Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dari Nol yang Terpercaya Untuk Pemula

Untuk memulai bisnis online tanpa modal biasanya terkait dengan modal, dan yang dimaksud modal  adalah uang yang banyak. Namun hanya dengan modal apa yang ada dari kita seperti handphone dan koneksi internet kita bisa memulai bisnis online dari nol tanpa modal.

Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dari Nol

Namun ketakutan seorang untuk memulai bisnis online bagi pemula adalah terlalu banyak yang difikirkan sehingga tidak pernah melangkah sama sekali. Menurut almarhum Bob Sadino bisnis yang baik adalah bisnis yang segera dikerjakan.

Akhir-akhir ini bisnis online banyak dibicarakan baik dimedia cetak, eletronik dan dunia maya. Mungkin ada yang belum paham tentang bisnis online.

Lantas apa itu bisnis online? Bagaimana memulai bisnis online tanpa modal?

Bisnis online adalah usaha seseorang menawarkan barang dan jasa yang dilakukan secara online baik melalui komputer, laptop ataupun smartphone agar diketahui orang untuk menggunakan atau memakai barang atau jasa yang ditawarkan.

Sebenarnya untuk memulai bisnis online dengan tanpa modal tidak ada. Anda dengan segala kemampuan seperti menulis, berfikir dan tenaga merupakan modal yang sangat luar biasa yang diberikan tuhan untuk membuat hasil karya di dunia ini.

Sedangkan seperti komputer, internet, ataupun handphone adalah salah satu sarana untuk menggapainya. Dan sarana ini bisa di peroleh tanpa kita harus memilikinya sendiri.

Komputer kita bisa menyewa warnet, rental atau bahkan saudara dan teman.

Internet bisa kita akses dengan mengunjungi warnet atau warung kopi dan tempat-tempat umum lainnya yang bisa menyediakan layanan internet gratis.

Sedangkan handphone mungkin hampir setiap orang pasti memegangnya mungkin termasuk anda yang saat ini sedang membaca artikel ini untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Perkembangan teknologi benar-benar bisa mengubah perilaku seseorang. Kalau dulunya toko online tidak begitu dipercaya kini banyak orang yang berbelanja secara online karena keamanan berbelanja sudah terjamin dan semakin aman.

Ini merupakan peluang bagi anda yang ingin memulai bisnis dengan tanpa modal. Karena bisnis online ini akan terus berkembang dan menjanjikan. Jika anda tidak memulai dari sekarang dan terlalu banyak berfikir maka hanya akan tinggal angan-angan saja.

Baca Juga : Contoh Usaha yang Menguntungkan 


Berikut ini tips-tips ringan yang bisa mewujudkan mimpi anda untuk memulai bisnis online tanpa modal bagi pemula;


1) Segera Lakukan Saat ini Juga

Ketika anda sudah ada niat ingin mendirikan usaha online segera lakukan jangan banyak rencana, jangan banyak nanti beginilah… begitulah….. dan berbagai alasan lainnya

Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dari Nol

Tahu tidak bahwa orang yang gagal adalah orang yang tidak pernah melangkah sama sekali.
Jika anda ingin memulai berbisnis online segera lakukan apa yang menjadi keinginan anda. Apakah mau menjual produk online? Apakah menawarkan jasa keahlian anda secara online?

Banyak peluang yang bisa ditawarkan secara online. Yang penting mempunyai pengetahuan, keuletan, berani dan sabar.

Banyak orang yang ingin mempunyai usaha atau bisnis online. Tapi sedikit orang yang berani melangkah melakukannya karena terlalu banyak rencana dan kekawatiran yang akan terjadi.

Untuk bisnis online seperti yang tertulis sebelumnya modal utama anda adalah cukup dari apa yang ada pada diri anda sendiri. Seperti contoh anda mempunyai handphone dan koneksi internet.

Dengan modal handphone android tersebut anda bisa memulai bisnis online seperti jual beli online, Menawarkan jasa secara online yang anda kuasai apakah itu les privat, service panggilan, atau membuat website profil usaha, toko online dan jasa-jasa yang lain.

Keberhasilan bisnis baik itu online dan offline tergantung dari kepribadian dan kualitas mental anda dalam menjalankannya.

