  • 2,0 artinya jaraknya adalah 2,0 point (pt)
  • 2,5 artinya jaraknya adalah 2,5 point (pt)
  • 3,0 yang berarti jaraknya yaitu 3,0 point (pt)

Untuk mengaturnya silahkan ikuti langkahnya berikut ini :

langkah 1, Blok teks terlebih dahulu teksnya seperti dibawah ini kemudian klik menu Home

Belajar Microsoft Word bagi Pemula

Cara Blok tulisan atau teks dengan cara meletakkan kursor awal tulisan  sambil ditekan mouse klik sebelah kiri di geser sampai dengan tulisan akhir yang akan diatur spasinya

langkah 2, Pada group menu Paragraph klik pada ikon Line spacing seperti gambar dibawah ini lalu pilih ukuran jarak yang di inginkan contohnya jaraknya 1,5 pt.

Belajar Microsoft Word bagi Pemula


Untuk jarak yang lain apabila pada pilihan menu tidak ditemukan anda bisa memasukkan secara manual dengan cara klik pada menu Line Spacing Option.

Kemudian masukkan ukuran yang anda butuhkan entah itu 4 pt, 5 pt atau yang lainnya.


8. Cara Mengatur Bentuk Huruf dan Ukuran Huruf


Panduan belajar microsoft word yang ke delapan adalah mengatur bentuk dan ukuran huruf,

Menu yang digunakan adalah Font yang digunakan untuk merubah bentuk atau model huruf yang digunakan dan Font Size  untuk mengubah ukuran huruf yang di pakai.

Secara umum huruf yang digunakan adalah Time new roman dan ukuran standart yang dipakai adalah 12 pt (point)

Bagaimana cara mengaturnya? ikuti langkah dibawah ini ;

langkah 1, Blok teks yang akan diatur fontnya atau hurufnya kemudian klik pada menu Home

langkah 2, Cari group menu Font lalu pada ikon Font dan pilih huruf yang digunakan semisal misal Time New Roman cari pada kotak yang disediakan.



Langkah 3, Dan untuk mengatur ukuran huruf gunakan ikon Font size pilih ukuran yang di inginkan misalnya 12 maka klik pada angka tersebut.



Mudah bukan….

Belajarnya pelan-pelan saja… ulangi materi-materi diatas biar tidak lupa cara menggunakannya.

Dan lebih baik sekalian dipraktekkan.

Jika perlu catat pada point-point yang sering digunakan.

Baca juga : Cara menambah font baru pada microsoft word

Dan selalu dipraktekkan setalah membaca tutorial sehingga tidak hanya diingat saja tetapi di sertai praktek


9. Cara Memulai Mengetik Teks dengan Metode 10 Jari


Cara mengetik sebenarnya tidak perlu saya ulas terlalu dalam di sini.

Namun saya berfikiran bahwa materi ini perlu saya ulas sedikit di sini, sebab apa?

Sebab saya percaya jika metode ini digunakan maka saya yakin cara mengetik dengan metode 10 jari akan sangat membantu mempercepat mengetik dokumen anda.

Jadi sebenarnya setiap jari kita itu sudah memiliki tempat dan posisi pada tiap karakter yang ada di keyboard.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini, letakkan posisi jari seperti pada contoh :



Kemudian untuk gerakan jari sesuai warna pada gambar dibawah ini :



Untuk awal memang sulit tapi jika itu dilakukan sesering mungkin maka anda akan terbiasa.

Dan keuntungannya adalah anda lebih cepat mengetik dengan cara metode 10 jari silahkan dicoba..

Tombol Keyboard Microsoft word yang sering digunakan dan fungsinya :


  • Tombol Space berguna untuk memberi spasi pada kata
  • Tombo Enter berguna untuk pindah baris berikutnya
  • Tombol Backspace berfungsi untuk menghapus satu teks atau karakter yang berada di depan kursor
  • Tombol Capslock memilik fungsi untuk membuat teks menjadi huruf besar atau huruf kapital.


Baca Juga : Software untuk melatih mengetik dengan cepat metode 10 jari.


10. Cara Mengatur Paragraf dengan Mudah


Saya asumsikan sampai pada materi ini anda telah mengetik beberapa baris atau kalimat, ini penting agar anda tahu bedanya dari cara pengaturan paragraf di microsoft word tersebut.

Jika belum mengetik silahkan anda buka program microsoft word anda kemudian silahkan ketik beberapa kalimat untuk dijadikan contoh.

