Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Usaha Kecil Menguntungkan di Desa Yang Bisa Membuat Kaya

Banyak Usaha kecil menguntungkan di desa yang jika ditekuni akan membuahkan hasil yang memuaskan. Bentuk usaha kecil yang menguntungkan di desa itu bermancam-macam namun yang lebih utama sebagai kuncinya adalah hobi dan minat. Untuk memulai usaha kecil yang menguntungkan di desa agar hasil bisa maksimal adalah kita mulai dari hobi dan minat anda dalam satu bidang.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Pada artikel ini kita akan membahas usaha kecil yang menguntungkan yang dapat anda pratekkan ketika anda didesa. Usaha ini tentu jenis usaha yang menjanjikan di desa. Dan setiap desa pasti mempunyai karakter dan usaha yang paling dominan di kerjakan. Banyak jenis usaha di desa yang menjadi ladang sumber penghasilan tiap penduduknya.

Pada jaman sekarang jika ingin mendirikan usaha harus bentuknya jenis usaha yang unik di desa tersebut. Mengapa? Karena pada saat ini jenis usaha yang unik sangat banyak peminatnya.

Baca Juga : Bisnis paling laris di bulan ramadhan


Setiap Bisnis atau Usaha harus memiliki arah Potensial yang baik untuk dikembangkan di Desa. Jadi kita harus bisa menganalisa dan memiliki pandangan kedepan apalah bisnis atau usaha yang akan kita tekuni bisa menjadi usaha potensial di desa.

Berikut Pilihan Usaha Kecil yang Menguntungkan di Desa untuk anda tekuni

#1 – Usaha Kecil Menguntungkan Pertama adalah Mendirikan Les Privat

Usaha Bimbingan belajar atau les privat ini adalah salah satu usaha kecil yang menguntungkan baik didesa atau dikota. Les privat bisa dilakukan oleh mahasiswa atau guru sekolah jika ingin menambah pemasukan keuangan.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Bahkan usaha les privat ini bisa dikatakan usaha tanpa modal apabila anda sudah punya bekal seperti kemampuan mengajar anak didik. Anda tinggal menentukan target siswa yang akan diberikan privat ini mulai dari TK, SD, SMP ataupun SMA sesuaikan dengan kemampuan anda.

Agar usaha les privat ini menguntungkan ikuti tips berikut ini yang bisa anda praktekkan. Berikut tips kecil untuk mendirikan jasa les privat siswa :

1)  Buat sistem pembelajaran yang berbeda dengan les-les yang lain dan tentunya sistem ini mudah di mengerti dan menyenangkan bagi siswa sehingga siswa yang les bisa semangat belajar.

2) Buat ruang les privat senyaman mungkin untuk menyampaikan materi les privat itu. Ruang yang nyaman dan menambah berbagai koleksi buku untuk membangkitkan minat baca siswa sangat disarankan. Apabila siswa harus menunggu maka siswa bisa membaca koleksi-koleksi buku yang ada.

3) Harga yang ramah atau terjangkau. Biasanya harga les privat di desa atau di kota sangatlah berbeda. Harga harus menyesuaikan dengan lingkungan sekitar anda. Dan hitungan biaya juga harus ditentukan apakah per jam, per pertemuan, atau perbulan. Biasanya usaha les privat didesa biayanya setiap bulan.

4) Promosi, Selanjutnya yang dilakukaan untuk mengenalkan usaha les privat tersebut adalah melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan seperti memasang spanduk didepan rumah atau dijalan raya. Atau bisa juga bisa dipromosikan secara online dan door to door.

5) Ajaklah teman anda yang mempunyai keahlian dibidang lain misal matematika, IPA atau bahasa inggris sehingga les anda lengkap pilihannya.

#2 – Usaha Kecil Menguntungkan Kedua adalah Warung Sembako

Berikutnya usaha yang bisa menguntungkan yang dijalankan di desa adalah usaha toko sembako. Sembako merupakan kebutuhan yang selalu dicari setiap keluarga. Untuk memulai usaha sembako anda harus merencakan dengan baik.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Beberapa hal yang harus anda fikirkan antara lain adalah :

1) Riset pasar ini dilakukan untuk mengetahui prospek kedepannya jika dirasa memiliki peluang lebih bagus maka hal ini bisa dilanjutkan.  Riset pasar yang bisa dilakukan adalah Tingkat persaingan, lokasi usaha dan perilaku konsumen.

2) Setelah riset dilakukan langkah berikutnya adalah memikirkan modal. Perhitungan modal yang termasuk dalam modal adalah modal untuk barang-barang yang akan dijual, modal untuk kebutuhan isi toko sembako seperti etalase, rak, Timbangan, Kalkulator, galon, tabung elpiji dan lain-lain.

3) Lokasi Toko ini sangat penting untuk kelangsungan usaha toko sembako anda. Lokasi ditempat pinggir jalan raya merupakan tempat yang paling strategis. Namun Jika tidak mempunyai tempat dipinggir jalan raya anda bisa menyewa tempat. Namun hal ini bisa membengkakn modal. Tentu anda sudah tahu berapa biaya kontrak untuk kios di tepi jalan raya.