2) Tentukan Jenis Bisnis Online dari Hobi atau Hal Yang Anda Sukai

Apakah saat ini anda sudah melakukan di point pertama? Mungkin ada yang sudah dan ada juga yang belum.

Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dari Nol

Faktor tidak punya produk atau ketakutan yang tak beralasan biasanya banyak yang menjadikan alasan bisnisnya tidak kunjung juga dimulai. Yaitu bingung mau usaha apa!

Jika anda belum melaksanakan pada point pertama karena gara-gara belum punya pikiran mau jual apa? Mau usaha apa?

Akhirnya bingung.

Caranya adalah agar tidak bingung yaitu mulailah dari hal-hal yang anda sukai atau mengembangkan dari hobi anda.

Setiap orang punya hobi atau bidang yang disukai.

Sebagai contoh mudah yang lagi trend adalah dan sering kita lihat yaitu youtuber yaitu membuat konten video.

Misal anda mempunyai hobi mancing….

Apa yang bisa kita hasilkan dari hobi memancing? Banyak. Kita bisa membuat tutorial berupa video tutorial memancing mulai dari cara memilih alat pancing, cara membuat pakan untuk memancing dan tips memilih tempat untuk memancing.

Semua hal tentang memancing anda buat tutorialnya kemudian anda upload di youtube.

Apakah langsung bisa menghasilkan uang… tentu tidak

Yang penting anda rutin upload video di chanel youtube anda sesering mungkin namun juga tidak harus setiap hari karena kualitas konten video itu yang diutamakan.

Aktifitas dimanapun anda mancing kemudian anda dokumentasikan itu bisa dibuat sebuah video. Dalam istilah youtuber setiap kali membuat video adalah membuat konten.

Semakin baik atau semakin menarik video yang anda buat kemudian ditonton orang banyak peluang anda mendapatkan penghasilan dari youtube akan terbuka lebar.

Bagaimana bisa menghasilkan uang dari youtube?

Youtube membayar orang yang mengupload video lewat media iklan yang disebut google adsanse.

Bagaimana cara kerjanya?

Pernahkah lagi asik menonton video di youtube tiba-tiba ada iklan yang lewat di tengah video yang berputar. Nah pengiklan seperti itu yang akan membayar video-video yang ditayangkan di youtube.

Jadi hobi atau keahlian apapun apabila mau belajar dan mengelolanya dengan baik maka apabila ditawarkan secara online itu akan bisa menghasilkan pemasukan yang luar biasa.

Hobi berikutnya misalanya anda punya keahlian dalam hal desain…

Entah itu desain rumah, interior, desain logo atau desain yang lain. Hasil karya anda ini bisa anda jual secara online.

Ada dua cara cara memasarkan bagi anda yang menggeluti bidang desain..

1 – Menjadi kontributor dari situs yang khusus menjual karya desain entah itu desain vector, foto dan desain yang lain contohnya situs microstock situs yang khusus menjual dan membeli karya desain dari seluruh dunia contohnya saja seperti Shutterstock, Fotolia, Depositfoto dan lain sebagainya.

2 – Membuat situs sendiri, dalam hal ini kita membuat portofolio yang berisikan hasil karya kita untuk ditampilkan di situs. Situs ini bisa dibuat secara gratis atau berbayar, situs yang memuat portofolio ini ibarat kantor usaha kita. Semakin baik tampilan dan isi situs ini tentunya akan memikat konsumen dengan hasil karya kita.

Semua bidang hobi atau keahlian yang anda miliki bisa dijadikan peluang untuk memulai usaha online.

Apabila anda tidak memiliki bayangan sama sekali tentang apa bisnis online mau usaha apa? Tinggal menggunakan ilmu ATM (Amati Tiru Modifikasi).

Sebagai contoh usaha toko online menjual barang yang laris. Contohlah bagaimana mereka membuat foto produk terlihat menarik. Bagaimana mereka memberikan pelayanan terhadap konsumen dan lain sebagainya. Amati semua yang mereka lakukan dan tiru apa yang baik dan modifikasi untuk diterapkan pada usaha anda.

 Yang terpenting tentukan produk yang ingin anda tawarkan baik barang atau jasa.