Untuk mengatur paragraf di microsoft word ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan antara lain sebagai berikut :

  • Align Left berfungsi untuk mengatur teks rata kiri
  • Center berfungsi untuk mengatur teks rata tengah
  • Align Right berfungsi mengatur teks rata kanan
  • Justfy adalah mengatur teks rata kanan dan kiri


Untuk lebih jelasnya dari istilah tersebut diatas silahkan anda lihat pada gambar dibawah ini, dan lihatlah perbedaan antara yang paragraf yang satu dengan yang lain

Untuk penerapannya silahkan ikuti langkah berikut ini :

Langkah 1, Blok teks yang akan diatur paragrapnya.

Langkah 2, Klik menu Home pilih group menu Paragraph dan klik pada ikon Paragraf yang digunakan, sebagai contoh gambar dibawah ini menggunakan ikon Center



Gimana sudah jadi kan, sangat mudah sekali belajar microsoft word itu. Gunakan cara yang sama untuk mengatur bentuk-bentuk paragraf yang lain.


11. Cara Memberi Penomoran Angka atau Simbol


Materi kesebelas belajar microsoft word bagi pemula adalah cara memberi nomor pada teks.

Memberi penomoran adalah materi dasar yang sangat penting dalam microsoft word. Karena hampir setiap mengetik diperlukan penomoran pada kata atau kalimat.

Model penomoran pada microsoft word ada dua jenis :


  • Ikon Numbering berfungsi untuk penomoran bentuk angka menggunakan 
  • Ikon bullet digunakan untuk penomoran bentuk simbol


Cara memberi nomor didalam dokumen baik bentuk angkat (bullet) atau nomor (numbering) pada microsoft word caranya sama saja seperti berikut ini penerapannya ;

Cara 1, Memberi Nomor bentuk Angka pada teks Microsoft Word

Langkah 1, Blok teks dahulu lalu klik menu Home
Langkah 2, Kemudian klik pada ikon Numbering pada group menu Paragraf




Cara 2, Memberi nomor bentu Simbol pada teks Microsoft Word

Langkah 1, Blog teks yang akan diberi bullet atau simbol
Langkah 2, Klik menu Home
Langkah 3, Klik pada ikon Bullets di group menu Paragraph




Sekali lagi untuk cara diatas bisa digunakan untuk pemberian penomoran bentuk angka atau simbol. Saya kira untuk memberi penomoran bentuk angka atau simbol tidak ada kesulitan yang berarti.

Intinya setiap mau merubah apapun usahakan teks itu di blok terlebih dahulu

12. Memasukkan Gambar Di dokumen


Materi cara belajar microsoft word yang kedua belas adalah memasukkan gambar atau foto kedalam dokumen kerja.

Belajar microsoft word ini jika dipelajari pelan-pelan dan berkesinambungan pasti mudah dimengerti asal sering berlatih dan praktik.

Untuk memasukkan dokumen gambar atau foto menu yang digunakan adalah menu Insert, caranya silahkan simak pada panduan dibawah ini.

Langkah 1, Letakkan pada menu Insert
Langkah 2, Pilih dan klik ikon Picture, lalu cari lokasi gambar yang disimpan jika sudah ketemu klik pada gambar dan klik tombol Insert




Langkah 3, Setelah gambar masuk agar bisa di edit dan dipindah pindahkan tempatnya maka foto harus di beri tambahan pengaturan melalui menu Wrap Text.

Caranya klik foto yang telah dimasukkan sebelumnya lalu pilih menu Format dan pilih ikon Wrap Text yang dipakai seperti dibawah ini



Wrap Text ini letaknya pada menu Format. dan Menu Format akan muncul jika gambar atau foto di dokumen tersebut pada posisi di klik.

Wrap text berfungsi sebagai mengatur tata letak foto atau gambar yang telah dimasukkan sebelumnya.


