Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Contoh Nota Toko Sembako Yang Menarik (Desain Terbaru)

Apakah anda saat ini mencari contoh nota toko sembako yang simple dan menarik? Anda telah tepat apabila mengunjungi blog ini. Karena disini anda akan kami sajikan beberapa pilihan desain dan model contoh nota untuk toko sembako.

Contoh nota toko sembako

Hal yang perlu disiapkan dalam membangun usaha toko sembako salah satunya adalah nota, mungkin kalau toko anda masih dalam sekali kecil keberadaan nota tidak akan terlalu diperlukan.

Namun jika toko sembako anda sudah melayani banyak konsumen, dan belinya tidak hanya satu atau dua biji, keberadaan nota sangat dianjurkan.

Mengapa harus memakai nota ?

Nota sangat penting untuk transaksi jual beli barang karena beberapa hal seperti dibawah ini :
  1. Nota digunakan untuk mengetahui berapa jumlah produk yang terjual
  2. Nota bisa mengetahu jumlah total yang harus dibayarkan
  3. Sebagai tanda terima jual beli yang sah antara konsumen dan produsen
  4. Sebagai sumber data untuk penyusunan pembukuan toko atau usaha
  5. Sebagai bukti transaksi dan komplain dalam suatu jual beli
Dan masih banyak fungsi lain dari nota yang perlu anda tahu. Namun penjabaran diatas sudah lebih dari cukup untuk mengetahu fungsi pentingnya nota.

Namun sebelum melanjutkan tentang nota toko untuk sembako ini ada beberapa contoh file nota yang bisa anda edit untuk dibuat nota atau dicetak sendiri. File ini berupa bentuk file microsoft word :

Contoh nota yang siap edit dan di pakai

  1. 9+ Contoh nota siap pakai format word yang bisa di edit
  2. Contoh nota kosong format PDF siap cetak
Sebelum anda menyusun sebuah nota atau mendesain sebuah nota ada beberapa hal yang wajib anda ketahui apa saja yang harus ada dalam sebuah nota.


Hal-hal yang harus ada pada sebuah nota

Berikut ini point-point yang perlu anda ketahui dalam membuat nota yang wajib ada :
  1. Ada nama toko atau perusahaan
  2. Terdapat nomor nota
  3. Ada tanggal transaksinya
  4. Terdapat jumlah barang yang dibeli atau dijual
  5. Ada jenis barang yang dijual atau dibeli
  6. Terdapat juga harga satuannya
  7. Kemudian jumlah harga
  8. Dan totoal harga
  9. Serta penerima bukti no
  10. Stempel atau tanda tangan dari pemilik toko
Itulah 10 point yang wajib ada pada sebuah nota, andapun bisa menambah atau mengurangi point-point diatas bila memang diperlukan.


Nota Kontan

Nota yang biasa digunakan pada toko sembako biasanya adalah berupa nota kontan yang berarti sebuah transaksi jual beli yang dibayarkan secara tunai.

Disini admin akan membagikan beberapa contoh nota yang bisa anda gunakan atau anda contoh untuk transaksi di toko anda.

Untuk dari awal sebaiknya buatlah nota yang sederhana untuk nanti dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian dengan transaksi di toko anda dengan begitu akan menjadi nota yang sesuai dan menarik.


Contoh Nota Toko Sembako Yang Sederhana dan Menarik

Berikut ini beberapa contoh desain nota toko sembilan bahan pokok atau toko sembako. Semoga contoh-contoh nota dibawah ini bisa menginspirasi anda.

1. Nota untuk toko sembako agen

Bila anda mempunyai toko sembako untuk agen entah itu agen beras atau minyak atau apapun itu disini admin memberikan contoh sebuah nota yang cocok untuk di buat sebagai nota trasaksinya.

Pada contoh kami berikan berupa nota yang berwarna biru yang mempunyai ciri khas tersendiri. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh dibawah ini.