Baca Juga : Contoh dan Penerapan Bisnis Online Shop


3)  Tekuni Jangan Bergonta Ganti dan Konsisten dalam memulai bisnis online


Orang akan semangat ketika memulai usahanya, namun jika tidak kunjung membuahkan hasil dalam beberapa minggu atau bulan pasti merasa bosen, males, jenuh karena tidak bisa menghasilkan profit.


Apabila anda baru pemula ingin memulai bisnis online yang menjadi kunci awal adalah jangan dulu berfikir memperoleh profit melainkan untuk belajar dan terus belajar.

Dalam memulai usaha online diperlukan ketelatenan dan kesabaran yang besar karena dunia online sangat berbeda penanganannya dengan offline.

Apabila anda sudah menetapkan bisnis online yang dipilih, maka pelajari, tekuni, cari kelebihan dan kekurangan dari usaha anda ini. Apabila memang ada yang kurang cari solusinya dan terusalah belajar untuk meningkatkan pengetahuan terhadap apa yang anda tekuni.

Misalnya ada memutuskan bisnis online bidang fashion, maka anda harus konsisten dan menargetkan usaha ini bisa berjalan. Fashion kan luas pilih salah satu misalnya anda penyuka fashion baju muslim.

Kemudian apabila bisnis anda mantap ke arah fashion baju muslim tekuni dan pelajari hal-hal yang bisa membuat berkembang toko online fashion kita.

Beberapa tips agar konsisten dalam bisnis online dibawah ini dapat anda terapkan;

1 – Sukses butuh pengorbanan, setiap kesuksesan pasti diawali dengan pengorbanan. Dalam mengelola usaha atau bisnis online anda kuat, sabar dan terus berusaha.

2 – Lakukan terobosan yang kompetitor anda belum ada. Misalnya apabila anda jual jasa desain web maka berilah garansi yang lebih dari yang lain lakukan seperti memberi pelatihan gratis bagi orang dari perusahaan itu untuk mengelola web.

3 – Cintai usaha atau bisnis online anda, diatas sudah saya bahas untuk memulai bisnis online mulailah dari hobi atau hal-hal yang anda sukai karena hal tersebut akan meminimalisir kebosanan anda ketika usaha tersebut belum membuahkan hasil.

4)  Promosikan Bisnis Online anda

Ada hal yang menjadi point penting apabila produk dari yang anda tawarkan tidak kunjung laku salah satunya adalah promosi.

Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dari Nol

Karena promosi ini penting dilakukaan agar orang lain tahu bahwa kita berjualan atau menawarkan jasa online.

Yang menjadi pertanyaan adalah apabila kita promosi berarti kita mengeluarkan modal alias uang untuk membayar biasa promosi tersebut.

Promosi tidak harus melulu berbayar karena banyak cara yang dilakukan cara promosi gratis.

Sebagai contoh anda mempunyai bisnis online shop baju, lantas bagaimana cara memulai bisnis online shop baju ini dan bagaimana promosinya?

Kita akan bahas disini….

Apabila anda ingin memulai usaha online shop baju  tapi tidak ada barangnya anda bisa memanfaatkan teman atau tetangga yang sudah punya usaha yang sama untuk diajak kerjasama menjualkan produk bajunya melalui online.

Jika tidak ada tetangga atau teman yang mempunyai produk baju anda bisa menyiasati dengan sistem dropshiper yaitu menjual barang tanpa harus mempunyai stok barangnya.

Cari supplier atau distributor baju online disekitar kota anda tinggal, cari atau tanya produk yang laku dijual. Kemudian ijin pada pemilik usaha tersebut untuk diajak kerjasama dengan anda dengan sistem dropship.

Jika sudah ada kesepakatan maka buatlah toko online di marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan lain-lain karena berjualan dimarket place akan lebih cepat laku apabila produk anda menarik.

Pasang semua produk yang banyak peminatnya pada toko online yang anda buat tadi. Setelah semua terpasang langkah selanjutnya mempromosikannya.

Cara promosi yang gratis adalah dengan cara membuat akun dimedia sosial seperti facebook, instragram atau youtube.

Posting beberapa produk anda yang terbaik atau terlaris di akun media sosial yang telah anda buat sebelumnya. Agar bisa dijangkau banyak orang gabung atau cari group yang satu tema dengan produk yang anda jual.