Ada beberapa pilihan menu Wrap text antara lain sebagai berikut :

  • In Line With Text wrap text ini berfungsi untuk mengatur posisi gambar sebaris dengan teks
  • Square ini berfungsi mengatur posisi gambar atau foto menimpa dan menggeser bagian dari teks
  • Tight berfungsi mengatur bagian teks yang diberi gambar akan mengikuti kontur atau pola gambar
  • Behind Text berfungsi untuk mengatur posisi foto atau gambar berada di belakang teks
  • In Front Of Text berfungsi untuk mengatur posisi foto atau gambar berada di depan teks
  • Top and Bottom berfungsi untuk mengatur posisi gambar atau foto berada di atas teks
  • Through berfungsi untuk mengatur posisi gambar atau foto berada di tengah-tengah teks
  • Edit Wrap Point berfungsi untuk mengatur dan menyunting bentuk gambar yang di inginkan
  • More Layout Options wrap text ini berfungsi untuk membuka pengaturan lebih lanjut


Pilihlah model wrap text sesuai dengan ke inginan atau yang anda butuhkan. Atau untuk lebih tahu perbedaannya silahkan klik satu persatu agar tahu perbedaannya.

Pada menu Insert ini anda tidak hanya bisa memasukkan gambar saja, anda juga bisa memasukkan garis, bidang kotak, lingkaran dan lain sebagainya.


Jadi apabila dokumen anda agar terlihat menarik maka kuasailah menu-menu di menu Insert karena dengan menu ini anda akan bisa membuat apapun hanya dengan microsoft word


13. Cara membuat tabel di microsoft word

Tutorial ketiga belas cara belajar microsoft word berikutnya adalah membuat tabel pada dokumen microsoft word.

Ada dua cara memasukkan tabel di microsoft word yaitu,

Cara 1, Dengan menggunakan ikon tabel

Pertama, Caranya klik pada menu Insert lalu pilih ikon Table arahkan kearah jumlah kotak yang di inginkan.

Arah kanan berarti memasukkan jumlah kolom sedangkan,
Arah ke bawah adalah untuk memasukkan jumlah baris


Pada contoh gambar diatas ada keterangan 4 x 8 Table artinya adalah jumlah kolomnya ada 4 dan jumlah barisnya ada 8.

Cara 2, Dengan menggunakan insert tabel

Menu Insert tabel digunakan untuk memasukkan tabel apabila menu yang disediakan kurang jumlahnya

Pertama, Caranya klik menu Table pilih Insert Table,



Kedua, Setelah muncul jendela Insert table isi Number of column dan Number of rows

  • Number of colum artinya jumlah kolom yang di inginkaan
  • Number of rows artinya memasukkan jumlah baris yang di gunakan



Ketiga, Jika sudah sudah klik tombol Ok


14. Membuat Halaman Otomatis di Microsoft Word


Salah satu fitur microsot office adalah membuat halaman secara otomatis dan model yang diberikan banyak pilihannya.

Ada beberapa pilihan penempatan nomor halaman di office word yaitu :


  • Top of page yaitu penempatan nomor halaman pada posisi atas
  • Buttom of page adalah penempatan nomor halaman pada posisi bawah
  • Page Margin adalah penempatan halaman pada bagian tepi
  • Current Position ialah penempatan nomor halaman sesuai dengan pilihan yang ada

Cara memberikan halaman pada microsoft word sebagai berikut :


Pertama, Klik pada menu Insert
Kedua, Cari group Header & footer pilih ikon Page number



Ketiga, Klik pada pilihan penempatan halaman yang anda inginkan, maka secara otomatis halaman anda akan terisi nomor yang telah anda buat

Pada contoh diatas penerapannya nomor halaman berada dibawah. Seperti buku pada umumnya.

Materi belajar microsoft word untuk pemula sudah sampai materi ke lima belas, Semoga sampai materi ini anda masih semangat belajar dan mencobanya.


15. Membuat Cover Keren di Microsoft Word


Di materi kelima belas ini anda akan belajar cara membuat cover otomatis di microsoft word .

Desain cover ini sudah disediakan oleh program office word itu sendiri, sehingga anda tidak perlu memikirkan desain yang akan anda gunakan.

Banyak pilihan desain untuk membuat cover di dokumen microsoft word, berikut cara menggunakannya.

Langkah 1, Klik menu Insert
Langkah 2, Kemudian pilih ikon Cover Page dan pilihlah model desain dari halaman yang disediakan dan klik satu kali pada cover yang digunakan.



Langkah 3, Silahkan ganti teks tersebut dengan teks dari anda sehingga hasilnya seperti dibawah ini.