4) Mencari agen atau suplier tentu hal ini sangat dibutuhkan karena harga yang murah merupakan suatu hal yang masih banyak dicari di desa. Dengan mencari agen atau suplier yang terpercaya tentu akan berefek pada harga jual kepada konsumen.

5) Ramah dan Layanan dan maksimal. Bukan hanya dikantor-kantor mewah saja layanan ini diterapkan. Pada toko sembakopun wajib hukumnya memberi pelayanan yang ramah dan komunikatif bagi konsumen. Karena konsumen juga akan memperhitungkan juga terhadap pelayanan yang anda berikan.

#3 – Usaha Kecil Menguntungkan Ketiga adalah Konter Pulsa dan Pembayaran Lain

Usalah kecil selanjutnya adalah konter pulsa. Mungkin saat ini usaha paket internet lebih dominan dari pada jual pulsa namun kedua usaha ini sangat bagus bila dipadukan.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Untuk membuka usaha konterpulsa tidak perlu tempat terlalu luas yang paling adalah tempatnya ramai lalu lalang kendaraan dan bisa terlihat jelas. Dengan modal yang tidak terlalu mahal usaha konter pulsa ini bisa di dirikan.

Tips Usaha pulsa agar bisa sukses :

1) Memilih tempat yang strategis, seperti di pinggir jalan raya, dekat kampus, sekolah atau tempat keramaian.  Anda bisa menyewa jika tidak punya tempat sendiri untuk langkah awal pilihlah tempat yang kecil saja agar biaya sewa tidak besar.

2) Memilih server pulsa yang all operator dan lancar ketika dibuat transaksi. Karena banyaknya operator seluler pemilihan server all operator sangat disarankan karena bisa menghemat biaya jika dibanding server per operator.

3) Mencari supplier yang terpercaya, biasanya kalau awal-awal kita mendirikan konter akan banyak sales yang menawarkan dagangannya mulai pulsa, asesoris, paket internet dan lain sebagainya. Anda harus jeli dan mempunyai pembanding antara sales satu dengan sales yang lain. Dan jangan hanya mengandalkan sales yang mendatangi konter anda tetapi anda harus aktif mencari informasi tentang supplier yang terpercaya.

4) Promosi. Hal ini perlu dilakukan untuk setiap bisnis yang baru dirintis. Hal ini perlu karena untuk memperkenalkan usaha kita kepada lingkungan sekitar. Bisa menggunakan spanduk yang dipasang didepan konter atau brosur.

5) Pelayanan yang ramah dan Komunikatif, Pelayanan menjadi hal utama dalam setiap bisnis apapun. Karena sekarang konsumen lebih cerdas dan apabila pelayanan kita kurang baik maka siap-siap saja toko anda akan ditinggalkan.

6) Lengkapi usaha konter anda. Lengkapi isi konter anda sedikit demi sedikit biasanya konsumen akan bertanya tentang barang yang kita jual. Itu merupakan masukan yang perlu dipertimbangkan seperti Menambah layanan seperti menjual token listrik, pembayaran angsuran kendaraan dan lain sebagainya atau bisa juga service HP itu akan menjadi nilai plus dari konter anda.

Hal-hal yang harus dihindari dalam usaha konter pulsa ini

1)  Jangan bersaing harga hal ini akan menghancurkan diri anda sendiri. Seperti contoh harga pulsa atau paket internet jangan sampai harga lebih murah dari pada saingan anda atau sekitar anda jualan. Berilah harga yang sewajarnya saja dan tingkatkan pelayanan yang utama

2) Hindari memberikan hutang. Biasanya ada beberapa konsumen yang biasa rutin beli atau katakan langganan diawal rutin bayar kemudian agak lama sedikit hutang dan hutang. Maka segera mungkin hindari hal-hal seperti ini.

#4 – Usaha Kecil Menguntungkan Keempat adalah Bengkel Sepeda Motor

Hal utama ketika kita akan membuka usaha bengkel sepeda motor adalah ketrampilan. Sebaiknya anda memiliki ketrampilan jangan mengandalkan mekanik lain. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari biaya gaji karyawan.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Sebenarnya kalau usaha bengkel didesa tidak harus punya tempat strategis. Namun untuk langkah awal cukup membuka di depan rumah. Karena promosi dari mulut ke mulut jika letaknya dikampung sangat manjur dan lebih cepat berkembang.

Modal utama usaha bengkel service sepeda motor selain ketrampilan adalah alat-alat pendukung karena alat ini sangat dibutuhkan sekali.

Saya punya seorang teman dulunya itu dia sehabis sekolah SMK magang disuatu tempat bengkel di tengah kota, ketika lulus dari sekolah tersebut teman saya ini masih ikut bengkel di tempat dulu dia magang sampai beberapa tahun.

Kemudian setelah dia mempunyai ilmu yang dibutuhkan kemudian dia mengundurkan diri dari bengkel tempat ia bekerja. Lalu teman saya ini mulai membuka bengkel hanya dari rumah. Siapa pelanggan pertamanya? Hanya teman dan tetangga sekitar.