Nota untuk toko sembako atau nota toko agen


2. Nota untuk toko sembako olshop

Sekrang toko online tidak hanya menjual seputar kebutuhan sekunder saja seperti pakaian atau alat elektronik maupun hobi saja. Sekarang toko online juga menjangkau kebutuhan primer seperti sembako.

Anda bisa mencoba nota seperti contoh dibawah ini untuk membuat bukti pembayaran transaksinya. Untuk contohnya anda bisa melihat gambar dibawah ini.

Nota untuk toko sembako online shop / olshop


3. Nota untuk toko sembako ecer atau grosir

Punya toko sembako ecer maupun grosir dan saat ini anda mencari inspirasi untuk membuat notanya. Jangan kuatir disini admin membagikan contoh nota toko grosir atau ecer buat toko anda.

Masih menggunakan warna biru pada tinta nota yang menjadi cirikhas sebuah noto yang sering kita jumpai. Silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

Nota untuk toko sembako ecer atau grosir


4. Nota untuk toko sembako ecer

Kadang mempunyai toko sembako harus hati-hati terhadap konsumen apalagi dagangan anda laris. Untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan nota adalah solusinya. Apabila anda jarang kenal dengan tetangga anda dengan menggunakan nota maka miminimalisir kejadian tidak diinginkan merupakan suatu keharusan.

Maka solusinya adalah menggunakan nota setiap transaksi penjualan. Sehingga apabila ada tetangga yang mau komplain dengan menunjukkan nota akan beres urusan. Contoh nota toko yang simple.

Nota untuk toko sembako atau nota warung


5. Nota untuk toko sembako pemula

Untuk contoh nota ke lima ini merupakan contoh nota kontan yang bisa digunakan untuk toko selain sembako juga. Tampilan yang umum digunakan di Indonesia.

Untuk desain notanya juga masih biasa karena jenis nota ini masih banyak ditemukan dipasaran baik itu nota kontan berupa nota jadi atau nota dari percetakan.

Nota untuk toko sembako toko beras


6. Model nota dengan desain beda

Pada desain model nota nomor enam ini terlihat beda dengan nota secara umum sehingga tidak mudah memalsu nota.

Memang lebih baik nota itu desainnya beda dengan nota secara umum agar tidak mudah di palsukan oleh orang lain. Anda haru mempunyai cirikhas yang beda dengan nota yang lain jika itu bisa dilakukan.

Nota untuk toko sembako atau toko kelontong


7. Nota sembako model grosir

Sebagai cirikhas nota grosir adalah belanjanya sangat banyak maka dibuatlah nota dengan model panjang seperti pada gambar.

Dengan model tersebut untuk memberikan ruang yang butuh tempat atau space banya singga dibuat beberapa baris untuk pembuatan nota.

Sebagai contoh anda dapat melihat contoh nota sembako toko grosir seperti dibawah ini bentuk desainnya.

Nota untuk toko sembako atau toko grosir


8. Nota kontan untuk toko sembako

Sebenarnya nota yang kesembilan ini adalah tambahan, ini saya buat sendiri dan desain sendiri dengan menggunakan word. Contoh nota ini bisa anda dapatkan pada point 1 pada artikel diatas yang kami beri warna biru.

Nota yang terdiri dari jumlah beli, jenis barang, harga perbarang dan jumlah. Jika anda tertarik ingin buat nota sendiri seperti pada gambar delapan silahkan klik pada daftar bacaan diatas.

Nota untuk toko sembako atau nota kontan



Semoga contoh nota diatas bisa membuat atau memberikan inspirasi untuk membuat atau mencetak nota untuk kebutuhan transaksi jual beli sembako atau barang.

Apabila anda tidak punya waktu membuat nota sendiri anda bisa meminta bantuan pada pemilik percetakaan untuk mencetak nota yang anda inginkan.

Dan bila artikel ini bermanfaat silahkan share pada teman-teman dekat ana jika membutuhkan.

Posting Komentar untuk "5+ Contoh Nota Toko Sembako Yang Menarik (Desain Terbaru)"

close