Misalnya kalau di facebook kita bisa mencari group jual beli, atau kalau di instagram kita bisa ikuti akun bisnis dan memberi tagar pada produk kita.

5) Jangan Banyak Mengeluh

Memulai bisnis online tanpa modal tentu banyak cobaan dan tantangannya. Jika anda telah memutuskan ke dalam bisnis tentu anda harus tahu resiko dan perjuangannya.

Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dari Nol

Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah. Cari sumber motivasi-motivasi yang bisa memacu diri anda berkembang dan dewasa dalam mengelola bisnis online.

Banyak cara agar kita tidak mengeluh dalam menekuni bisnis online ini antara lain sebagai berikut :

1 – Ingat keluarga

Keluarga memang bisa menjadi cambuk bagi usaha kita dalam menekuni bisnis apapun. Bayangkan saja apabila anda tidak bekerja dengan tekun dan ulet anak istri minta jajan yang harganya tidak seberapa namun kita dalam keadaan uang sepersen pun.

Bayangkan bagaimana perasaan kita sebagai orang yang bertanggung jawab didalam keluarga, tentu salah satunya akan menyalahkan diri sendiri karena tidak bisa membahagiakan orang disekitar kita

Ingatlah mereka sebagai pemacu semangat anda dalam memulai bisnis ini agar terus semangat. Anda dalam menekuni bisnis online pasti akan menjumpai titik jenuh dalam mengelolanya.

Dengan ingat keluarga maka hal itu bisa menjadi obat atau pembangkit semangat kita lagi untuk mengelola bisnis online kita bisa sukses.

2 – Cari mentor yang memotivasi kearah postif

Menekuni dunia online tidak jauh beda dengan menekuni usaha offilene. Kadang rasa bosan jenuh akan hadir kapanpun tanpa kita undang.

Maka mencari orang yang bisa memotivasi usaha kita merupakan jalan yang terbaik. Mentor tidak harus orang yang ahli, orang-orang disekitar kita seperti suami, istri, orang tua ayah atau ibu, bisa juga teman-teman kita bisa menjadi mentor ketika kita merasa jenuh.

3 – Bergabung komunitas

Bergabung dengan group atau komunitas yang sejalan dengan usaha kita itu akan bisa menjadi jalan keluar mengatasi rasa bosan dan jenuh dalam mengelola bisnis.

Bahkan kita bisa belajar dari senior-senior yang telah terjun lebih dahulu dari kita. Dan sangat mungkin kita bisa belajar dari hal-hal yang belum kita pelajari sebelumnya. Carilah komunitas yang benar-benar membantu perkembangan bisnis anda agar ilmu anda semakin luas dalam mengembangkan bisnis online yang anda jalankan.

Anda bisa bertanya dan berdiskusi dengan teman-teman komunitas seperjuangan. Anda akan menemukan jawaban dan support dari teman-teman anda dalam komunitas dan ini merupakan hal yang sangat positif dan dianjurkan dalam berbisnis online.

Berkontribusilah dengan komunitas atau group tersebut dan saling membantu bila ada permasalahan yang anda tahu jawabannya. Saling mengisi dan memberi akan menjadi penyemangat anda.

Terakhir…..


Setelah membaca uraian diatas lakukan saat ini juga dan terus berdoa agar bisnis yang anda impikan bisa terwujud. Perjuangkan apa yang menjadi cita-cita anda selama ini yang belum terwujud. Entah itu membagiakan orang tua, memberangkatkan haji mereka atau membahagian orang-orang disekitar kita baik istri ataupun anak-anak anda.

Demikian tulisan ringkas cara memulai bisnis online tanpa modal yang bisa disajikan semoga apa yang tertulis diatas bisa menjadi pemacu semangat anda untuk memulai usaha online.

Ingat….


Dalam berbisnis ilmu saja tidak cukup tapi Action, ulet dan sabar merupakan kunci sukses dari bisnis apapun. Tidak ada hasil yang instan untuk sebuah mimpi yang besar karena semua itu butuh pengorbanan yang luar biasa.

Dan yang terakhir adalah kunci kesuksesan anda adalah disiplin atas diri anda sendiri.

Posting Komentar untuk "#Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dari Nol yang Terpercaya Untuk Pemula"