Kemudian dari waktu ke waktu usahanya terus berkembang hingga akhirnya dia membuka usaha bengkelnya di pinggir jalan raya dan pelangganya semakin hari semakin ramai hingga sekarang.
Dia hanya mengandalkan kualitas pelayanan  yang diberikan dan promosi dari mulut ke mulut hingga membuat bengkel tersebut tetap bertahan sampai sekarang.

#5 – Usaha Kecil Menguntungkan Kelima adalah Beternak Burung

Apakah anda hobi dengan kicau burung. Mungkin saatnya anda mengembangkan hobi anda ini menjadi sebuah peluang usaha. Usaha ini sangat cerah untuk kedepannya karena semakin hari penikmat kicau burung semakin banyak. Sehingga peluang usaha untuk beternak burungkicau sangat menjanjikan.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa


Banyak peternak burung yang awalnya hanya sebatas hobi lalu mencoba menernakkan dari yang ada. Hal yang utama untuk bisa beternak burung adalah memiliki kemauan yang kuat, sabar, ulet, telaten dan tentu anda menyukai hobi tersebut.

#6 – Usaha Kecil Menguntungkan Keenam adalah Usaha Percetakan

Usaha kecil yang dapat memberikan untung berikutnya adalah usaha percetakan. Usaha percetakan sekarang sangat mudah. Hanya berbekal laptop dan printer yang murah anda dapat memulai usaha ini.

Kalau dihitung untuk laptop yang murah tapi tidak murahan itu harganya kurang lebih 2 juta dan printer yang biasa itu harganya kurang lebih 1 juta dengan modal 3 juta kita sudah siap membuka usaha percetakan.

Untuk promosi kita bisa menggunakan media sosial seperti facebook, atau kita iklankan gratis di marketplace seperti OLX.  Namun anda juga harus memasang seperti sepanduk didepan tempat usaha anda misalnya seperti di rumah atau di toko agar orang yang lewat bisa melihat jasa yang anda tawarkan.

#7 – Usaha Kecil Menguntungkan Ketujuh adalah Toko Online

Mungkin usaha kecil yang menguntungkan berikutnya adalah toko online.  Usaha ini lagi booming pada saat ini. Anda untuk membangun toko online hanya berbekal paket internet dan kuota internet sudah dapat membangun toko online.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa


Apakah harus punya website?

Tentu tidak.

Di Indonesia sendiri banyak marketplace seperti  tokopedia, bukalapak, shopee. Anda bisa memilih diantara market place yang anda sukai.  Untuk dapat berjualan pada market place tersebut anda tinggal mendaftar menggunakan email yang anda miliki.

Apabila anda punya produk yang unik dan mungkin masih jarang dijual secara online maka sebaiknya anda jual secara online dengan menggunakan salah satu market place diatas. Atau bisa juga mempunyai banyak akun di berbagai market place namun jangan sampai kebanyakan sehingga kurang terurus toko onlinenya.

Mempunyai toko online cara kerjanya hampir sama dimana kita harus sering terlihat aktif bahwa toko kita benar-benar dikelola dengan baik. Kalau konsumen jeli dia akan melihat berapa lama kita aktif terakhir membuka toko kita. Dan itu bisa terbaca entah 1 jam, 1 hari atau 1 minggu bisa juga lebih.

Dan kita harus selalu mengupadate barang-barang yang kita jual. Apabila kita kendala barang dagangan misalnya kita bingung menjual apa?

Cari produk yang laris di beberapa market place tersebut kemudian jual kembali di toko anda itu namanya dalam istilah online adalah dropship. Menjual tanpa setok barang. Jika kita menguasai cara ini bukan tidak mungkin kita bisa mengambil untung dari cara dropship ini.

Baca Juga : Cara bisnis toko online bagi pemula


#8 – Usaha Kecil Menguntungkan Kedelapan adalah Pekerja Online

Usaha berikutnya yang bisa menguntungkan adalah pekerja online. Pekerja online bukan berjualan online. Seperti contoh adalah vlogger, blogger dan desainner online.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Misalnya kita menyukai hobi menulis maka bakat ini bisa anda jadikan modal untuk menghasilkan uang. Pasa salah satu situs pencari kerja online seperti freelancer.co.id banyak menawarkan pekerjaan yang dimana banyak perusahaan maupun perorangan menawarkan atau mencari orang untuk mengerjakan pekerjaannya salah satu menulis konten, desain dan lain sebagainya.

Dan saat ini yang lagi trends adalah menjadi youtuber. Kita membuat video entah itu video tutorial, video unik yang menarik kemudian kita upload di youtube. Apabila banyak penonton yang menyukai dari video-video anda ini bisa di daftarkan ke program periklanan salah satunya google adsanse.
Google adsanse akan membayar setiap mitranya jika isi dari konten video tersebut benar-benar original dan menarik.