Ketika anda membuat cover di microsoft word secara otomatis akan menambah halaman kosong di bawah halaman cover.
Tips menambah halaman kosong secara manual pada microsoft word dengan dua cara :
  • Cara Pertama pertama Tekan tombol Enter secara terus menerus sampai muncul halaman baru dibawahnya.
  • Cara kedua tekan tombol Ctrl + Enter dengan begitu secara otomatis akan tercipta halaman baru dibawahnya


16. Membuat Teks Artistik dengan Word Art


Kalau dalam program khusus desain untuk membuat teks artistik itu bisa menggunakan program corel draw atau photoshop.

Jika di microsoft word anda bisa menggunakan namanya yaitu WordArt. WordArt adalah program desain dalam bentuk teks. Bagaimana cara menggunakannya simak ulasannya berikut ini :

Cara menggunakan WordArt di Microsoft Word

Pertama, klik menu Insert
Kedua, Cari ikon WordArt yang berbentuk huruf A seperti gambar dibawah ini, setelah itu klik satu kali maka akan muncul pilihan desain menu model teks yang anda gunakan.



Ketiga, Ketika sudah dipilih bentuk format WordArt maka sekarang ketik teks sesuai dengan yang anda inginkan



Keempat, Untuk merubah gaya teks anda bisa menggunakan menu Text Effects caranya klik pada teks yang akan di beri effect lalu pilih menu Format dan klik pada ikon Text Effects yang anda inginkan.


Anda bisa memilih berbagai model teks yang disediakan, silahkan dipilih sesuai dengan keinginan atau coba semua model agar tahu perbedaannya.

Next.... lanjut ke materi selanjutnya. Jika ada pertanyaan langsung pada kotak komentar...


17. Cara Meyimpan Dokumen Microsoft Word


Sudah tak terasa materi belajar microsoft word untuk pemula menginjak materi ketujuh belas.

Pada materi ini anda akan belajar cara menyimpan dokumen.

Untuk menyelamatkan teks anda ketika sudah mengetik banyak adalah dengan cara menyimpan file dokumen tersebut.

Dokumen yang sudah disimpan bisa dibuka lagi dilain waktu. Dan tentu teks yang sudah anda ketik akan aman itulah gunanya menyimpan dokumen.

Jadi ketika membuat dokumen di microsoft word apalagi kalau mengetik banyak jangan sampai lupa untuk menyimpannya.

Menyimpan file tidak harus menunggu selesai pekerjaan anda, namun lebih cepat atau lebih sering menyimpan itu akan lebih baik.

Berikut ini cara menyimpan dokumen di microsoft word

Langkah 1, Klik Menu File kemudian pilih menu Save As




Langkah 2, Pada Jendela sebalah kiri silahkan pilih lokasi penyimpanan. Lalu pada File name beri nama dokumen yang anda inginkan. Jika sudah klik tombol Save




Tips : Ketika menyimpan dokumen anda harus ingat lokasi penyimpanan dan nama dokumen yang anda simpan. Itu penting ketika akan mencari data lebih mudah
Sekarang kita cek... apa benar dokumen anda sudah tersimpan? berikut caranya...

Pertama, Klik Windows Explorer seperti  pada gambar dibawah ini.



Kedua, Ingat tips diatas, Karena tadi saya menyimpan di Document maka saya klik pada folder tersebut, kemudian cari nama dokumennya di sisi kanan. Lihat langkah-langkah pada gambar



Sampai tahap ini, dokumen baru telah anda buat sebelumnya sudah disimpan dengan nama yang anda ketik sebelumnya dan pada komputer sudah tersimpan filenya.

Tips : Simpanlah data dokumen anda selain di data (:C) data C ini biasanya meliputi My Document, Picture, Music, Download. Menyimpan yang aman adalah di data (:D) atau (:E) dan lain sebagianya



18. Membuka Dokumen Microsoft Word


Sebelum membaca materi ini saya harap anda sudah bisa cara menyimpan file seperti pada materi ke sebelumnya tersebut karena untuk bahan prakteknya.

Dan materi ini saling terkait dengan materi diatasnya.

Jadi sebaiknya materi sebelumnya setidaknya anda pahami dan sudah dipraktekkan.

Untuk membuka dokumen yang telah kita simpan sebelumnya di microsoft word menggunakan menu Open.

Berikut cara membuka dokumen yang sebelumnya pernah disimpan

Pertama, Klik menu File atau Office button setelah itu pilih menu Open




Kedua, Jendela Open akan terbuka dan pilih lokasi letak file anda disimpan, jika sudah ketemu klik nama filenya lalu klik tombol Open sekali. Maka dokumen anda sudah tersebuka


Sangat mudah bukan, Dokumen yang belum tersimpan tidak bisa dibuka anda harus menyimpan dulu baru bisa membuka dokumen yang anda simpan


19. Cara ngeprint dokumen microsoft word


Materi kesembilan belas yaitu mencetak dokumen.

