Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Singkat Mengatasi Deskripsi Penelusuran Blogger Hilang

Cara Mengatasi Deskripsi Penelusuran Blogger Hilang - Entah awal mulanya bagaimana tiba-tiba tombol yang ada pada deskripsi penelusuran di bagian ketika menulis artikel itu hilang entah kemana.


Dalam beberapa hari ini saya memang berusaha untuk menulis konten untuk mengisi konten-konten blog yang masih kosong. Namun selain menulis kadang tangan saya juga mengotak-atik bagian setalan blogger. Sehingga tidak tahu kalau Deskripsi Penelusuran hilang ketika akan menerbitkan konten.

Deskripsi penelusuran untuk blogger memang harus dimaksimalkan karena mempermudah mengenali dan menemukan untuk konten yang cocok bagi mesin pencari itu kata ilmu SEO.

Pada gambar dibawah ini yang saya beri tanda kotak merah contoh fungsi Deskripsi Penelurusan yang tampil pada mesin pencari google.



Baca Juga : Rekomendasi Template Blog Terbaik untuk Pemula 


Karena meta deskripsi penelusuran pada suatu konten sangat dibutuhkan dalam penulisan sebuah konten untuk mesin pencari seperti google atau lainnya merayapi konten baru tersebut.

Dalam blogger meta deskripsi ada yang berada di dalam template untuk pengaturannya namun ada juga yang secara otomatis membaca meta deskripsi yang ada di setelan blogger.

Bagi pemula seperti saya hilangnya deskripsi penelusuran akan membuat bingung bagaimana bisa menu deskripsi penelusuran bisa hilang tanpa merasa mengubah apapun template didalamnya atau setingan apapun.

Sempat bingung apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan menu tersebut ke semula. Hingga beberapa waktu saya biarkan sambil bertanya-tanya pada diri sendiri.

Apakah karena saya menambah fungsi ads.txt pada pengaturan dasboard blogger?

Soalnya sebelum kejadian tersebut hal yang saya lakukan adalah menambah kode ads.txt pada dasboard blogger karena sebelumnya ada peringatan pada akun adsanse saya sehingga saya harus menambahkan beberapa kode pada setelan blogger.

Mungkin karena tidak sengaja tertekan tombol klik mengenaik pengaturan deskripsi penelurusan. Tapi itu hanya perkiraan saja.

Setelah beberapa waktu dan ada waktu serta teringat pada blog saya ada masalah, yang tidak ada menu deskripsi penelusurannya hari itu juga saya browsing cara mengatasi masalah tersebut.

Akhirnya ada salah satu blogger yang membahas permasalahan tersebut.

Dalam halaman tersebut dibahas secara lengkap dan detail cara mengatasi menu deskripsi penelusuran pada blogger yang hilang dan tentu juga pembahasannya.

Berkat informasi pada postingan itu, permasalahan yang saya alami ternyata bisa diselesaikan.

Dan saya tergerak ingin menuliskan solusi tersebut pada postingan disini yaitu bagaimana mengatasai deskripsi penelusuran blogger yang hilang.

Tujuannya adalah untuk belajar dan menambah ilmu tentang dunia blogging. Dan harapan besarnya bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan solusi atas permasalahan yang sama dengan yang saya alami ini.

Penyebab Deskripsi Penelusuran Blogger Hilang :

Ternyata dari berbagai informasi yang saya peroleh bahwa hilangnya deskripsi penelusuran ini adalah di nonaktifkannya  Tag meta Deskripsi.

Seperti contoh pada gambar dibawah ini :



Pada gambar diatas pada meta tag deskripsi masih dalam keadaan tidak aktif sehingga menu deskripsi penelusuran ketika akan menulis konten artikel hilang.

Lihat pada gambar dibawah ini, ketika posisi tag meta deskripsi dalam keadaan nonaktif maka deskripsi penelusuran tidak tampil.


Untuk mengatasi hal tersebut dibawah ini akan saya uraiakan secara lengkap dan semoga bisa membantu dan mudah dipahami

Cara mengatasi deskripsi penelusuran blogger yang hilang.

1) Pertama anda harus login pada blogger anda
2) Kemudian klik menu Setelan
3) Lalu pilih Preferensi Penelusuran
4) Setelah anda memilih menu Preferensi Penelusuran pada bagian jendela sebelah kanan geser ke bagian atas Tag Meta Deskripsi
5) Kemudian pada aktifkan Deskripsi Penelusuran pilih ya dan masukkan deskripsi penelusuran yang sesuai dengan situs atau blog anda.
6) jika sudah selesai klik tombol Simpan Perubahan

Untuk langkahnya anda bisa melihat pada gambar dibawah ini cara mengaktifkan Deskripsi Penelusuran pada blogger



Setelah anda melakukan perubahan yang ada seperti tutorial diatas. Silahkan anda lihat hasilnya pada saat anda akan memposting artikel pada blogger anda.

Jika deskripsi penelusuran sudah ada dan terlihat pada menu blogger anda waktu akan memposting artikel maka anda telah berhasil melakukan perubahan tag meta dan telah aktif.

Dalam dunia blogger entah itu pemakai blogspot atau wordpress atau yang lainnya meta deskripsi harus selalu diaktifkan untuk membantu mesin penelusur merayapi artikel kita. Karena deskripsi penelusuran atau tag meta deskripsi merupakan salah satu faktor bagi mesin pencari dalam menelusuri konten anda.

Baca Juga : Cara Merapikan Script Template Kurang Rapi


Jadi jangan sia-siakan menu-menu yang disediakan pada blogger, isikan menu-menu tersebut semaksimal mungkin seperti deskripsi penelusuran tersbeut.

Entah apa yang saya lakukan sampai artikel ini saya tulis dan saya terbitkan belum menemu apa penyebab deskripsi penelusuran kok bisa sampai nonaktif atau tidak aktif.

Namun begitu banyak hikmah dan ilmu yang didapat.

Semakin banyak masalah maka kita akan semakin pintar..

Apabila ada pertanyaan seputar cara mengatasi deskripsi penelusuran pada blogger silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Demikian ulasan singkat cara mengatasi deskripsi penelusuran hilang ketika akan menulis konten artikel pada blogspot atau blogger.

Pesan terakhir..

Sebaiknya jangan terlalu sering-sering mengotak-atik setalan pada blogger bila tidak ada hal yang urgen apalagi jika belum tahu ilmunya karena kalau kita asal-asalan maka yang akan rugi adalah diri kita sendiri.

Situs atau website yang terhubung dengan google adsanse jangan sampai akun anda ditutup atau pendapatan anda tidak dapat ditarik hanya karena masalah-masalah yang sepele akan tetapi itu sangat penting.

Posting Komentar untuk "Cara Singkat Mengatasi Deskripsi Penelusuran Blogger Hilang"