Selain menjadi youtuber anda bisa menjadi blogger. Apa itu blogger? Blogger adalah penulis situs terutama situsnya sendiri dimana situs itu berisi artikel-artikel yang bermanfaat tidak melanggar aturan maka bisa dijadikan ladang usaha untuk mencari penghasilan juga. Apabila anda sudah mempunyai website yang sudah banyak artikel dan pengunjungnya anda bisa mendaftarkan juga di google adsanse atau program afiliasi.

Tentu kerja online ini tidak langsung menuai hasil seperti toko online. Untuk bisa menghasilkan penghasil sebuah blogger atau youtuber butuh waktu yang tidak sedikit dan butuh pengorbanan yang banyak.

#9 – Usaha Kecil Menguntungkan Kesembilan Warung Kopi

Siapa yang tak kenal kopi? Semua orang tahu tentang usaha ini. Mungkin usaha ini akan anda temui di setiap sudut jalan yang ada disekitar anda.

Usaha ini sudah melegenda bagi masyarakat Indonesia . Namun usaha warung kopi ini mulai berkembang tidak hanya menyediakan kopi saja melainkan ditambah fasilitas seperti WIFI gratis, Nonton Bareng gratis dan sebagainya. Semua itu demi menggaet konsumen agar mau datang  ketempat warung kopi tersebut.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Apabila anda tertarik dengan usaha ini ada beberapa hal yang penting perlu anda perhatikan antara lain :

1.  Lokasi
Lokasi merupakan salah satu kunci penentu keberhasilan sebuah usaha. Untuk warung kopi paling tepat memang dipinggir jalan raya. Atau dekat-dekat keramaian hal ini penting untuk orang-orang mudah mengakses lokasi warung kopi tersebut.

2. Fasilitas
Sekarang ini warung kopi tanpa wifi atau jaringan internet gratis sangat sepi pembeli. Orang akan betah berlama-lama jika dalam warung kopi tersebut ada fasilitas wifi gratis.

3. Pelayanan
Pelayanan merupakan hal yang masih menjadi hal yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen. Banyak warung kopi demi menarik konsumen mereka mengerjakan karyawan cewek namun banyak juga yang karyawan cowok. Yang penting dalam hal pelayanan terhadap konsumen sangat baik.

4. Kenyamanan
Yang terakhir adalah tempat warung kopi tersebut harus nyaman bagi konsumen. Kebersihan tempat merupakan hal wajib yang harus kita utamakan. Dan harga menu yang kita dagangkan tidak terlalu mahal atau murah. Jadi berikan harga sewarjanya dengan mengetahui pesaing-pesaing kita.

Apabila dari hal-hal diatas bisa kita lakukan maka bukan tidak mungkin konsumen akan betah dan mungkin akan mengajak teman-temannya untuk mempromosikan warung kopi kita tersebut.

#10 – Usaha Kecil Menguntungkan Kesepuluh Beternak Kroto

Kroto adalah usaha yang bisa anda pilih sebagai salah satu usaha kecil yang bisa menguntungkan. Karena saat ini perkembangan para pencita burung sangat luas hampir disetiap wilayah di kota besar atau kota kecil ada pecinta burung.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Bahkan apabila anda lewat jalan-jalan antar kota pasti ada pedagang pakan burung atau kandang burung. Bahkan tidak hanya jalan besar saja mungkin jalan-jalan di desa anda pasti ada penjual pakan burung maupun perlengkapan lainnya.

Kebutuhan pakan burung akan kroto dipasaran masih luas. Sehingga peluang ternak kroto ini sangat menjanjikan. Tentu anda harus ulet dan tlaten untuk memulainya karena usaha ini menurut informasi dari beberapa peternak perlu kesabaran dan ketelatenan yang tinggi agar bisa menghasilkan.

#11 – Usaha Kecil Menguntungkan Kesebelas yaitu Beternak Ayam Kampung

Semakin hari permintaan akan ayam kampung juga semakin meningkat. Prospek kedepannya masih sangat panjang dan peluangnya masih bagus.


Dari segi kesehatan ayam kampung lebih sehat dari pada ayam boiler yang lebih banyak mengkonsumsi pakan yang banyak mengandung zat kimia. Untuk itu tidak heran jika permintaan pasar akan ayam kampung cukup tinggi dan meningkat.

Jika ingin menekuni berternak ayam kampung ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :

1) Mencari informasi tentang beteranak ayam kampung

2) Kita harus menentukan arah usaha kita, apakah kita produksi untuk telur atau pedaging agar bisa fokus dan memperoleh hasil yang maksimal

3) Kita juga harus tahu tentang syarat beternak ayam kampung mulai dari jenis pemeliharaan, kandang dan lain-lain

4) Memilih tahapan yang paling mudah dimana kita mengelolanya dan memulainya dengan tahapan yang ringan atau kecil dulu baru kita kembangkan yang lebih besar

#12 – Usaha Kecil Menguntungkan Kedua Belas Beternak Kambing

Beternak kambing merupakan usaha bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan. Bisnis ternak Kambing sangat bagus apabila diterapkan didesa karena akan mudah mendapatkan pakan dan alam desa yang mendukung untuk beternak kambing.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Bagi anda yang ingin menekuni bisnis ternak kambing ada baiknya mengikuti tips berikut ini :

1) Menentukan jenis usaha ternak kambing, apakah kita memilih usaha bidang indukan kambing, sistem penggemukan/ pedaging, atau sistem susu kambing

2) Menentukan jenis kambing yang akan kita jalankan, adapun jenis kambing-kambing yang sering diternak antara laian Kambing etawa, Kambing jenis domba, Kambing jawa atau domba garut dan masih banyak lainnya.