Cara mencetak dokumen di word juga sangat mudah sekali, asal anda sudah mengikuti tutorial belajar microsoft word ini dari atas.

Maka materi cetak ini tidak sulit, bagi yang ingin belajar Silahkan baca ulang apabila ada materi yang kurang paham.

Mencetak dokumen jika bahasa kerennya ngeprint, ya setelah dokumen dibuat biasanya kemudian dicetak pada selembar kertas.

Berikut ini cara mencetak dokumen microsoft word :

Pertama, Klik pada menu File lalu pilih menu Print




Kedua, Maka akan tampil jendela printer seperti dibawah ini. yang perlu anda lakukan adalah.
Atur jenis printer yang akan dibuat ngeprint, Lalu isikan jumlah halaman yang mau dicetak
Jika sudah selesai klik tombol Print




Tunggu beberapa saat untuk proses cetak dokumen anda.


20. Tombol Cepat di Microsoft Word


Yang terakhir sebagai tambahan untuk mempercepat kerja kita dengan microsoft word ada tombol kombinasi.

Tombol kombol cepat atau tombol kombinasi ini akan membantu anda untuk cepat bekerja mengolah kata di microsoft word.

Biasanya tombol kombinasi yang digunakan adalah tombol Ctrl + Jenis keyboard tertentu

Berikut Kombinasi CTRL + Huruf Pada Keyboard :

CTRL + A berfungsi Memilih semua teks
CTRL + B berfungsi Menebalkan teks
CTRL + C berfungsi Menyalin teks / copy
CTRL + D berfungsi Membuka jendela Font Formatting
CTRL + E berfungsi Membuat teks rata tengah
CTRL + F berfungsi Mencari kata atau teks
CTRL + G berfungsi Ke halaman yang di inginkan
CTRL + H berfungsi Mengganti teks dengan teks lain
CTRL + I berfungsi membuat teks miring
CTRL + J berfungsi membuat teks rata kiri dan kanan
CTRL + K berfungsi Menambah hyperlink teks lain
CTRL + L berfungsi membuat teks rata kiri
CTRL + M berfungsi Membuat paragraf bergeser arah kanan
CTRL + N berfungsi Membuat dokumen baru
CTRL + O berfungsi Membuka dokumen
CTRL + P berfungsi Print dokumen atau mencetak
CTRL + Q berfungsi Menghapus teks editing
CTRL + R berfungsi membuat teks rata kanan
CTRL + S berfungsi Menyimpan dokumen
CTRL + T berfungsi Membuat teks menggantung
CTRL + U berfungsi Membuat garis bawah pada teks
CTRL + V berfungsi Menampilkan hasil copy / menyalin
CTRL + W berfungsi Menutup dokumen
CTRL + X berfungsi Cut / memindahkan teks
CTRL + Y berfungsi Redo / Mengembalikan teks sesudah di edit
CTRL + Z berfungsi Undo / Mengembalikan teks sebelum diedit



21. Belajar Microsoft Word Via Ebook PDF


Salah cara yang lain untuk belajar mirosoft word bagi pemula adalah dengan cara mendownload Ebook Belajar Microsoft Word PDF.

Dan kabar baiknya materi-materi diatas bisa anda download dalam bentuk PDF dibawah ini:

Belajar microsoft word untuk pemula

Download Ebook Belajar Microsoft Word PDF

Dengan mengunduh materi diatas, anda bisa memulai belajar microsoft word dengan santai di rumah ketika anda ada waktu di rumah.

Ingat : Materi belajar diatas akan bisa dipahami dengan mencoba dan praktek

Akhir kata semoga artikel cara belajar microsoft word ini bisa bermanfaat bagi yang masih ingin belajar tentang microsoft word.

Apabila ada tulisan yang kurang dipahami silahkan meninggalkan komentar pada kotak komentar dibawah.


Materi Lanjutan Belajar Microsoft Word yang Lain :


1. Cara Menambah Al Quran di Microsoft Word
2. Cara membuat password di file Microsoft Word

Posting Komentar untuk "21 Materi Belajar Microsoft Word Bagi Pemula Yang Dapat Anda Kuasai Dalam Waktu 35 Menit"