3) Mempelajari cara beternak yang baik seperti pembuatan kandang kambing, pemilihan bibit kambing, pemilihan sumber pakan, mengenal jenis penyakit dan pencegahannya serta pemasarannya.
Ketiga pokok dalam usaha beternak kambing sangat perlu dipraktekkan agar usaha ternak kambing tersebut bisa menghasilkan pemasukan yang kita inginkan.

#13 – Usaha Kecil Menguntungkan Ketigabelas adalah Usaha RT RW Net

Apakah anda menyukai hobi tentang teknologi salah satunya internet. Hobi ini bisa anda jadikan peluang usaha yang menjajikan apabila anda bisa mampu mengelolanya dengan baik.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Hampir dipastikan setiap rumah yang ada didesa sekitar anda tinggal pasti mempunyai smartphone satu atau lebih. Dan Tentu mereka selalu membutuhkan koneksi internet seperti paket data internet.
Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan memasang jaringan internet sendiri kemudian anda tawarkan ke tetangga-tetangga untuk menggunakan koneksi internet yang anda tawarkan. Usaha tentang ini disebut dengan RT RW Net.

Cara kerja Usaha ini sebagai berikut

1)  Anda tentu harus berlangganan dengan pihak provider untuk mendapatkan jaringan internet.

2)  Kedua harus membeli alat-alat seperti kabel jaringan internet, alat penyebar sinyal internet ketetangga yang dinamakan router dan alat-alat lainnya.

3) Membagi jenis jasa internet yang anda tawarkan ke tetangga bisa paket bulanan, atau paket voucher internet (seperti paket data internet)

Anda bisa gabung ke grup facebook atau group lain untuk mendalami jenis usaha ini. Dalam group tersebut anda akan tahu tentang usaha ini.

#14  – Usaha Kecil Menguntungkan Keempat belas adalah Loundry

Sekarang loundry sudah merambah ke pedesaan kalau dulu kita sering melihat usaha ini hanya berkembang di kota saja namun dengan seiring berjalannya waktu usaha loundry ini mulai menjalar di pedesaan-pedesaan.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Bagaimana usaha ini bisa dikembangkan di desa?

Untuk usaha loundry di desa untuk langkah awal agar tidak terlalu mengeluarkan modal terlalu besar kita bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah kita miliki seperti mesin cuci. Untuk media mesin cuci apabila beli yang seken harganya berkisar antara 1 juta.

Yang paling penting adalah dalam usaha loundry adalah tentang pelayanan. Anda harus belajar bagaimana membedakan jenis-jenis kain baju. Kualitas pencucian yang benar-benar bersih karena bisa dipastikan apabila kesan awal hasil loundry anda kurang baik tentu konsumen anda tidak akan kembali lagi.

Berikan promo-promo yang menarik seperti antar jemput gratis,diskon harga jika sudah beberapa kali mencuci ditempat loundry anda.

Apabila usaha ini sudah kelihatan berkembang anda bisa menambah alat-alat yang dibutuhkan seperti mensin cuci, menambah karyawan dan lain-lain.

#15 – Usaha Kecil Menguntungkan Kelima belas adalah Beternak Jangkrik

Sebenarnya jangkrik selain untuk pakan ternak juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Jangkrik kaya akan protein yang berfungsi sebagai anti oksidan yang bisa mencegah penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah.


Untuk anda yang mempunyai keinginan untuk membuat usaha budidaya jangkrik ini apabila dikembangkan di desa maka sangat baik karena biasanya didesa itu tempatnya sangat luas walau sebenarnya tidak butuh tempat terlalu luas dulu untuk mengawalinya. Dan juga masalah pakan untuk konsumsi jangkrik didesa lebih mudah mencarinya dari pada di kota. Selain itu didesa harga-harga untuk budidaya jangkrik seperti alat pembuatan kandang, maupun kebutuhan lain bisa lebih terjangkau.

Adapun tahapan dalam budidaya jangkrik ini antara lain sebagai berikut :

1) Penyiapan sarana dan prasarana karena jangkrik hewan yang aktif dimalam hari sebaiknya lokasi atau tempat budidaya jangkrik ini ditempatkan pada lokasi yang teduh dan jauh dari orang lalu lalang. Buat kandang jangkrik seperti pada habitat aslinya agar jangkrik bisa berkembang dengan baik

2) Pembibitan, untuk calon bibit jangkrik harus sehat tidak sakit dan tidak cacat. Indukan jangkrik yang bagus menurut para peternak ada yang bilang yang paling bagus adalah indukan yang berasal dari alam aslinya atau habitatnya dengan alasan indukan yang berasal dari habitat aslinya ketahanan tubuhnya lebih baik dibandingkan dari hasil pemeliharaan. Namun hal tersebut tentu tidak mudah, jika itu kesulitan anda harus membeli dari peternak jangkrik atau toko peteranakan.

3) Pemeliharaan Jangkrik, untuk menjaga kesehatan jangkrik maka kebersihan kandang jangkrik harus selalu dijaga untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit yang dapat mengurangi produktifitas pada indukan jangkrik. Apabila menemui beberapa jangkrik yang terkena penyakit sebaiknya segera dipisahkan dari yang sehat agar tidak tertular dengan yang lain.

Bagi anda yang ingin membuat usaha budidaya jangkrik ada dua jenis hasil yang dapat dipanen. Pertama adalah telur jangkrik yang digunakan untuk peternak lainnya. Kedua jangkrik digunakan sebagai pakan burung atau ikan.

#16 – Usaha Kecil Menguntungkan Keenam belas adalah Air Isi Ulang

Kebutuhan air minum merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Usaha isi air ulang mineral meruapakan salah satu bisnis yang menarik. Mungkin kalau didesa masih jarang orang yang mempunyai usaha air isi ulang ini.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Selain karena mungkin orang desa masih mengandalkan air sumur untuk konsumsi namun pada saat ini tidak ada salahnya saat ini anda mulai berinovasi mulai mendirikan usaha isi air ulang.

Dengan modal alat isi air ulang yang berharga kisaran 10-15 juta kita sudah bisa memulai bisnis usaha air isi ulang mineral. Untuk tempat kita bisa menyewa tempat dipinggir jalan raya. Untuk harga mungkin masih terjangkau kalau kita menyewa tempat usaha di desa.

Adapun hal-hal yang bisa anda praktekkan agar usaha isi air ulang itu berhasil antara lain sebagai berikut :

1) Promosi, untuk jenis promosi air isi ulang didesa biasanya lebih baik dengan cara promosi dari mulut ke mulut atau menawarkan ke toko-toko sembako disekitar wilayah kita mendirikan usaha.

2) Pelayanan yang ramah, hal kedua adalah memberikan pelayanan yang baik, memiliki pelanggan yang setia tentu kita akan semangat untuk giat bekerja dan mudah menjalankan bisnis isi air ulang ini.

3) Menanggapi permintaan konsumen dengan cepat. Untuk menjaga dan menggaet konsumen respon cepat terhadap pelanggan merupakan nilai plus tersendiri. Seperti mengambil dan mengantar air galon kepada pelanggan tanpa biaya tambahan apapun.

4) Gunakan teknologi terbaru, perawatan alat merupakan kebutuhan wajib dan harus di kembangkan, Semakin hari perkembangan teknologi juga terus berkembang tentu juga alat-alat untuk memurnikan air isi ulang mineral juga ada model terbaru. Anda harus juga mengganti alat anda jika diperlukan.

5) Tawarkan layanan berkualitas, layanan yang berkualitas mulai dari keramahan kita terhadap pelanggan dan juga kebersihan tempat isi air ulang mineral ini dan memastikan kebersihan galon benar-benar bersih.

#17– Usaha Kecil Menguntungkan ketujuh belas adalah Menjual Bibit Tanaman

Desa merupakan lahan yang sangat luas dan desa merupakan salah satu lahan pertanian yang paling luas. Sangat jarang dikota-kota sekarang ini ada persawahan mungkin bahkan sudah tidak ada.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Bisnis atau usaha menjual bibit tanaman ini merupakan salah bisnis yang layak anda pilih, karena usaha bidang pertanian yaitu pembibitan tanaman ini termasuk praktik dijalankan karena tidak begitu memerlukan lahan yang luas bahkan usaha ini bisa dijalankan dirumah jika dirumah itu masih memiliki lahan yang kosong.

Selain mudah usaha pembibitan ini juga tidak terbatas waktu. Semakin bibit tumbuh besar harga jual pun juga ikut naik.

Membanguna usaha ibaratnya membangun kepercayaan kepada konsumen. Sekali konsumen itu puas maka konsumen terbesebut akan loyal dan terus menjadi konsumen kita yang selalu memesan dari produk kita. Maka dari itu ketika memulai usaha bangunlah kepercayaan konsumen lebih dulu.

Tips Usaha Bibit Tanaman

1) Produksi Bibit yang berkualitas

Ketika memulai usaha pembibitan tanaman yang diperlukan hanya belajar dan kerja keras. Memiliki berbagai jenis tanaman merupakan nilai yang unggul karena dengan banyaknya pilihan bibit konsumen akan lebih senang memilih. Sediakan bibit dengan kualitas yang baik agar kepercayaan konsumen terhadap usaha kita terbangun.

2) Menyediakan bibit yang berkelanjutan

Dalam usaha pembibitan ini ketersediaan bibit yang terus ada terutama yang diminati konsumen tentu hal ini akan menjadi nilai plus bagi usaha. Sehingga apabila konsumen membutuhkan bibit lagi yang sama ketersediaan bibit ini seselalu tersedia.

3) Pemasaran

Untuk pemasaran anda hanya menjual bibit saja ke petani berikan mereka edukasi tentang bibit yang akan ditanam atau kalau memang diperlukan beri penyuluhan khusus kepada para petani. Agar petani merasa benar-benar terbantu dengan adanya usaha anda sebagai penyedia bibit tanaman dan juga menjaga kepercayaan konsumen.
Dan tentu anda harus terus belajar dan belajar tentang usaha anda agar terus berkembang serta mencari dan menemukan inofasi yang baru.

#18 – Usaha Kecil Menguntungkan  kedelapan belas adalah Bisnis Usaha Toko Pertanian

Di desa identik dengan pertanian itu jelas dan memang kenyataannya seperti itu. Kalau di desa lahan pertanian masih sangat luas sekali namun pengelolaan dan hasil dari petani masih belum maksimal.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Bisnis Usaha toko pertanian ini masih sangat luas apabila dijalankan di desa. Usaha penyediaan bibit, pestisida dan pupuk merupakan usaha yang baik untuk kita kembangkan.

Ada Beberapa Cara Untuk Mengembangkan Usaha Toko Pertanian ini yang baik dan sukses :

1) Melakukan promosi, kebiasaan orang desa akan tertarik apabila salah satu temannya sudah mencoba dan berhasil. Mereka pasti akan mengikuti apa yang dilakukan temannya yang berhasil tadi. Oleh karena itu anda harus yakin produk yang anda tawarkan benar-benar memberikan hasil yang petani inginkan.

Promosi juga dilakukan bisa menggunakan brosur kemudian disebarkan langsung ke petani atau kelompok koperasi dari para petani.

2) Membantu petani tanpa memungut biaya, Cara ini mungkin akan merugikan diawal namun jika dilakukan dengan baik kepercayaan petani kepada toko anda akan semakin meningkat, Cara ini adalah memberikan penyuluhan kepada petani dengan sponsor toko anda.

3) Membantu petani memasarkan hasil pertanian, Keluhan petani adalah harga hasil panen petani yang selalu tidak menguntungkan petani. Apabila anda dapat dapat menfasilitasi atau membantu mencarikan atau menampung hasil panen petani dengan harga yang berbanding dengan apa yang dikeluarkan petani maka kepercayaan petani kepada anda atau toko pertanian anda akan semakin kokoh.

#19 – Usaha Kecil Menguntungkan kesembilan belas adalah Usaha Souvenir Pernikahan

Bentuk bisnis sauvenir pernikahan ini jika masih didesa masih sangat jarang pemainnya. Mungkin persaingan ada ditingkat kota dan itupun juga tergantung bagaimana kita memasarkannya.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Ada beberapa tips yang singkat yang perlu anda pertimbangkan. Tips ini berasal dari situs tasya-souvenir.com berikut tipsnya :

1) Tentukan jenis usaha sauvenir yang kita jalankan, apa kita fokus pada penjualannya saja atau bagian produksi saja.  Agar kita lebih fokus dalam pengelolaannya saja.

2) Jika anda fokus pada penjualan tentu kita harus mencari supplier yang terpercaya, jujur dan profesional dalam bekerja tentu dalam hal ini adalah dalam pembuatan souvenir

3) Kita juga harus memfokuskan apakah usaha souvenir ini kita jual secara online atau offline

4) Mempersiapkan foto-foto koleksi dari berbagai souvenir yang kita jual. Foto akan lebih menarik jika diambil oleh yang ahlinya yaitu fotografer

5) Membuat katalog sauvenir yang kita tawarkan kepada konsumen.

6) Membuat tempat display untuk memajang koleksi dari sauvenir-souvenir yang kita jual. Hal ini apabila ada orang yang ingin berkunjung untuk tanya-tanya tentang sauvenir ini bisa melihat langsung model dan ukuran sauvenir tersebut

7) Membuat website untuk pemasaran secara online.

 Apabila bisnis sauvenir ini dipadukan dengan usaha cetak undangan akan lebih luar biasa. Namun hal itu sangat mungkin terjadi karena memang keduanya antara undangan dan souvenir satu paket yang tidak dapat dipisahkan.

#20 – Usaha Kecil Menguntungkan kedua puluh adalah Usaha Cuci Sepeda Motor

Usaha berikutnya adalah bisnis usaha cuci sepeda motor. Hampir wilayah usaha ini sudah menjamur. Namun ada 3 pilar usaha ini yang bisa membuat usaha ini bertahan.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Bicara modal mungkin modal yang paling besar adalah mesin pompa air, dan alat pendukung lainnya harganya masih terjangkau.

Tiga pilar usaha pencucian sepeda motor ini adalah sebagai berikut.

1) Lokasi yang strategis. Untuk usaha pencucian sepeda motor lokasi harus strategis misalnya pinggir jalan raya yang banyak dilalui kendaraaan bermotor. Dan juga jangan terlalu dekat dengan pesaing kita.

2) Pelayanan, Untuk pelayanan usaha cuci sepeda motor adalah hasil cucian benar-benar bersih sesuai apa yang diharapkan oleh pemilik kendaraan. Apabila dalam pelayanan anda tidak memperhatikan hal tersebut sudah dipastikan usaha cuci kendaraan anda tidak akan lama. Dan juga manjakan para pemilik kendaraan sambil menunggu kendaraaanya diberikan akses wifi gratis.

3) Promosi, Promosi tetap dilakukan sampai target yang kita inginkan terpenuhi. Dengan memasang brosur besar yang mudah terlihat oleh orang lewat dan tentu dengan bonus cuci gratis sekali tiap berapa kali cuci berturut-turut ditempat cucian anda.

Apabila tiga pilar ini dijalankan dengan tepat dan baik usaha cuci motor ini akan terus berjaya.

#21 – Usaha Kecil Menguntungkan kedua puluh satu adalah Usaha Jus Buah

Usaha yang potensial dan menguntungkan didesa berikutnya adalah usaha jus buah. Apabila usaha jus buah ini dikelola dengan maksimal hingga mempunyai beberapa cabang diberbagai tempat usaha ini memang usaha yang menjanjikan didesa atau kota.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Selain sebagai minuman jus buah mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Dan itu tergantung jenis jus buah yang di konsumsi.

Untuk modal usaha ini tidaklah mahal mungkin yang paling mahal adalah blender, blender yang bagus kurang lebih harganya sekitar lima ratus ribu rupiah.

Agar jus buah ini bisa sukses dijalankan di pedesaan anda bisa membaca tips berikut ini

1) Memilih tempat strategis misalnya dekat jalan raya, tentu jangan sampai terlalu dekat dengan pedagang jus buah yang lain jika ada.

2) Membuat variasi aneka jenis jus namun tetap dapat menyajikan cita rasa yang khas dari produk jus anda.

3) Memasang spanduk atau menyebarkan brosur tentang usaha kita dan tawaran-tawaran produk yang kita jual bahwa produk jus kita beda jus lain.

4) Memberikan pelayanan yang ramah dan dengan harga yang kompetitif yaitu tidak terlalu mahal atau terlalu murah namun cita rasa tetap nikmat.

Adapun kendala usaha jus ini adalah kalau cuaca hujan. Dan kenaikan harga bahan baku seperti buah serta persaingan dengan usaha sejenis disekitar anda.

 #22 – Usaha Kecil Menguntungkan kedua puluh dua adalah Usaha Salon Rambut

Salon disini tidak hanya kecantikan tapi juga ketampanan. Sekarang ini banyak salon rambut pria dengan istilah babershop. Usaha ini sangat berkembang dengan pesat dan sudah banyak tumbuh di perkotaan.

Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Apakah salon rambut ini bisa berkembang apabila dijalankan di desa. Jawabannya pasti tentu tergantung bagaimana cara anda mengelolanya.

Adapun tips yang bisa anda bangun agar usaha salon ini bisa sukses didesa.

1) Pemilihan lokasi. Dalam pemilihan lokasi dalam semua usaha masih menjadi power untuk keberhasilan usaha bidang apapun tergantung jenis usaha termasuk usaha salon potong rambut.

2) Skill atau Kemampuan. Anda harus mengikuti trend dengan mengasah skill anda agar tidak ketinggal mode yang sekarang lagi trend. Mencari banyak-banyak informasi tentang perkembangan model rambut bisa dengan internet atau membaca informasi dari majalah atau koran.

3) Pelayanan, juga masih menjadi andalan bagi pengusaha atau pebisnis. Karena kita tahu bahwa kepuasan konsumen merupakan tujuan utama dalam berbisnis. Apabila konsumen senang berarti usaha atau bisnis kita diterima dengan baik.

4) Promosi, Promosi bisa dilakukan dengan membuat banner atau bentuk tempat usaha kita menarik mata untuk melihat dan bikin orang penasaran ingin mencoba mampir ke tempat kita. Namun promosi dari mulut ke mulut sangat ampuh dari pada promosi yang lain.

5) Peralatan penunjang yang lengkap. Semakin lengkap peralatan kita akan memudahkan kita dalam memberi pelayanan kepada konsumen.

Kesimpulan .....


Dari uraian usaka kecil yang menguntungkan yang bisa dijalankan didesa semuanya membutuhkan skill yang cukup setidaknya mengetahui sedikit apa yang kita jalankan. Hal itu untuk mendukung agar usaha atau bisnis yang kita rintis bisa sukses.

Keuletan dan kejelian kita menangkap peluang yang ada di desa tempat kita tinggal merupakan nilai plus bagi kita untuk menentukan usaha yang cocok untuk kita jalankan.

Semua pengusaha atau pebisnis pasti pernah mengalami gagal, rugi, cemas dan sebgainya. Namun semua itu akan kalah dengan keyakinan dan tekat anda untuk terus bangkit mengalahkan itu semua. Jadi mulai sekarang jangan takut untuk membangun usaha.

Demikian uraian usaha kecil yang menguntungkan di desa semoga apa yang ditulis diatas bisa menginspirasi calon pengusaha-pengusaha yang akan terjun kedunia bisnis ini.

Posting Komentar untuk "20+ Usaha Kecil Menguntungkan di Desa Yang Bisa Membuat Kaya"